Jack Dorsey – Pendiri Twitter.com

jack dorsey Jack Dorsey   Pendiri Twitter.com

Jack Dorsey lahir pada tanggal 19 November 1976 di St. Louis, Missouri. Pada usia 14 tahun Jack sudah menunjukkan minat yang besar pada pengembangan perangkat lunak.

Setelah dia menyelesaikan kuliahnya dari University of Missouri, kemudian Jack Dorsey pindah ke California. Saat itu penggunaan pesan singkat dan instant sangat digemari oleh banyak orang, dan layanan AOL instant messenger sangat banyak digunakan orang pada saat itu.

Jack Dorsey terinspirasi untuk membuat sesuatu yang baru dimana orang bisa mengirimkan pesan singkat seperti SMS (short message service) yang dapat dikirimkan melalui internet. Jack terus mengembangkan idenya itu dengan membuat sebuah web dimana orang-orang bisa berbagi status mereka kepada teman-teman mereka tanpa harus menulis di blog.

Artikel lain: Anne Ahira – Pemilik Asian Brain

Kemudian, Jack menemuka konsep dari sebuah layanan SMS berbasis kelompok yang dikembangkan oleh TXTMob dan juga kata “What Are You Doing?” adalah kata yang menginspirasi Jack untuk dijadikan trademark dari setiap pesan status dalam Twitter. Pesan atau update status yang dikirimkan ke twitter di beri nama “tweet”.

Ide tersebut disambut baik oleh Evan Williams seorang eksekutif di perusahaan Google. Dan Evan kemudian memberikan dana untuk mendirikan perusahaan sehingga ide Jack Dorsey itu dapat terwujud. Dan pada Agustus 2010 diluncurkanlah twitter.com dengan konsep micro-blog.

Jack Dorsey memberika logo burung biru kecil pada homepage twitter.com dimana logo burung ini melambangkan sesuatu yang kecil, lucu, menyenangkan, serta menyiratkan informasi bagi semua orang. Sebagian besar orang pasti menyangka bahwa logo twitter tersebut dibuat oleh seorang designer logo dengan grafis yang sempurna. Ternyata logo itu dibuat oleh seorang designer dengan biaya hanya USD 6 dan itupun tanpa bayaran atribusi. Pihak twitter membeli logo tersebut pada situs iStockphoto dengan harga USD 15.

Karena twitter dibuat dengan konsep microblogging, maka setiap update status atau pesan pada twitter dibatasi hanya 140 karakter per post. Jika kegiatan menulis di blog yang dilakukan oleh blogger disebut dengan blogging, kegiatan pada twitter juga memiliki istilah sendiri yaitu tweeting.

Pada perkembangannya situs microblogging ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada tahun 2009 – 3 tahun sejak didirikan – Twitter menjadi salah satu situs yang paling populer di dunia world wide web, ini diteliti oleh sebuah lembaga penelitian web Alexa’s Web Traffic Analysis. Pada tahun yang sama, blog Compete.com juga memasukkan Twitter dalam 3 situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan orang, hal ini berdasarkan perhitungan dimana mereka mencatat ada 55 juta pengguna internet yang mengunjungi Twitter setiap bulannya.


3 total comments on this postSubmit yours
  1. Selain visi dan semangat entrepreneurnya, orangnya emang pinter :)

  2. Iya, keren banget malah. Satu hal yang saya acungkan jempol dari orang US ini adalah VISI nya.

    Saya juga lebih suka make twitter walaupun pake facebook juga sih. Twitter lebih simple, cepat, dan bisa ketemu siapa aja di internet.

  3. Keren ya pak… semuda itu sudah bisa menghasilkan karya “raksasa” Saya juga termasuk orang yang lebih senang nge-tweet daripada facebook-an hehehe lebih simple soalnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com