Leonard Kleinrock ~ Tokoh Dunia Teknologi Penemu Internet

Leonard Kleinrock Leonard Kleinrock ~ Tokoh Dunia Teknologi Penemu Internet

Image dari newsroom.ucla.edu

Bisa dikatakan bahwa salah satu hasil perkembangan teknologi modern yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia dewasa ini adalah adanya internet. Sejak pertama kali ditemukan, internet memang telah menjadi jembatan menuju pada era baru dalam kehidupan manusia. Sudah tidak terhitung lagi fungsi serta manfaat dari internet yang mampu membantu hidup kita. Hampir dalam semua sektor kehidupan saat ini membutuhkan internet.

Namun semua kemudahan tersebut tidak mungkin bisa kita nikmati saat ini jika tidak ada sosok berjasa yang telah mengembangkan internet dulu. Siapakah tokoh tersebut? Dialah Leonard Kleinrock, ilmuan teknologi yang menemukan dan mengembangkan internet. Dengan kontribusi luar biasanya tersebut, kita saat ini bisa menikmati semua kemudahan yang ditawarkan oleh Internet. Dan berikut ulasan biografi singkat dari Leonard Kleinrock, sang bapak internet.

Kisah Hidup Leonard Kleinrock

Leonard Kleinrock dilahirkan pada tanggal 13 Juni 1934 di kota New York, Amerika Serikat. Saat ini ilmuan yang telah menelurkan banyak penemuan tersebut sudah memasuki usia 79 tahun. Namun dengan usia nya yang semakin senja tersebut, nyatanya tidak bisa menghapus banyaknya jasa yang telah ia berikan semasa masih aktif sebagai peneliti. Ia yang lahir dalam keluarga yang sederhana tersebut memang merupakan sosok yang tidak hanya memiliki bakat dan minat namun juga keinginan yang kuat untuk mencapai apa yang ia inginkan. Hal tersebut sudah dapat dilihat manakala dirinya masih berada di bangku sekolah dan perkuliahan. Banyak sekali hal menarik yang di tunjukkan oleh Leonard muda, khususnya dalam hal ini adalah pada bidang teknologi.

Ketertarikannya itulah yang membawa ia masuk ke salah satu sekolah yang memang memberikan fokus pada dunia teknologi Bronx High School of Science. Ia masuk ke sekolah sains tersebut pada tahun 1951. Di sekolahnya tersebut,  Leonard telah mulai menunjukkan bakatnya dalam bidang teknologi. Ketertarikannya makin diasah ketika diriya mencoba mengutak-atik jaringan computer yang ada di sekolahnya tersebut.

Lepas dari Bronx High School of Science, ia melanjutkan studinya ke City College of New York mengambil jurusan Teknik elektro dan ilmu Komputer . Ia yang merupakan angakatan tahun 1957, merupakan salah satu mahasiswa terbaik dan akhirnya dalam menuntaskan studi program sarjananya tersebut dengan sangat baik. Tidak menunggu lama dirinya langsung melanjutkan studinya ke program master S2 di Institut Teknologi Massachusetts dalam bidang ilmu yang sama. Pada tahun 1963 ia resmi bertitle Ph.D dan mulai masuk ke dunia kerja.

Artikel lain: Jimmy Wales – Pendiri Wikipedia, Situs Referensi Terbesar Di Dunia

Biografi Singkat Leonard Kleinrock

  • Nama : Leonard Kleinrock
  • Tempat, Tanggal, Lahir : New York, 13 Juni 1934
  • Kebangsaan : Amerika
  • Pendidikan :
  • Universitas Kota New York. Program Sarjana Teknik elektro dan ilmu Komputer
  • Institut Teknologi Massachusetts. Program Master
  • Karir : Dosen Ilmu Jaringan Komputer di University of California

Leonard Kleinrock Menemukan Internet 

Selepas menuntaskan masa kuliahnya, Leonard masuk ke jajaran pengajar di Universitas California Los Angeles (UCLA). Disana ia didapuk untuk menjadi profesor ilmu komputer pada jurusan Teknik dan Sains Terapan. Disana ia benar-benar menikmati apa yang ia kerjakan, disamping itu ketertarikannya pada sistem jaringan komputer pun makin terasah disana. Dan dari sana jugalah mahakaryanya yang terbesar, internet lahir.

Langkah besar dari sang professor dalam menemukan dan mengembangkan internet sebenarnya sudah dimulai pada masa kuliahnya dulu. Ketika ia sedang menjalani program masternya, ia menulis sebuah makalah tentang ilmu jaringan komputer yang akhirnya menjadi kosep dasar internet. Dalam makalah yang ia tulis pada tahun 1959 dan 1961 tersebut ia memaparkan tentang kemungkinan adanya pertukaran paket data dari satu perangkat komputer ke komputer yang lain melalui sebuah jaringan besar yang bersifat global. Saat sudah masuk ke UCLA barulah dirinya mampu menemukan teknik pemecahan paket data digital yang bisa dikirimkan lewat sebuah jaringan komputer.

Dalam sebuah proyek yang diberi nama Arpanet, hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh  Leonard mulai diterapkan. Salah satu peristiwa paling bersejarah dalam dunia internet terjadi pada tanggal 29 Oktober 1969. Tepat pada pukul 10.30, ia bersama dengan salah satu mahasiswa bimbingannya Charley Kline melakukan transmisi pertama menggunakan teknologi jaringan yang diberi nama Internet tersebut.

Pada waktu itu, mereka melakukan sebuah transmisi dari UCLA ke Stanford Research Institute yang juga merupakan tempat pengembangan program Arpanet. Lewat tangan Charley Kline, ia pada awalnya berencana mengirim transmisi sebuah kata yaitu “LOGIN”. Namun belum genap kata tersebut diketikkan, sebuah masalah jaringan muncul. Akibatnya yang terkirim hanyalah 2 huruf yaitu “LO”. Namun hanya dengan 2 huruf tersebut saja, ia dan pengembang proyek Arpanet sudah sangat senang karena telah berhasil melakukan transmisi jarak jauh lewat jaringan komputer yang pertama kali di dunia. Sejak itu, pengembangan Arpanet semakin dioptimalkan bahkan mendapatkan tanggapan luar biasa dari pemerintah lewat sebuah program besar yaitu National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Untuk hasil kerja keras serta dedikasinya terhadap dunia internet, Leonard Kleinrock pernah mendapatkan beberapa penghargaan besar antara lain Nasional of Science pada tahun 2007 dan juga penghargaan dari mantan presiden AS George W. Bush pada tahun 2008 atas jasanya mengembangkan internet.

Baca juga: Kevin Systrom ~ Pendiri Instagram, Aplikasi Photo Sharing Terpopuler Di Dunia

Berikut ini sebuah video wawancara Leonard Kleinrock tentang sejarah internet.

Salah satu nilai yang bisa diambil dari sosok bapak internet Leonard Kleinrock adalah dedikasi yang diperjuangkannya. Jika kita mempunyai sesuatu yang kita percayai dan kita yakini dapat berhasil di masa depan, perjuangkan walau pun mungkin hal tersebut masih terlihat bagaikan mimpi saat ini. Be inspired.

Tags terkait: #Tokoh internet


5 total comments on this postSubmit yours
  1. Bapak Leonard Kleinrock memang hebat & jenius bisa menemukan internet ^_^ :v

  2. betul, internet memang penemuan yang secara gesit merubah dunia, mempercepat komunikasi dan penyebaran informasi, bukan hanya secara lokal tapi global.

  3. makasih infonya, mohon izin untuk saya jadikan sumber referensi di artikel saya. (saya cantumkan juga URL ini kok) trims,

  4. pak leo kapan tuh bisa seminar di indonesia

  5. wah mesti berpikir luas ya kalau mau sukses seperti bapak penemu internet ini :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com