Beranda Teknologi Pengertian Gadget: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenis Gadget

Pengertian Gadget: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenis Gadget

Pengertian Gadget Adalah

Pengertian Gadget Adalah

Sebenarnya, apa itu gadget (gawai)? Secara umum, pengertian gadget adalah suatu perangkat atau alat elektronik yang berukuran relatif kecil serta memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya.

Pendapat lain mengatakan pengertian gadget adalah suatu benda elektronik yang berukuran kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Gawai adalah perangkat elektronik portable karena dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan stop kontak beraliran listrik.

Gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Dengan kata lain, teknologi adalah bahasa secara umumnya, sedangkan gadget adalah bahasa spesifiknya.

Baca juga: Pengertian Teknologi

Fungsi dan Manfaat Gadget

Manfaat Gadget

Pada dasarnya gadget berfungsi untuk membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Berdasarkan jenis-jenis gadget, adapun beberapa fungsi gadget adalah sebagai berikut:

  1. Media Komunikasi, fungsi gadget yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai media komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, laptop, smart watch, dan lainnya.
  2. Akses Informasi, selain sebagai media komunikasi, gadget juga berfungsi sebagai alat untuk mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet.
  3. Media Hiburan, beberapa jenis gadget dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengar musik dan smartphone yang dapat membuka video.
  4. Gaya Hidup, gadget sudah menjadi bagian penting kehidupan manusia saat ini. Jadi, boleh dikatakan bahwa gadget akan mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.
  5. Menambah Wawasan, dari beberapa fungsi gadget yang disebutkan di atas maka hal tersebut akan membuat para pengguna gadget akan semakin bertambah wawasannya.

Meskipun gadget dapat dapat mendorong produktivitas para penggunanya, namun tentu saja ada dampak negatif yang bisa terjadi. Misalnya penggunaan gadget oleh anak-anak untuk menonton atau bermain game tanpa kontrol dari orang tuanya sehingga mengakibatkan mereka kecanduan.

Baca juga: Pengertian Smartphone

Jenis-Jenis Gadget

Pengertian Gadget Adalah

Ada cukup banyak orang yang menganggap gadget hanya terbatas pada smartphone. Padahal smartphone itu merupakan salah satu jenis gadget. Agar tidak keliru, berikut ini adalah beberapa jenis gadget yang banyak digunakan:

1. Handphone

Handphone merupakan jenis gadget yang paling jamak digunakan oleh masyarakat saat ini. Perkembangan handphone pun mengalami perubahan teknologi yang sangat cepat. Jenis handphone yang populer saat ini yaitu smartphone dengan menggunakan beberapa operating system seperti iOS, Android, dan Windowsphone.

2. Laptop/ Komputer

Komputer dan laptop merupakan jenis gadget lainnya yang sangat sering digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk pekerjaan. Gadget ini juga membutuhkan operating system agar dapat berjalan, seperti; Windows, Mac, Linux, dan lainnya.

3. Tablet dan iPad

Jenis gadget ini merupakan bentuk yang lebih besar dari handphone. Dengan ukuran layar yang lebih besar dari handphone, tablet dan iPad dapat menampilkan gambar yang lebih besar dan jelas sehingga pengguna lebih nyaman ketika ingin menonton, bermain game, dan kegiatan lainnya.

4. Kamera Digital

Kamera digital juga masih termasuk dalam kategori gadget. Kegunaan dari kamera digital adalah untuk menangkap gambar suatu objek, baik dalam bentuk foto maupun video.

5. Headset/ Headphone

Headshet atau headphone merupakan gadget yang sering digunakan untuk mendengar musik lebih jelas. Dengan bantuan gadget ini, pengguna dapat menikmati suara musik atau video dengan lebih jelas tanpa harus mengganggu orang lain.

Baca juga: Arti Cache

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian gadget, fungsi, serta beberapa jenis gadget yang umum digunakan masyarakat luas saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.