Andrew Darwis ~ Pemilik Situs Forum Terbesar di Indonesia, Kaskus.co.id

Andrew Darwis1 Andrew Darwis ~ Pemilik Situs Forum Terbesar di Indonesia, Kaskus.co.id

Hampir semua pengguna internet di Indonesia pasti pernah menggunakan kaskus atau setidaknya pernah mendengar tentang website forum ini. Kaskus.co.id (singkatan dari kasak kusuk) adalah situs forum pertamakali dan terbesar di Indonesia, dimana jumlah pengunanya saat ini sudah mencapai 4.5 juta member lebih. Wow… sebuah angka yang menurut saya luar biasa.

Pemilik situs forum ini adalah Andrew Darwis, dan dibantu oleh seorang sahabatnya yang bernama Ken Dean Lawadinata. Pada perkembangan situs ini, Andrew banyak menghadapi banyak tantangan, dan beberapa kali mengalami jatuh bangun dan pernah gagal. Namun, karena kegigihan dan kerja keras yang dilakukannya secara terus menerus, akhirnya dia bisa mencapai keberhasilan seperti yang bisa kita lihat saat ini.

Bio Data singkat Andrew Darwis

  • Nama Lengkap : Andrew Darwis
  • Tempat, tgl lahir : Jakarta, 20 Juli 1979
  • Agama : Kristen Katolik
  • Sekolah Dasar : Tarakanita Pluit Jakarta
  • Sekolah Meneneah Pertama : Tarakanita Pluit Jakarta
  • Sekolah Menengah Atas: Gandhi National School, Ancol ’98 Jakarta
  • Universitas : Universitas Bina Nusantara
  • Universitas : Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle, 2003
  • Universitas : Computer Science, City University ’06

Prestasi :

  • Tahun 2008, oleh Microsoft : KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (2008).
  • Tahun 2009, oleh Indosat : KASKUS – The Online Inspiring Award 2009.
  • Andrew Darwis saat ini menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) di Kaskus dan sekaligus pemilik Kaskus Network PT. Darta Media Indonesia.

Kalau menurut saya Andrew Darwis adalah salah satu pionir bisnis online di Indonesia yang sangat berhasil. Sejak dulu Andrew sudah punya visi yang sangat baik tentang perkembangan internet di dunia, khususnya di Indonesia. Inilah salah satu alasan mengapa Andrew jauh di depan dibandingkan dengan situs-situs forum lainnya yang ada di Indonesia.

Artikel lainnya: Anne Ahira – Pemilik situs AsianBrain.com

Awal pembuatan situs Kaskus, forum ini dijalankan oleh tiga orang, yaitu Andrew, dan dua orang temannya Ronald dan Budi. Pada waktu itu, Kaskus diisi dengan konten tentang informasi seputar kejadian yang ada di Indonesia. Namun, Andrew yang tidak memiliki latar belakang dibidang jurnalis menemui banyak sekali kendala sehingga kerepotan sendiri dalam menulis berita di situsnya. Akhirnya Andrew dan rekannya memutuskan untuk memuat artikel tentang Indonesia dari sumber lain yang berbahasa Inggris dan diterjemahkan dahulu ke bahasa Indonesia. Mereka melakukan ini selama kurang lebih tiga tahun.

Dan selama kurun waktu tiga tahun itu, Kaskus tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Inilah yang membuat kedua rekannya itu memutuskan untuk mundur di tengah jalan. Walaupun telah ditinggalkan oleh kedua rekannya, Andrew tidak menyerah, dia terus berusaha keras mengembangkan Kaskus dengan usahanya sendiri. Sampai akhirnya kemudianAndrew bertemu dengan Ken Dean Lawadinata (CEO Kaskus Networks saat ini).

Pada awal 2008, akhirnya Kaskus resmi menjadi sebuah perusahaan profesional dengan nama PT. Darta Media Indonesia. Resmi menjadi sebuah perusahaan profesional tidak otomatis membuat Kaskus berkembang pesat. Saat itu Kaskus bahkan sangat sulit untuk mendapatkan member baru untuk situs mereka. Bahkan promosi besar-besaran yang mereka lakukan dengan mengadakan event ternyata tidak mampu meningkatkan popularitas Kaskus pada saat itu.

Kegagalan demi kegagalan terus mereka alami, bahkan Kaskus pernah hampir ditutup karena dianggap sebagai situs p0rn0. Dengan keadaan mereka yang sangat sulit itu, Andrew dan Ken tidak patah arang. Akhirnya mereka menemukan ide kreatif untuk mempromosikan situs forum mereka itu. Mereka berdua mencetak baju yang bertuliskan KasKus, lalu meminta artis untuk memakai baju itu. Kemudian mereka memfoto artis yang memakai baju bertuliskan KasKus tadi ke dalam situs mereka.

Inilah awal kebangkitan situs mereka. Kaskus pun semakin populer dan membernya semakin banyak dari hari ke hari. Pada bulan Agustus 2008 saja, member Kaskus sudah mencapai 1,2 juta orang, bahkan pada awal Januari 2011 member Kaskus sudah mencapai 2.5 juta member. Selain membernya yang semakin banyak, konten yang dikirimkan oleh para member pun semakin beragam.

Ketika artikel ini saya buat, member Kaskus.co.id saat ini sudah mencapai angka 4.5 juta member dimana member Kaskus (kaskuser) berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Bisa kita bayangkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh Andrew dan Ken dari para pengiklan. Selain konten berita dan informasi, KasKus.co.id juga menyediakan forum khusus untuk jual beli (FJB). Forum jual beli ini sangat banyak dimanfaatkan para pebisnis yang ingin menjual produk mereka di KasKus. Menurut informasi yang saya temukan di internet, transaksi online yang dilakukan di forum jual beli KasKus dapat mancapai ratusan miliar rupiah.

Artikel lain: Peluang bisnis online

Kaskus yang terus bertumbuh dari hari ke hari, membuat banyak perusahaan tertarik untuk memasang iklan di forum ini. Penghasilan yang didapatkan KasKus dari space iklan dalam satu bulan saja bisa mencapai puluah miliar rupiah. Walaupun banyak perusahaan pengiklan yang bersedia membayar mahal untuk space iklan mereka, Andrew dan Ken tetap berusaha menjaga kenyamanan para membernya agar selalu nyaman dalam kegiatan mereka di Kaskus.

Oh ya, di bawah ini adalah video YouTube tentang perjalanan forum Kaskus.

Kalau saya melihat, pertumbuhan internet di Indonesia akan semakin “MENGGILA” di tahun-tahun yang akan datang. Ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, dan juga adanya rencana pemerintah kita untuk menaikkan jumlah bandwidth internet di Indonesia. So, kalau Anda berencana membangun sebuah bisnis online, mulailah dari sekarang karena peluang yang ada saat ini mungkin tidak akan kita temukan di tahun-tahun yang akan datang. Terimakasih sudah membaca artikel saya icon smile Andrew Darwis ~ Pemilik Situs Forum Terbesar di Indonesia, Kaskus.co.id


14 total comments on this postSubmit yours
  1. gimana biar bisa maju seperti dia

  2. Hasil Akhirnya sangat menggiurkan (transaksi online sampai puluhan miliar rupiah).
    Tapi prosesnya ternyata sangat berat.
    kegigihan dan semangat pantang menyerah itu yang membuat segalanya menjadi indah.

  3. Ulasan yang menarik dan membangkitkan semangat untuk terus berusaha. Terimakasih bang Manurung. :)

  4. KASKUS, Forum favorit saya ini. Banyak ilmu yang bisa dipelajari disana.

  5. Keren banget ya, masih muda udah sukses gitu.
    Hmm..mudah2an suksesnya nular ke kita2, amin. Hihihihi :D

  6. Biasanya emang gitu… yang awal-awal pasti akan populer, sekalipun banyak belakangan yang menyamai bahkan lebih baik, tetapi yang awal-awal itu sudah terlanjur dikenal duluan. Saya pribadi bukan kaskuser tapi banyak sekali info bermanfaat yang saya dapat dari kaskus.

    Salam kenal… :)

  7. Masih muda ya. Senang sekali bahwa mereka itu anak muda Indonesia

  8. Kisah yang mantap dan bisa dijadikan contoh.
    Dapat juga sebagai sumber inspirasi agar kita tidak mudah patah semangat di tengah badai perjuangan. :)

    • Bener mba, semangatnya si Andrew memang luar biasa dan harus ditiru nih hehehe. Keberhasilan memang selalu dimulai dari kerja keras yang kontinu.

  9. Baca artikel ini baru tahu ternyata singkatan kaskus adalah kasak kusuk :D. Btw Max tulisan di blogmu ini tidak bisa di copy, apa bisa softwarenya di aplikasikan ke wp.com?

    • Iya Nel, awalnya memang tidak saya pasang script anti copy tapi banyak banget yang copy tulisan di blog ini tanpa ngasi credit, biasalah bloger tukang copas. Memang bikin pembaca kurang nyaman, tapi tujuannya untuk sedikit mengurangi tukang copy artikel. Saya pasang script anti-drag dan anti klik kanan. Kayaknya di WP.com ga bisa deh :D

  10. Pelajaran bagi kami untuk maju seperti dia! Sukses!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com