Bong Chandra ~ Motivator Sukses Termuda Di Asia

bong chandra Bong Chandra ~ Motivator Sukses Termuda Di Asia

Bong Chandra adalah satu putra bangsa yang mampu membuktikan bahwa keterpurukan bukanlah akhir dari hidup, namun merupakan cambuk semangat untuk memulai hidup baru untuk mencapai hidup yang lebih baik. Beliau yang kini telah genap berusia 26, merupakan seorang motivator dan juga pengusaha sukses yang meniti karirnya benar benar dari dasar.

Dari awal mula hingga kini ia menjadi sosok yang mampu menginspirasi jutaan pemuda untuk segera bangkit meraih kesuksesan. Bersama salah satu slogan hidup nya “live begin at 20” salah satu mimpi Bong adalah melihat pemuda Indonesia mampu mengubah mindset bahwa kesuksesan besar tidak perlu menunggu waktu untuk segera di raih.

Perjuangan Masa Kecil Bong Chandra

Cerita yang menjadi latar belakang dari kesuksesan seorang Bong Chandra bisa dikatakan sebagai sebuah motivasi nyata dan terbesar yang bisa dibagikan oleh dirinya. Di mulai ketika ia menginjak usia 11 tahun pada waktu itu, kehidupan Bong tergolong masih stabil. Ia yang merupakan anak kedua dari 3 bersaudara merupakan putra dari seorang pengusaha kue, pasangan Aditya dan Bong Sungo. Mereka hidup dengan cukup baik hingga tibanya krisis ekonomi tahun 1998 yang perlahan ikut menggerogoti usaha kue ayahnya hingga harus terancam gulur tikar dan bangkrut. Sejak saat itu hidup menjadi makin berat bagi keluarga nya.

Melihat kenyataan tersebut, tentunya Bong kecil tidak bisa diam berpangku tangan. Kemandirian dan kepedulian Bong memaksanya untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar. Ia yang pada waktu itu masih duduk di sekolah dasar memilih untuk membantu perekonomian keluarga dengan menjual kue kue sisa produksi rumah nya di sekolah. Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh Bong kecuali sabar dan menerima apa yang ada pada saat itu.

Keprihatinan dan desakan nurani untuk bangkit nampak nya makin membesar seiring makin dewasanya Bong. Memasuki masa SMA, merupakan babak baru dalam cerita perjuangannya. Di sana ia kian memutar otak mencari peluang usaha yang bisa ia lakukan sembari tetap bersekolah. Beberapa barang yang pernah ia jajakan pada waktu masih berseragam putih abu abu adalah parfum yang ia peroleh dari toko-toko kecil di sekitar rumah nya.

Barang lain yang ia jual adalah baju dan seragam. Pada waktu itu ia mendapatkan modal baju tersebut dari kota Bandung. Di waktu senggang  nya, ia berangkat dari Jakarta sendirian menuju bandung dan mencari penjual baju yang mau mempercayakan baju  nya untuk dijualkan di Jakarta. Jadi yang menjadi modal Bong hanya kepercayaan dari penjual itu sendiri. Di Jakarta, ia biasa menggelar lapak kecil di daerah Senayan dan Pasar Taman Puring Jakarta Selatan.

Cemooh dan sindiran tentu menjadi teman akrab nya ketika masa itu. Saat teman sebayanya mungkin bisa lebih menikmati hidup, ia harus berfikir keras cara menyelesaikan masalah keluargannya. Meski keluarga dan orang tua nya tidak pernah menyuruh Bong mencari penghasilan namun panggilan hati nampaknya berkata lain, ia tidak ingin diam saja.

Artikel lain: Elon Musk ~ Pendiri Paypal

Menjadi Seorang Motivator

Salah satu hal unik yang biasa ia lakukan di waktu tertentu adalah membaca buku buku motivator. Cukup banyak buku yang telah dilahap, diantaranya yang menjadi favorit Bong adalah buku dari  Donald Trump sang pengusaha sukses dari negeri paman Sam. Di tambah juga dari dukungan dan banyak wejangan positif dari orang tua nya pelan pelan memahat pribadi Bong menjadi sosok dengan pemahaman akan nilai kehidupan yang lebih. Dalam bertutur kata pun, Bong yang terkenal santun dan ramah bisa memberikan pendapat yang menenangkan dan mampu memberi semangat kepada siapa saja yang mendengarkannya.

Bakat tersebut tenyata ditangkap oleh Bong Chandra sebagai sebuah peluang yang bisa ia kembangkan. Jadilah ia bersama beberapa rekan nya membentuk sebuah event organizer kecil yang berfokus pada pelatihan motivasi. Awalnya ia dan rekan rekan masih belum bisa mendapatkan arah mau di bawa usaha ini. Dan lewat sebuah kesempatan ia bisa memulai menjalankan event pertama nya di sebuah perusahaan di Jakarta. Pada event tersebut, Bong yang berdiri di depan mic bisa dengan sangat baik membawa kan ceramah motivasi kepada beberapa staf pemasaran.

Lambat laun usaha nya tersebut kian membesar, dari yang awalnya hanya event dengan biaya operasional kecil berkembang menjadi salah satu event organizer motivasi terbesar yang ada di Indonesia. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak orang yang telah mendapatkan kesempatan mendengar langsung kata kata pembangun semangat dari sang motivator muda tersebut. Puncaknya tentu saja saat ia di nobatkan sebagai Motivator termuda di Asia pada tahun 2010. Kala itu Bong Candra yang berusia 23 tahun, telah berada di jajaran motivator kelas dunia yang diakui kemampuannya.

Sebagai penyempurna karirnya, Bong juga menulis sebuah buku motivasi berjudul Unlimited Wealth yang hingga kini telah terjual hingga lebih dari seratus ribu copy di seluruh Indonesia. Dan yang lebih membanggakan lagi adalah semua keuntungan royalty dari buku tersebut disumbangkan oleh Bong pada sebuah yayasan social di Jakarta.

Berikut sebuah video singkat wawancara dari sebuah media Jepang mengenai 3 kunci sukses ala Bong Candra yang mungkin bisa memberikan sedikit motivasi tambahan bagi anda.

Saat ini Bong Candra menempati posisi sebagai pimpinan dari tiga perusahaan besar yaitu PT. Perintis Triniti Property, PT. Bong Chandra Success System, dan PT. Free Car Wash Indonesia. Kesemuanya merupakan hasil kerja keras dari Bong yang ia mulai benar benar dari Nol. Sukses tidak akan menunggu Usia, manfaat kan apa yang ada sekarang, dan raih apa yang anda impikan. Be Inspired

Artikel lain: Hendrik Tio ~ Pendiri Bhineka.com

Bio Data Singkat

Nama Lengkap: Bong Chandra
Nama Panggilan: Bong
Profesi: Motivator , Pengusaha, Penulis
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, Minggu, 25 Oktober 1987

Pendidikan:

  • SMA Kalam Kudus Jakarta
  • Universitas Bina Nusantara (Tidak Tamat)

Penghargaan:

  • “Forty under Forty” , 40 tokoh sukses  dibawah usia 40 tahun, Majalah Fortune Indonesia tahun 2010
  • Motivator Termuda di Asia, tahun 2010 (usia 23 tahun)

Social Media


1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya sangat berhutang budi kepada sdr Bong Chandra, setelah banyak nonton seminar motivasinya, saya pun akhirnya terbawa inspirasinya sehingga pernah bisa juga menjadi pembicara seminar motivasi diantara 500 orang penonton..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com