Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis AndaSaat pertama kali seseorang memutuskan untuk berbelanja pada sebuah toko online a.k.a #ecommerce, maka pertanyaan pertama yang terbersit mungkin adalah “amankah transaksi saya?” dan “apakah barang yang dibeli sesuai dengan yang diinginkan?”. Oleh karena itu menjaga kepercayaan dari para pelanggan merupakan suatu keharusan bagi sebuah toko online yang cara operasionalnya sangat berbeda dengan toko fisik biasa.

Hal ini dikarenakan beberapa situasi diantaranya, penjual dan pembeli tidak dapat bertransaksi secara langsung, pelanggan tidak dapat melihat langsung produk yang kita jual serta proses pembayaran yang harus melalui transfer bank. Ketiga hal tersebut membuat calon pelanggan yang akan melakukan #transaksi online merasa ragu dan kurang yakin untuk berbelanja online. Selain itu banyaknya penipuan di dunia maya juga sedikit banyak mulai mempengaruhi tingkat kepercayaan para pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut akan kami bahas beberapa tips untuk menjaga kepercayaan pelanggan online di bisnis Anda :

1. Menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan

Seperti yang telah dibahas diatas, di toko online pelanggan tidak dapat melihat dan mencoba produk yang kita jual. Oleh karena itu kita harus mendeskripsikan keadaan barang yang kita jual sejelas-jelasnya mulai dari harga barang, model, ukuran, bahan yang digunakan, warna yang tersedia dll. Sudah barang tentu kita sebagai penjual harus mengetahui dan memahami informasi mengenai barang yang kita jual dengan baik. Hal ini bertujuan agar pelanggan tidak merasa tertipu atau dibohongi dengan barang yang dipesannya.

Artikel lain: Layanan pembayaran COD eCommerce di Indonesia

2. Mudah untuk dihubungi

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan anda harus dapat menanggapi pesanan pelanggan secara cepat (fast respon). Oleh karena itu sangat penting mencantumkan beberapa media komunikasi untuk menghubungi anda seperti nomor telepon/sms, pin BBM,  WhatsApp, Line, username #Twitter, #Facebook, dan lainnya. Hal ini diperuntukan agar pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Jika ada pelanggan yang ingin bertanya mengenai produk atau melakukan konfirmasi pembayaran, jangan biarkan mereka menunggu balasan Anda terlalu lama. Apabila memang ada suatu kendala yang membuat Anda terlambat untuk membalas atau sulit untuk dihubungi, maka segera jelaskan kepada pelanggan mengapa hal tersebut terjadi agar pelanggan tetap menaruh kepercayaan kepada kita.

3. Buat website yang menarik

Perhatikan bahwa informasi yang ditampilkan selalu up to date, bebas dari ejaan dan kesalahan coding, dan bebas dari link yang rusak. Pastikan bahwa halaman web ringan sehingga dapat diakses dengan cepat agar tidak membuat pelanggan bosan dan meninggalkan website Anda. Selain itu, mengenai tema dan juga desain web ecommerce, akan lebih baik jika disesuaikan dengan produk dan juga target pembeli.

Seperti contohnya jika kita menjual item fashion ataupun aksesoris wanita akan lebih baik web ecommerce di desain dengan warna kalem dan juga nuansa yang manis, niscaya pelanggan akan lebih nyaman selain itu akan memperlihatkan profesionalisme dari usaha kita.

4. Cantumkan testimonial pelanggan

Berdasarkan arti kata, testimoni merupakan sebuah pernyataan yang biasanya tertulis, dalam mendukung karakter lain dan merupakan rekomendasi pribadi. Dalam #bisnis online, testimonial merupakan hal yang penting untuk dapat menarik perhatian calon pelanggan, karena biasanya mereka cenderung mencari pendapat dan tanggapan dari konsumen yang telah lebih dulu berbelanja di toko tersebut agar mendapatkan referensi untuk membeli sebuah produk.

Dari testimonial juga kita dapat mengetahui apakah pelanggan sudah merasa puas  terhadap produk dan pelayanan yang kita berikan sehingga kita dapat melakukan koreksi dan introspeksi agar toko online kita semakin baik. Hal terpenting dalam mencantumkan testi usaha kita adalah jangan sampai Anda memasang testi palsu atau karangan kita sendiri, pasalnya konsumen saat ini sudah jauh lebih cerdas dan mengerti mana kata-kata yang asli dan mana yang palsu. Akan lebih baik jika dicantumkan link akun sosial media atau setidaknya email dari si pemberi testimoni.

5. Menerima pengembalian barang

Adakalanya produk yang kita jual rusak, terlambat datang atau bahkan barang yang dikirimkan kepada pelanggan salah. Hal ini sering terjadi pada toko online. Mungkin ini bukan murni kesalahan kita namun bisa saja barang rusak di perjalanan menuju pelanggan. Tentunya kita harus siap dengan resiko ini dan bersedia menggantinya. Ini dinilai sebagai cara yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan terhadap sebuah #toko online.

6. Jaga privasi pelanggan

Masalah privasi sangat penting di dunia maya. Yakinkan pada pelanggan Anda bahwa data yang mereka berikan untuk keperluan membeli sebuah produk tidak akan diberitahukan kepada siapa pun untuk kepentingan apapun.

7. Tunjukan kepedulian Anda

Dalam menjaga kepercayaan dan keakraban dengan pelanggan, bisa juga kita lakukan dengan cara menunjukkan rasa peduli terhadap pelanggan. Misalnya kita melakukan survey atau polling online mengenai produk apa yang mereka harapkan dari toko kita. Atau kita bisa menawarkan pelanggan untuk ikut dalam acara yang kita adakan. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan diharapkan terus berbelanja di toko online Anda.

Baca juga: 3 Jenis transaksi jual beli online terpopuler di Indonesia

Menjaga kepercayaan pelanggan online sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan menjaga konsumen via offline. Mereka juga membutuhkan perhatian dan juga kepedulian, semoga informasi di atas bermanfaat.


4 total comments on this postSubmit yours
  1. Sangat membantu ni… dengan begitu pengunjung akan betah lama-lama di blog, selain itu ilmunya juga bermanfaat :D

  2. Betul sekali apa yang di ulas disini,
    satu lagi konsisten terjhadap stock dan pelayanan. yang susah kadang pelayanan yang kdang penerimaan customer ber beda2. jadi pelajari juga karakteristik customer maunya kyk gimana …hehehe

  3. yang penting juga mas, membangun track record yang bagus di dunia maya, paling gak, kalau seseorang mencari brand kita didunia maya, mereka dapat melihat profil kita secara jelas.

  4. Aku ngak perna belanja online, mungkin karena type visual yaa jadi tiap beli sesuatu mesti di liat dipegang di rasa dulu baru di beli hehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com