3 Tips Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Dari Jeanny Haliman, Manager Mitra Strategis AdSense

tips-meningkatkan-penghasilan-google-adsense-dari-jeanny-haliman

Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) untuk menghasilkan uang dari blog, dan program ini sangat diminati oleh para blogger. Hobi menulis, selain bisa menuangkan ide, berbagi ilmu dan unek-unek, juga bisa menghasilkan uang dari Google Adsense. Namun, kemampuan menulis konten juga harus dibarengi dengan kemampuan dalam mengoptimasi blog dan konten tersebut. Bagaimana caranya?

Di artikel ini saya ingin menulis ulang beberapa tips dari Jeanny Haliman, Manager Mitra Strategis Adsense, untuk meningkatkan performa blog/ website Anda para publisher Google Adsense. Dengan melakukan tips ini diharapkan performa blog Anda semakin baik dan akan membantu meningkatkan penghasilan Anda dari #Google Adsense.

jeanny-haliman-google

Jeanny Haliman, image dari Twitter

Jeanny Haliman menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi sangat besar dalam bisnis digital. Hal ini salah satunya dikarenakan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat besar setiap tahunnya. Dan diperkirakan kedepannya pengguna internet di Indonesia masih akan terus meningkat.  Nah, kesempatan ini jangan sampai disia-siakan oleh rekan-rekan blogger yang ingin menghasilkan uang dari tulisan-tulisan keren yang Anda posting di blog.

Berikut ini adalah 3 tips meningkatkan penghasilan Google Adsense dari Jeanny Haliman, Manager Mitra Strategis AdSense:

1. Optimasi Blog/ Website Untuk Pengguna Mobile

Seperti kita kita ketahui, Indonesia adalah salah satu negara yang sangat konsumtif. Berbagai tren, kemajuan teknologi, dan kebiasaan dari berbagai negara sangat cepat diadaptasi oleh masyarakat kita, mulai dari kuliner, fashion, hingga gadgetery. Salah satu tren positif yang sangat populer di masyarakat Indonesia adalah blogging dan penggunaan Smartphone.

Hari gini ga pake smartphone, apa kata dunia?

akses-internet-via-smartphone

Image dari Googleblog.com

Pengakses internet di Indonesia sekitar 65% dilakukan oleh pengguna Smartphone, jauh lebih banyak dibandingkan akses internet via desktop. Bagi Anda pemilik blog/ website, sudah seharusnya mengoptimasi web Anda dengan membuat blog Anda mobile friendly. Hal ini untuk memudahkan visitor membuka halaman blog/ website Anda dan meningkatkan pengalaman pembaca di halaman blog Anda.

Untuk mengoptimasi konten blog/ website Anda agar mudah diakses oleh para pengguna seluler, Anda bisa mengikuti tips dari mbah Google

A. Silahkan download artikel The #AdSenseGuide to Mobile Web Success (file Pdf dan bahasa Inggris). Di artikel ini akan dijelaskan secara singkat apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengoptimasi blog/ website kita agar mobile friendly. Tujuannya agar visitor yang menggunakan selular lebih nyaman saat membuka dan membaca konten Anda.

B. Terapkan iklan Page Level Ads dari Google Adsense di dalam blog Anda. Bagi Anda yang belum tahu, iklan Page Level Ads ini adalah salah satu format iklan khusus untuk blog/website yang diakses dari seluler. Jadi, hanya visitor dari mobile saja yang bisa melihat iklan tersebut.




Artikel lain: Cara Daftar Google Adsense Indonesia Agar Cepat Diterima

Berikut ini gambar tampilan Page Level Ads di smartphone visitor Anda

page-level-ads-1page-level-ads-2

page-level-ads-3

2. Meningkatkan Page Views (Jumlah Tayangan) Blog Anda

Sebenarnya konsep dasar untuk meningkatkan jumlah tayangan blog/ website Anda adalah dengan cara memberikan konten yang dicari oleh para pengunjung blog Anda. Selain itu, kita juga harus menampilkan link artikel terkait sehingga memudahkan pembaca blog Anda untuk menggali konten Anda lebih banyak lagi. Dan ini pada akhirnya akan meningkatkan page views blog Anda.

Ada 2 sumber daya yang bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan page views:

A. Silahkan download artikel #AdSenseGuide to Audience Engagement (file Pdf dan bahasa Inggris). Artikel tersebut menjelaskan secara singkat apa saja yang perlu kita lakukan untuk membuat blog/ website kita lebih terarah. Dengan begitu jumlah page views akan meningkat yang secara tidak langsung akan mengoptimalkan penghasilan Anda dari Google Adsense.

B. Menggunakan fitur Matched Content (rekomendasi konten) dari Google Adsense. Fitur ini sebenarnya sudah cukup lama, tapi mungkin belum semua blogger bisa menemukannya di akun Google Adsense mereka. Beruntung bagi Anda bila sudah mendapatkan undangan dari Google Adsense untuk menggunakan fitur ini karena tidak semua publisher Google Adsense menggunakannya. Bagi yang belum menemukan fitur ini di akun Google Adsense Anda, selalu tingkatkan performa blog Anda karena Google Adsense memeriksa kelayakan blog publisher mereka secara rutin untuk bisa mendapatkan fitur Matched content.

Seperti yang Anda lihat, Maxmanroe.com menggunakan fitur Matched Content. Fitur tersebut membantu menampilkan konten lain di blog ini yang masih relevan dengan konten yang sedang dibaca oleh visitor. Dengan begitu, pembaca akan terdorong untuk membuka link tersebut sehingga meningkatkan jumlah tayangan konten.

google-matched-content-maxmanroe

Matched Content, Maxmanroe.com

3. Pastikan Blog Anda Mematuhi Kebijakan Google Adsense

Google Adsense banned, ini adalah salah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh publisher Google Adsense. Beberapa blogger melakukan pelanggaran karena mereka tidak tidak tahu dan tidak pernah membaca kebijakan Google Adsense, sedangkan beberapa blogger lainnya melakukan pelanggaran karena mereka tidak perduli aturan dan melakukan trik-trik TERLARANG untuk meningkatkan penghasilan dari Google Adsense. Well, saya berharap Anda bukanlah salah satu dari mereka.

Berikut ini tips dari Jeanny untuk membangun bisnis yang sehat dan berkelanjutan untuk jangka panjang:

A. Pahami Kebijakan Google Adsense. Seperti halnya dengan bisnis lain yang memiliki aturan, Googel Adsense juga memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar oleh publisher. Aturan ini jelas dibuat untuk menguntungkan semua pihak, baik itu publisher, Advertiser, maupun Google Adsense sendiri. Sudah tidak terhitung berapa banyak publisher yang akun Adsense nya dinonaktifkan karena melanggar aturan tersebut. Nah, untuk mencegah akun Google Adsense Anda mengalami masalah, sebaiknya Anda membaca Kebijakan tersebut.

B. Jangan pernah klik iklan di blog Anda sendiri karena bisa mengakibatkan akun Anda dinonaktifkan. Bahkan, bila Anda beberapa kali tidak sengaja melakukannya, ini bisa jadi petaka bagi akun Adsense Anda. Selain itu, jika Anda menemukan ada aktivitas mencurigakan di akun Google Adsense Anda, maka sangat disarankan untuk segera menghubungi pihak Google Adsense.

Aktivitas mencurigakan ini misalnya jumlah klik iklan Adsense di blog Anda tiba-tiba meningkat pesat. Kalau biasanya iklan di blog Anda di klik 100 – 200 klik per hari, lalu tiba-tiba ada hari dimana jumlah klik iklan Anda meningkat pesat menjadi 1000 klik per hari maka Anda sudah sepatutnya curiga. Segera laporkan aktivitas mencurigakan tersebut kepada pihak Google Adsense untuk diperiksa. Laporkan melalui LINK INI.

C. Rutin memeriksa email akun Google Adsense Anda. Google Adsense biasanya akan mengirimkan email peringatan kepada publisher yang melakukan pelanggaran kebijakan Google Adsense di dalam blog mereka. Nah, bila Anda mendapatkan email peringatan tersebut, segeralah memperbaiki kesalahan yang ada di blog/ website Anda.

Baca juga: Business Coach: Publisher Google Adsense Tidak Bisa Disebut Pebisnis!

Bila Anda terlambat untuk memperbaiki pelanggaran tersebut, iklan Anda pasti akan dinonaktifkan untuk blog yang melakukan pelanggaran tersebut. Anda mungkin masih bisa login ke akun Google Adsense, tapi iklan di blog Anda tetap tidak akan tampil.

Ini masih bisa diatasi dengan cara memperbaiki pelanggaran di blog Anda, lalu mengkonfirmasi bahwa Anda sudah memperbaikinya (link konfirmasi ini akan tampil di halaman akun Google Adsense Anda). Tapi bila Anda sudah tidak bisa login ke akun Adsense Anda, sangat kecil kemungkinan akun Anda diselamatkan. Itulah sebabnya mengapa Anda sangat perlu memperhatikan kebijakan Google Adsense dan tidak melanggarnya.



34 total comments on this postSubmit yours
  1. Sepertinya poin ketiga memang sudah menjadi kewajib tiap-tiap publisher.

  2. Terima kasih info-nya Mas.

    Si akhir artikel ada iklan-iklan adsenses muncul semua secara bertingkat, bagaimana bisa seperti itu ya?
    thank

    • Maksudnya bertingkat itu bagaimana ya mas Wadiyo. Mungkin maksudnya iklannya rectangle ya? Iklan seperti itu mudah kog disetting, pakai iklan Adsense yang responsive, lalu pada bagian ‘auto’ ganti saja dengan ‘rectangle’. Nanti semua iklan yang muncul akan berfariasi dengan bentuk persegi, termasuk iklan yang terlihat bertingkat seperti yang dimaksudkan.

  3. Wah belum bisa dapat match content nih,, brati perlu meningkatkan pengunjung ya mas? :D

  4. Om Max. . .itu di fitur Matched Content ada iklan nya juga yang dari Adsense gimana caranya ??
    Soalnya Matched Content saya semua artikel terkait sumbernya hanya dari blog saya sendiri .. .dan tidak ada iklannya. . .
    Apakah ada pengaturanya atau murni dari google ???

    • Matched content yang ada iklannya hanya untuk publisher tertentu mas, tidak semua publisher bisa pakai iklan di Matched Content. Itu harus ada undangan dari Google Adsense nya.

  5. Salam Mas Marikxon,

    Saya baru saja merubah template Joomla blog saya dari yang kurang responsif menjadi responsif. Dan ketika saya memeriksa akun Adsense, ternyata situs saya yang masih menggunakan template lama (kurang responsif) sudah mendapatkan undangan untuk bisa menggunkan matched content. Kebetulan sekali, saya dapat menggunakan matched content dan template Joomla blog saya juga sudah responsif.

    Kalau saya lihat di beberapa blog atau website yang menggunakan macthed content akan ada beberapa unit iklan di matched content itu sendiri. Pertanyaan saya adalah apakah semua matched content akan ada iklannya.? Apakah iklan di dalam matched content itu akan muncul sendiri secara otomatis atau kita harus mengaturnya dulu dan dimana posisi pengaturannya? Saya tidak menemukan pengaturan apapun terkait memunculkan iklan di matched content.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Iklan di Matched Content itu hanya bagi website/ blog yang mendapat undangan khusus Pak. Kalau tidak salah, visitor blognya harus di atas 10ribu UV per hari baru dapat undangan tersebut. Setelah klik kita setuju, nanti iklan akan muncul dengan sendirinya di area Matched Content.

  6. wah ..mantap mas ..makasih atas pencerahanya ..mohon koreksinya mas blog saya
    resepdapurumi.blogspot.com
    minta masukanya ..apa yg perlu dibenahi dari blog saya sebelum meluncur ke adsens
    makasih sebelumnya

    • Ada baiknya membuat halaman About, Privacy Policy, dan Kontak. Biasanya akan lebih cepat disetujui bila halaman ini lengkap.

  7. Semoga saja hidup saya yang sangat beruntung di dlm hidup saya pak marikxon hehe tlng untuk mengasih. Infomasinya hihi
    #TerimaKasih pak marikxon:)

  8. Pak Marikxon saya mau tanya. Maklum saya masih baru mengenal blog
    umur blog saya skrg masih 3 bulan, dengan jumlah postingan hanya 58
    Apakah dengan syarat sangat jauh dari minim seperti itu bisa diterima oleh google Adsense?
    apakah harus ada persyaratan2 tertentu?
    Mohon pencerahannya

    • Saran saya, jangan terlalu terburu-buru mendaftarkan blognya pak Bambang. Sebaiknya bangun dulu blog nya sebagus mungkin dan promosikan sehingga blog tersebut punya trafik yang cukup stabil. Kalau blognya sudah punya trafik bagus dan tidak melanggar TOS Google Adsense pasti diterima. Kalaupun belum diterima menjadi publisher Google Adsense, blog yang sudah punya trafik stabil pasti mudah untuk di-monetize.

  9. Mas mau tanya bila web dgn niche tanaman/pertanian kira2 bisa tidak diterima adsense ya??
    trims

  10. Akhirnya nemu penerangan juga :) Alhamdulillah saya sudah mmbangun blog dan sudah *lumayan. Tinggal membuat konten2 dan daftar adsense..

  11. Google adsense memang menjadi cara yang jitu untuk mendapatka uang di internet, selain mudah dan yang pasti uang yang di hasilkan pun cukup lumayan, semakin tinggi pengunjung maka semakin besar pula pendapatan, btw makasih min infonya

  12. Terima kasih tipsnya gan, saya salah satu pembaca setia maxmanroe. Sukses selalu Admin… Saya juga banyak membahas tentang adsense…salam blogger

  13. Masih berjuang demi akun adsense, daftar di tolak muluk :-(

  14. Alhamdulillah,tampilan blog saya sangat resfonsif sekali! meskipun saya menggunakan template sederhana di blogger.com.

  15. untuk fitur Matched Content memang kita hanya menunggu ya lae, tidak ada kiat2 agar bisa kita dapat fitur itu. *efek ga pernah gajian
    mauliate lae

  16. Jadi jika situsnya belum begitu optimal dan jumlah visitor masih rendah tidak bisa menggunakan fitur Matched Content ya?

    Salam,
    Nur kholis

  17. 1 lagi deh… saya udah fakum nge blog sekitar 2 thn trus saya mulai bgeblog lagi dari 2 hari yg lalu… nama blog saya ganti tp dampaknya searching artikel2 atau nama blog saya ga tampil di mesing pencarian…bisa tampil tp harus bener2 detail nulisnya… p3ncerahanya dong…

  18. Mas saha newbie bgt nih ga paham apa2
    Tp yg jls bwt saat ini yg mau saya tanyakan knp buka penghasilan adsen lewat bloger kok loading trusss ga nongol2 udah di utak atik di tungguin berjam2 kga nongol2 tp coba di hape bisa pake aplikasi adsense nya langsung …
    Knp ya ?

  19. entah kenapa, akhir2 ini setelah saya mengamati bahwa menggunakan iklan jenis match content memperbanyak page view blog saya, jadi sejalan dengan apa yang diungkapkan dalam artikel ini.

    Untuk earningnya, saya masih kesulitan meraih posisi tertinggi karena memang pageviews, jlh klik, cpc juga mempengaruhi, kadang klik kecil bisa dapat tinggi, klik banyak dapat sedikit.

    Jujur artikel ini mencerahkan….makasih min

  20. blognya keren mas.. enak dibaca dan ga bosan bosan datang kesini…

  21. Waddduhh tampilan web saya kurang responsif lagi dengan perangkat smartphone, langsung dibetulin ahh…

    Saya tidak pernah melewatkan 1 artikel pun dari update web bapak Marixon ini. Sungguh menginspirasi pak.

  22. kerenn nih untuk jenis iklannya

  23. Blog saya termasuk yang tdk responsif untuk perangkat mobile. Rasanya sulit mencari template responsif yang free untuk platform Joomla. Saya juga belum bisa menerapkan SEO yang baik dan benar sehingga lebih mengandalkan tag meta. Membaca teknik SEO ke sana sini malah jadi bingung sendiri. Beruntung juga yang sudah mendapat undangan untuk menggunakan fitur Matched Content. Ada saran yang membangun Mas Marikxon?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Kalau platform Joomla saya no komen pak Hindro, saya tidak paham. Saya belum pernah berhasil bikin web pake Joomla, apalagi SEO nya. Semua website saya menggunakan platform WordPress dan Blogger pak :)

  24. Ntah kenapa saya gapernah bosan-bosan datang ke blog ini, hehe.

    Selalu sukses mas Marikxon Manurung :)

    • Salam kenal pak Syahrul. Teriamakasih atas kunjungannya :)

      • Halo pak marikxon.saya mau tanya gimna caranya untuk seperti bapak marikxon.klo blh tau selajutnya saya blh meminta pin/w.a/line?
        Biar gampang pak hehe
        #makasih atas pengertianya pak Marikxon:)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud