Cara Membuka Situs Yang Diblokir di Android Dengan Mudah

Advertisement - Scroll to Continue

Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Meluasnya penggunaan #internet dalam beberapa tahun terakhir membawa dampak sangat besar di kehidupan kita, baik itu dampak positif maupun dampak yang sifatnya negatif. Sebagai contoh, jika dulu akses informasi masyarakat umum hanya bisa didapatkan dari media koran, radio, dan televisi. Sekarang dengan berkembangnya internet, masyarakat bisa langsung mengetahui berita yang sedang terjadi baik itu dari komputer maupun perangkat mobile.

Dampak dari perkembangan internet selalu diusahakan untuk diarahkan menuju hal positif, namun kadangkala kita tidak bisa menghindari dampak negatifnya. Akses internet yang begitu mudah dan tanpa batasan membuat semua umur bisa mengakses internet, termasuk juga anak-anak. Untuk menghindari hal itu, pemerintah melalui beberapa operator telah memblokir ribuan situs illegal agar tidak mudah diakses oleh pengguna internet di Indonesia.

Secara gamblangnya, anda akan dihadapkan pada halaman internet positif jika membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Yang cukup disayangkan, masih ada banyak situs yang tidak termasuk dalam kategori SARA, judi, illegal, phishing, dan pornografi namun tetap menjadi “korban” dari Internet Positif. Beberapa situs besar yang menjadi korban dari Internet Positif misalnya saja Vimeo.com yang dikenal sebagai situs video sharing seperti #Youtube, Reddit yang dikenal sebagai situs forum dengan banyak pembahasan, serta Imgur yang dikenal sebagai situs hosting gambar gratisan.

Artikel lain: Cara Membuka Situs Yang Diblokir Telkom (Internet Positif)

Karena itulah, pengguna yang ingin mengakses situs yang diblokir (dalam hal ini yang saya kategorikan positif di atas) harus memikirkan sebuah cara. Untuk pengguna perangkat komputer atau laptop, anda bisa menggunakan cara yang sudah saya bagikan sebelumnya di artikel Cara Membuka Situs Yang Diblokir Telkom (Internet Positif) dan untuk perangkat #android, kita akan membahasnya di artikel ini.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir di Android dengan Hotspot Shield

Untuk membuka situs yang diblokir oleh provider di android, pengguna bisa menggunakan #aplikasi VPN (Virtual Private Network). Di Google Play Store ada banyak sekali aplikasi VPN yang tersedia, namun untuk saat ini yang paling saya rekomendasikan adalah aplikasi bernama Hotspot Shield. Untuk panduan selengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Silahkan unduh Hotspot Shield VPN untuk android secara gratis di Google Playstore melalui link berikut ini: Hotspot Shield VPN di Google Play Store.

2. Buka aplikasi Hotspot Shield VPN, anda akan dihadapkan pada halaman berisi beberapa fitur dari Hotspot Shield. Selain itu anda juga akan menemukan bahwa notifikasi Hotspot Shield di status bar telah muncul. Silahkan tap pada Next untuk menuju ke proses berikutnya.
shield 1
3. Pada halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih antara Full Mode dan Smart Mode dengan sedikit deskripsi di sebelah kiri tombol Select. Silahkan Tap Select pada salah satu pilihan.
shield 2
4. Di proses selanjutnya, berikan tanda centang sebagai pernyataan bahwa anda mempercayai dan mengizinkan aplikasi Hotspot Shield untuk memulai layanan VPNnya. Klik OK untuk memulai proses.
shield 3
5. Layanan VPN Hotspot Shield telah dimulai dan anda bisa melihat statusnya di status bar. Aplikasi HotSpot Shield akan memberikan informasi mengenai koneksi yang anda gunakan, kecepatan, via (lokasi akses yang ingin digunakan) dan jenis koneksi (Full Mode atau Smart Mode). Dari sini anda sudah bisa membuka situs-situs yang diblokir oleh provider.
shield 4
Jika anda ingin pelayanan lebih baik dan bersedia membayar, anda bisa melakukkan upgrade untuk menikmati beberapa fitur lain dari hotspot shield mulai dari bandwidth unlimited, akses ke semua lokasi virtual, dan browsing bebas iklan. Saya harapkan semoga informasi ini bermanfaat bagi anda serta yang lebih penting lagi, selalu gunakan fasilitas internet (termasuk tips di atas) untuk tujuan yang positif. Selamat browsing di android, dan terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Advertisement
Dian Ribut

Dian Ribut adalah blogger pecinta teknologi dan gadgetery, sering menulis artikel tutorial dan juga yang berhubungan dengan aplikasi dan game android.

Leave a Comment