Larry Page – Pendiri Google Inc

Larry Page Pendiri Google Inc Larry Page   Pendiri Google Inc

Lawrence Edward “Larry” Page, lahir di Lansing, Michigan, USA pada tanggal 26 Maret 1973. Larry Page dan sahabatnya Sergey Brin adalah pendiri mesin pencari internet Google.com, dan jabatan Larry saat ini adalah sebagai CEO (Chief Executive Officer)  dan presiden produk pada Google, Inc.

Sejak kecil Larry Page telah mewarisi kecerdasan dari kedua orang tuanya yang menggeluti dunia programming dan komputer. Ayahnya Carl Page adalah seorang profesor dibidang ilmu komputer sains, sedangkan ibunya Gloria Page adalah seorang profesor pemrograman di Universitas Michigan.

Larry Page lulus dari sekolah menengah East Lansing High School pada tahun 1991 lalu melanjutkan sekolahnya di Universitas Michigan. Dia memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitasnya dan juga mendapatkan gelar master dari Universitas Stanford.

Ketika Larry menjadi seorang siswa pada program PhD ilmu komputer di Universitas Stanford, Page bertemu dengan sahabatnya Sergey Brin. Saat itu mereka berdua memiliki ketertarikan pada mesin pencari (search engine). Kedua sahabat ini kemudian meluncurkan sebuah karya tulis berjudul The Anatomy of A Large Scale Hyper-textual Web Search Engine yang kemudian sangat berpengaruh pada karir mereka.

Kedua sahabat itu melakukan penelitian yang mereka sebut sebagi “Backrup” dan menggunakan matematika pada internet. Mereka membuat dan mengembangkan algoritma page rank dimana mereka menggunakan crawler web untuk menentukan tingkat popularitas dan pentingnya sebuah halaman website. Lalu pada bulan Agustus 1996 mereka memperkenalkan versi awal dari Google.com yang dibuat dan disediakan di website Universitas Stanford.

Perkembangan Google yang semakin maju membuat kedua sahabat ini harus memindahkan server mereka dari kampus ke server lain, yaitu di sebuah garasi salah seorang teman mereka di California. Larry Page dan Sergay Brin melihat bahwa kebutuhan akan mesin pencari akan semakin meningkat di masa yang akan datang, lalu kedua sahabat ini mengerjakan proyek mereka dengan sangat serius, yang akhirnya membuat mereka tidak bisa menyelesaikan program PhD yang sedang mereka ambil. Dari sebuah garasi lalu Google menyewa sebuah gedung di Menlo Park, California untuk dijadikan kantor, lalu pada tahun 1999 mereka memindahkan server mereka ke sebuah bangunan yang mereka sewa di Mountain View, California, karena mereka membutuhkan server yang lebih besar lagi.

Kerja keras kedua sahabat ini menghasilkan banyak sekali produk-produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh semua orang di dunia. Beberapa produk Google adalah mesin pencari Google.com, Gmail, Google Map, Google Adsense, Google Adwords, Google Glass, dan lain-lain.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. kalau di indonesia bisa ga yah bikin kayak google?

    soalnya kan di sini suka mati listrik :mrgreen:

    • Wah banyak lho orang Indonesia yang pinter-pinter dan berhasil di dunia internet marketing. Contohnya Anne Ahira, Cosa Aranda, dan lain-lain.

      Kalo soal mati listrik, mari kita tanyakan pada PLN hehee :P

  2. Astaga lengkap banget, hehe.. Semoga Larry Page bisa menginspirasi kita semua untuk melakukan hal-hal yang positif. :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com