Mengenal 3 Perkembangan Teknologi Sosial Media

Teknologi Sosial Media Mengenal 3 Perkembangan Teknologi Sosial Media

Image dari Mystifiedbysocialmedia.ca

Sosial media dengan sifatnya yang sangat dinamis menawarkan sesuatu yang mungkin dulu hanya sebuah konsep dan impian belaka. Mimpi untuk bisa terhubung dengan cepat dan mudah seakan telah melenyapkan batasan waktu dan tempat tiap orang untuk berinteraksi satu sama lain. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa memang teknologi, khususnya sosial media telah membawa era baru dalam kehidupan masyarakat digital saat ini.

Bahkan penggunaan sosial media nyatanya telah merembet lebih dalam pada kehidupan keseharian saat ini. Berbagai fungsi serta kegunaan lain yang ditawarkan sosial media semakin tak terbatas. Bahkan dapat dikatakan bahwa sebagian fungsi kegiatan yang manusia yang dulu harus dilakukan secara offline, kini sudah tergantikan setelah masukkan zaman sosial media.

Dari ranah teknologi, saat ini kita sudah dapat melihat beberapa perkembangan teknologi sosial media yang sudah maju pesat. Bahkan mungkin perkembangan teknologi yang ada sudah jauh melampaui apa yang bisa dibayangkan beberapa masa yang lalu. Dan berikut ini 5 perkembangan teknologi media sosial yang layak untuk anda ketahui.

Artikel lain: Media sosial yang akan melesat di 2014

1. SoLoMo (Social, Location, and Mobile)

SoLoMo atau yang merupakan singkatan dari Social, Location, and Mobile merupakan konsep teknologi sosial yang mendasari perkembangan awal munculnya dunia sosial media. Dulu, orang mulai terfikir untuk menciptakan sosial media dengan tujuan sebagai wadah dimana orang bisa bersosialisasi dengan orang atau kerabat yang mereka kenal dengan mudah meskipun terpisah jarak dan waktu.

Konsep bersosial dalam batasan tempat tersebut nyatanya kian berkembang. Pengguna sosial media mengharapkan lebih dari bersosial jarak jauh. Disini dituntut adanya sebuah kemudahan dalam mengakses media sosialisasi digital tersebut. Dan konsep mobile atau dapat dibawa kapan dan dimana saja mulai dikembangkan dan menjadi konsep utama dari teknologi sosial media.

Perkembangan yang paling nampak adalah dengan adanya sosial media berbasis location tagging seperti  Foursquare. Dengan menggunakan teknologi GPS, kini fitur yang menawarkan kemudahan mobile tersebut nyatanya menjadi kebutuhan baru masyarakat digital dewasa ini.

2. Gamifikasi

Perkembangan teknologi yang diterapkan dalam sosial media berikutnya adalah Gamifikasi. Gamifikasi adalah penerapan fasilitas  game lewat sosial media atau sebaliknya penerapan fitur sosial media pada sebuah game. Dulu tidak banyak yang mengira bahwa penggabungan dalam sistem teknologi gamifikasi akan semaju saat ini, namun kenyataannya kemajuannya sudah sangat besar saat ini. Bahkan telah menjadi sebuah industri baru yang sangat potensial.

Pada dasarnya dengan adanya perkembangan teknologi gamifikasi dalam sosial media terdapat sebuah kelebihan dimana kebutuhan hiburan telah bertemu dengan kemudahan bersosialisasi. Bahkan lebih lanjut bersosial juga telah menjadi fitur yang makin membuat sebuah game terasa nyata saat dimainkan.

Artikel lain: Peran media sosial untuk sebuah blog

3. Augmented Reality

Augmented Reality atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan istilah realitas tambahan merupakan sebuah teknologi penerapan dari obyek 2 dimensi tehadap obyek 3 dimensi yang ditujukan untuk menambahkan efek real atau nyata. Dengan implementasi teknologi ini, seseorang bisa menikmati sebuah teknologi 2 dimensi hanya yang terkesan seperti 3 dimensi.

Penerapannya dalam dunia sosial media bisa dilihat dari dimasukkannya fitur sosial media pada perangkat Google Glass. Google Glass menawarkan sebuah semua informasi yang anda butuhkan hanya dari kacamata yang anda pakai. Dan kini dengan penanamann fitur sosial media didalamnya sudah tidak bisa dibayangkan lagi apa saja yang bisa kita lakukan dengan teknologi tersebut. Kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan apapun anda tetap bisa menjalankan aktifitas sosial media dengan sangat mudah lewat sudut mata anda.

Perkembangan teknologi dalam sosial media nampaknya masih akan terus menghadirkan kejutan bagi kita. Namun yang perlu disadari adalah dengan makin merasuknya kemudahan yang dibawa oleh teknologi ke dalam kehidupan kita, menuntut kita untuk makin bijak juga dalam menggunakannya. Karena pada dasarnya teknologi ada untuk memaksimalkan hidup bukan untuk melemahkan diri dan pribadi kita.

Baca juga: Apa itu Twitter Buzzer

Sebagai penutup berikut ini sebuah video yang menunjukkan bagaimanakan penggunaan Google Glass yang banyak disebut sebagai perangkat masa depan tersebut.

Tags terkait: #Google, #Media Sosial


2 total comments on this postSubmit yours
  1. Sangat aktual sekali artikelnya

  2. Apakah implemetasi google glass untuk augmented reality bisa di terapkan nanti di Indonesia? Menurut Anda kapan google glass masuk? Apakah susah untuk membuat program augmented? Karena menarik pengembangannya sudah dari 2 tahun lalu saya melihat secara langsung dengan teknologi di I Os yang di tunjukkan teman saya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com