Medium vs Tumblr: Membandingkan Platform Blogging Populer

Platform blogging seperti Blogger dan WordPress merupakan platform yang paling banyak digunakan selama bertahun-tahun. Setidaknya ada dua platform blogging yang sedikit lebih baru, yaitu Tumblr.com dan Medium.com.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Tumblr lebih disukai oleh para blogger remaja, sedangkan Medium lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di industri teknologi dan media. Itu mungkin benar, tapi yang pasti kedua platform blogging ini termasuk situs penerbitan sosial paling trendi dan paling cepat berkembang saat ini.

Meskipun kedua platform blogging ini digunakan untuk tujuan yang sama, keduanya sangat berbeda saat Anda membandingkan beberapa kualitas terbaik dari masing-masing platform. Berikut ini adalah perbandingan beberapa dari kualitas utama yang ada pada kedua platform blogging ini.

Bagaimana Orang Menggunakannya

Tumblr: Platform blogging yang sangat visual. Orang menggunakannya untuk berbagi foto pribadi, kumpulan foto, animasi GIF, dan video. Postingan dalam bentuk teks juga cukup sering digunakan di Tumblr, tapi konten visualnya adalah yang menjadi kelebihan platform ini.

Pengguna Tumbr suka melakukan reblog postingan dari pengguna lain, dan menambahkan catatan mereka sendiri pada bagian caption. Beberapa postingan populer bisa mendapatkan ratusan ribu reblog dan juga percakapan yang ditinggalkan oleh pengguna lainnya di postingan tersebut.

Medium: Diakui sebagai platform penerbitan berkualitas tinggi. Beberapa penulis berbakat menggunakan Medium sebagai media untuk menulis, menyusun konten dari hasil riset yang rinci, bahkan cerita pribadi. Pengguna Medium tidak dapat melakukan “reblog” postingan dari orang lain seperti di Tumblr, tetapi mereka dapat menekan ikon hati untuk merekomendasikan sebuah konten.




Medium agak mirip dengan Twitter, dan banyak blogger berbagi postingan mereka di sana.

Apakah Anda ingin lebih banyak memposting konten visual seperti foto, video, dan GIF? Jika ya, Tumblr mungkin pilihan terbaik untuk Anda. Tapi jika Anda ingin lebih banyak memposting konten dalam bentuk teks, maka Medium mungkin pilihan terbaik.

Artikel lain: Benarkah Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Memiliki Blog Sukses?

Fitur Desain

Tumblr: Anda dapat merancang tampilan blog Anda dengan menggunakan salah satu tema gratis atau premium, dan menyesuaikannya sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda memiliki keterampilan coding, Anda bahkan dapat melakukan pengaturan lebih jauh. Ada ribuan tema Tumblr yang tersedia dan bisa membuat blog Anda terlihat seperti situs profesional, lengkap dengan sidebars, tombol media sosial, halaman khusus, kolom komentar, dan lainnya.

Medium: Ciri khas Medium adalah tampilan yang sangat bersih dan minimal dengan fitur yang sangat terbatas. Tidak seperti Tumblr, Anda tidak bisa memasang tema baru dengan sidebars, musik, atau menu untuk mengubah keseluruhan tampilan. Desain blog Medium terlihat sangat mirip Twitter. Anda bisa memasang foto profil, foto sampul, deskripsi singkat bio yang akan ditampilkan di blog Anda, hanya itu.

Apakah Anda ingin punya blog yang punya banyak pilihan penyesuaian desain dan tema yang unik? Jika ya, maka Anda cocok menggunakan Tumblr. Tapi jika Anda tidak terlalu perduli tentang desain dan lebih suka tampilan blog bersih dan minimalis, maka Anda cocok menggunakan Medium.

Fitur Blogging

Tumblr: Dikenal dengan jenis posting multimedia yang berbeda. Anda bisa membuat posting yang secara spesifik menampilkan teks, foto, link, dialog obrolan, file audio atau video.




Tumblr juga baru saja memperkenalkan fitur pemformatan Medium-like, yang dapat Anda akses dengan menekan tanda tambah (+) saat Anda menulis postingan, atau dengan menyorot teks apa pun. Anda dapat menyimpan draf postingan, dan mengaturnya dalam antrian untuk diposkan dalam jangka waktu yang dipilih.

Medium: Dikenal dengan fitur pemformatan yang mudah dan intuitif (yang baru saja ditiru oleh Tumblr). Klik tanda tambah (+) saat membuat posting baru untuk menambahkan foto, video, link atau untuk memecah paragraf. Sorot teks apapun untuk mengatur gaya atau paragraf judul, tambahkan kutipan, atur alignment atau tambahkan link.

Draft akan disimpan secara otomatis dan Anda dapat mengeklik untuk membagikannya sebagai draf jika Anda menginginkan masukan atau suntingan dari seseorang sebelum mempublikasikannya.

Fitur Komunitas

Tumblr: Dasbor pengguna adalah tempat dimana semua keajaiban terjadi. Bila Anda mengikuti blog lain, Anda dapat menggulir semua yang Anda sukai, reblogging, dan membalas posting dari dasbor.

“Catatan”, yang mewakili semua suka dan memasang kembali pos, bisa mencapai ratusan ribu saat mereka melewatinya dan menjangkau cukup banyak pengguna. Anda juga dapat menghubungi seseorang secara pribadi, baik sebagai diri sendiri atau secara anonim, dan mengirimkan postingan ke blog lain untuk ditampilkan jika mereka mengaktifkan opsi itu.

Medium: Anda tidak dapat reblog postingan Medium, namun Anda dapat merekomendasikannya sehingga mereka muncul di profil Anda dan di home feed orang-orang yang mengikuti Anda. Bila Anda mengarahkan mouse ke paragraf, Anda akan melihat tanda tambah kecil (+) muncul di sebelah kanan, yang dapat Anda tekan untuk meninggalkan catatan atau komentar.

Fitur Aplikasi Seluler

Tumblr: Sejauh ini aplikasi blogging Tumblr adalah yang paling powerful. Sebagian besar aktivitas Tumblr berasal dari perangkat mobile, termasuk posting dan interaksi.

Tumblr sangat mirip dengan aplikasi Twitter, tapi dengan fitur visual dan postingan yang lebih banyak. Anda dapat melakukan banyak hal melalui aplikasi seluler Tumblr seperti halnya yang bisa Anda lakukan di versi web.

Medium: Dimaksudkan untuk browsing saja, tapi ini bisa berubah di masa depan. Anda dapat melihat home feed, top story, dan bookmark Anda.

Saat ini di Medium belum ada fungsi untuk membuat postingan dari aplikasi seluler, namun Anda tetap dapat berinteraksi dengan mengikuti pengguna lain, merekomendasikan sebuah postingan dan membagikannya. Aplikasi seluler medium juga hanya tersedia untuk perangkat iOS untuk sementara waktu.

Baca juga: MediaVenus Native Ads: Alternatif Terbaik untuk Hasilkan Uang dari Blog Anda

Kesimpulan

Kedua platform blogging ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Tumblr lebih cenderung disukai oleh anak muda yang suka dengan konten visual. Sedangkan Medium lebih disukai oleh para penulis profesional dan juga mereka yang bekerja di industri media.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya sekian lama menggunakan Medium dan sangat suka dengan tampilannya yang elegan. Akhirnya saya membangun blog saya yang muhammadzaini.com dengan desain minimalisnya Medium.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud