2 Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU

Image dari Masable.com

Image dari Masable.com

Adakalanya, pengguna komputer berada dalam situasi yang mengharuskan untuk mengetahui model motherboard. Situasi tersebut misalnya saja saat akan melakukkan upgrade driver, melakukkan penambahan RAM, atau melakukkan pergantian hardware lainnya. Untuk melakukan beberapa hal tersebut, tentunya pengguna harus mengecek kecocokan hardware baru dengan motherboard #komputer.

Jika anda tidak melakukkan pengecekan model motherboard sebelum membeli hardware baru, maka bisa saja anda melakukkan kesalahan dengan membeli hardware yang tidak kompatibel dengan komputer anda. Tentunya anda akan rugi baik itu dalam hal uang, tenaga, maupun waktu.

Untuk cara melakukkan checking atau pengecekan model Motherboard secara mudah tanpa perlu membuka CPU, ada 2 cara yang bisa anda gunakan. Cara pertama adalah menggunakan command line atau CMD sedangkan cara kedua menggunakan software pihak ketiga bernama Speccy. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan dibawah ini :

Cara Mengetahui Model Motherboard Melalui CMD

Cara pertama adalah menggunakan command line atau yang lebih sering disebut CMD. Caranya adalah dengan membuka CMD terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan cmd, lalu Enter.

Setelah itu, silahkan ketik dan eksekusi command berikut ini :

wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber

cmd 2

Outputnya akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini :




cmd 1

Pada gambar diatas, beberapa informasi mengenai Motherboard telah ditampilkan mulai dari nama perusahaan produsen Motherboard, model produk, nomor serial, serta versi. Command wmic secara spesifik menampilkan informasi seputar motherboard saja. Jika anda ingin informasi yang lebih mendetail dan ditampilan dalam GUI, anda bisa menggunakan cara kedua.

Cara Mengetahui Model Motherboard Dengan Software Speccy

Speccy adalah #software pihak ketiga yang dibuat oleh Piriform. Speccy berfungsi untuk menampilkan informasi spesifik seputar komputer termasuk juga Motherboard dalam bentuk GUI. Software ini bisa didownload gratis melalui link berikut ini : Download Speccy Di sini.

Setelah anda mendownload Speccy, silahkan install dan buka Speccy. Speecy akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk menampilkan semua informasi komputer. Setelah proses analisis selesai, maka informasi seputar komputer anda akan ditampilkan.

speccy

Tampak pada gambar diatas, selain informasi Motherboard juga terdapat informasi lain seputar komputer mulai dari sistem operasi yang digunakan, CPU, RAM, Harddisk, Audio, dan informasi lainnya. Untuk melihat informasi lebih jelas per bagiannya, anda bisa mengeklik salah satu bagian di sisi kiri software.

Itulah 2 cara mudah untuk mengetahui model CPU tanpa harus membuka CPU terlebih dahulu. Setidaknya antisipasi sebelum melakukkan upgrade hardware dan untuk mencegah masalah terjadi ke depannya nanti. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih telah berkunjung.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud