Ingin Dapat Pekerjaan Melalui Media Sosial, Lakukan Beberapa Hal Penting Ini

mencari pekerjaan lewat media sosial

Image dari Arikhanson.com

Saat ini, dengan berbagai kecanggihan dunia internet, kita sangat mungkin untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan memanfaatkan #internet. Konektivitas akan semakin luas dan tentunya semakin mudah. Media sosial misalnya, kita juga bisa memanfaatkan media sosial yang kita miliki untuk digunakan sebagai salah satu sarana dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini tentu karena adanya banyak media sosial yang akan memudahkan setiap penggunanya dalam menjalin komunikasi dengan siapapun.

Namun tetap perlu juga Anda ketahui bahwa ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin memanfaatkan #media sosial untuk mencari pekerjaan. Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan terkait mencari pekerjaan melalui media sosial.

1. Pastikan Dulu Anda Memiliki Akun Media Sosial Terbaru

Pastinya Anda harus memiliki berbagai akun media sosial untuk Anda gunakan mencari pekerjaan. Jika selama ini Anda hanya aktif pada satu media sosial, maka jika ingin mencari pekerjaan melalui media sosial, pakailah beberapa media sosial. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram atau juga LinkedIn.

Bahkan untuk LinkedIn, kini ada beberapa perusahaan yang mulai memperhatikan profil di #LinkedIn sebagai salah satu cara untuk mendapatkan informasi untuk calon pekerjanya. Maka dari itu, Anda juga harus bisa memanfaatkan beraneka ragam media sosial tersebut, dan usahakan untuk selalu terlihat menarik dan profesional.

Artikel lain: Inilah 4 Profesi Unik Lewat Media Internet yang Menjanjikan di Masa Depan

2. Berikan Data Dan Informasi Sesuai Fakta

Ini yang sering menjadi masalah ketika menggunakan media sosial sebagai sarana mencari kerja. Kita kerap menggunakan data dan informasi palsu ketika menggunakan media sosial. Jadi jika hal ini masih terjadi pada media sosial Anda, sebaiknya segera Anda perbarui. Berikan informasi dan data yang sesungguhnya. Dan akan lebih baik lagi jika informasi yang Anda sampaikan di media sosial sesuai dengan yang tertulis di CV Anda.

Beberapa atasan perusahaan biasanya juga mengecek data Anda di media sosial yang Anda gunakan. Dari melihat berbagai info di media sosial ini biasanya akan dijadikan sebagai analisa karakter seseorang. Jangan lupa juga nama media sosial Anda, jangan menggunakan nama palsu atau nama yang tidak jelas, karena nama asli di media sosial akan menambah nilai Anda sendiri di mata perusahaan yang Anda tuju.

3. Unggahlah Sesuatu yang Positif Di Media Sosial

Jika Anda ingin mencari pekerjaan menggunakan media sosial, maka mulai dari sekarang Anda harus mulai memperhatikan konten unggahan di media sosial Anda. Jangan sampai Anda mengunggah hal-hal negatif seperti komentar rasis, bertengkar, komentar sara dan berbagai unggahan negatif lainnya.

Beberapa survei menunjukkan bahwa seorang HRD biasanya juga menggunakan apa yang diunggah calon pekerja di media sosial mereka sebagai acuan dalam melakukan seleksi. Foto pun juga demikian, baik foto Anda maupun foto orang lain, jangan sampai Anda mengunggah foto-foto vulgar di akun media sosial Anda.

4. Perluas Jaringan Komunitas Media Sosial Anda

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah tentu saja memperluas jaringan Anda, baik melalui pertemanan misalnya, bergabung dengan forum atau grup dan lain-lain. Dan akan semakin bagus jika koneksi Anda tertarget, artinya Anda bergabung dengan grup lowongan kerja, grup pencari kerja, dan orang-orang yang mungkin lebih banyak mengetahui berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan di media sosial.




Cara ini sangat mendukung upaya Anda untuk mendapatkan pekerjaan melalui media sosial. Tak usah ragu, Anda harus bisa menjalin komunikasi dengan baik dengan potensi-potensi lowongan pekerjaan yang ada di media sosial, baik itu perorangan maupun perusahaan.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Admin Media Sosial

5. Rajin-rajinlah Mempergunakan Media Sosial

Jika memang Anda memerlukan media sosial untuk mencari pekerjaan, maka Anda harus rajin menggunakan media sosial Anda. Hal ini dilakukan selain bertujuan agar tidak ketinggalan informasi, juga menandakan bahwa akun media sosial Anda aktif.

Artinya Anda bisa dihubungi sewaktu-waktu jika memang ada perusahaan yang tertarik dengan CV Anda. Atau setidaknya jadwalkan kapan Anda membuka media sosial untuk mencari pekerjaan, dan kapan Anda harus off dari media sosial.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Artikell sangat membantu untuk orang seperti saya mengetahui bagaiman cara mendapatkan pekerjaan dari sosial media dan membantu mengurangi banyaknya pengangguran di indonesia, sering-sering bikin artikel seperti ini gan

  2. Teeimakasih untuk artikelnya, memang sekarang ini banyak perusahaan yg meminta kita mencantumkan nama akun medsos kita, itu berarti ada data yg mau dilihat di sana.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud