Billy Boen, Motivator dan Pengusaha Muda Indonesia

billy boen Billy Boen, Motivator dan Pengusaha Muda Indonesia

Image dari Jojimmy.net

Jika dibandingkan dengan apa yang telah ia capai selama ini, tentunya akan banyak orang  yang bertanya apakah rahasia dari seseorang yang bisa mencapai kesuksesan besar meski masih dalam usia muda? Ia menjawab, bermimpi besar dan bertindak besar. Itulah Billy Boen (http://id.wikipedia.org/wiki/Billy_Boen), motivator sekaligus pengusaha Indonesia yang telah sukses dalam usia mudanya.

Tentang Billy Boen

Billy Boen adalah seorang pemuda yang lahir pada tanggal 13 Agustus 1978. Lahir di Jakarta, ia merupakan putra dari ayahnya yang bernama Henry Boen. Ia yang kini telah menjadi seorang pengusaha sukses tentunya tidak terlepas dari peran ke dua orang tuanya terutama sang ayahanda,  Henry Boen.

Dari didikan ayahnya tersebut, ia tumbuh menjadi sosok yang mengerti betul bagaimana cara terbaik untuk menjadi seseorang  yang sukses. Ayahnya sering kali mengajarkan nilai nilai positif tentang bagaimana menjadi pemimpin besar, menghargai waktu, ber-attitude baik dan masih banyak lagi. Hal tersebut nampaknya yang ia tetap bawa hingga saat ini.

Tahun 1996 ia melanjutkan pendidikan nya di Utah State University (USU), Amerika Serikat untuk menempuh jurusan S-1 bidang manajemen. Dalam waktu 2 tahun lebih ia menyelasaikan studi S 1 nya dan melanjutkan ke jenjang S 2 nya di State University of West Georgia. Ia mendapatkan title Mba dari almamaternya tersebut hanya dalam waktu 1 tahun, dan yang lebih membanggakan ia juga lulus dengan predikat cumlaude. Itulah modal berharga yang ia bawa pulang ke tanah air untuk mulai menapaki jenjang karir, di usianya yang masih muda 22 tahun !

Perjalanan Karir Billy Boen

Setelah pulang dari negeri paman Sam, Billy tidak mau menunggu lama lagi dan langsung tancap gas mencari pekerjaan yang sesuai dengan passionnya. Pada sekitar tahun 2000, ia mulai menapaki masa karirnya. Dengan pencapaian prestasi akademis yang membanggakan, tentunya ia tidak perlu kesulitan mencari spot pekerjaan pada waktu itu. Hingga pilihan jatuh pada salah satu perusahaan besar yang bergerak dalam bidang peralatan sport PT Berca Sportindo.

Ia masuk ke dalam perusahaan distributor tunggal merk kenamaan “Nike” tersebut sebagai asisten manajer divisi footware. Dengan hasil kerja nya yang bagus, tidak begitu lama ia naik jabatan menjadi manajer di divisi yang sama.

Setelah setahun menjadi manager pada divisi footware, billy mendapatkan promosi menjadi all division manager yang membawahi divisi footwear, apparel, aksesoris, dan perlengkapan. Puncak karir Billy di perusahaan Berca Sportindo dicapai saat ia ditunjuk sebagai Manajer Penjualan & Pemasaran Nike. Tanggung jawabnya pada waktu itu tidak sembarangan, ia memegang masuknya merk Umbro ke Indonesia dan juga merek footware League yang saat itu masih mulai dikembangkan.

Baca juga: Merry Riana ~ Motivator Wanita Sukses Dari Indonesia

Pada tahun 2005, billy memutuskan untuk mencoba masuk pada perusahaan lain yaitu Oakley Indonesia. Masuk pada lahan pekerjaan baru tentunya membawa tantangan baru yang tidak selalu mudah untuk dilalui. Namun dedikasi dan intergritasnya yang tinggi terbukti mampu menghantarkan dirinya menjadi General Manager Oakley Indonesia setahun berselang sejak pertama bergabung. Pencapaian tersebut juga mengokohkan dirinya sebagai GM perusahaan Oakley termuda yang ada di dunia. Pencapaian yang luar biasa tentunya.

Selain itu pada tahun 2006, bersama rekannya  Rudhy Buntaram ia mendirikan Jakarta International Management (JIM) yaitu sebuah perusahaan multi usaha yang bergerak dalam banyak bidang seperti fashion hingga consultan. Tidak berhenti berekspansi, pada tahun 2008 jejak karirnya tertaut pada salah satu perusahaan, Grup MRA (Mugi Rekso Abadi). Di perusahaan tersebut ia menjabat sebagai kepala divisi F&B yang membawahi beberapa café kenamaan seperti Rock Cafe Jakarta, Hard Rock Cafe Bali dan Haagen-Dazs.

Saat ini Billy tercatat sebagai CEO dari PT. YOT Nusantara. Pada awalnya, YOT  adalah sebuah brand yang dulunya merupakan judul buku yang ia tulis “Young On Top”. Buku tersebut merupakan buah pikirnya yang berisi langkah meraih kesuksesan dalam usia muda. Buku yang telah menginspirasi banyak anak muda di Indonesia tersebut nampak nya  merupakan salah satu pencapaian tertinggi dari seorang Billy Boen.

Artikel lain: Bong Chandra ~ Motivator Sukses Termuda Di Asia

“Ketika saya mampu memberikan kontribusi positif terhadap diri sendiri dan orang-orang di sekeliling saya. Dengan buku Young On Top yang saya tulis, saya tidak hanya memberikan pengaruh positif terhadap orang-orang yang saya kenal, tapi kepada orang-orang yang membeli buku saya meski saya tidak mengenal mereka. Sungguh perasaan senang yang belum pernah saya rasakan sebelumnya.” Billy boen

Namun setelah melihat potensi yang bisa dikembangkan, dan juga semangatnya yang ingin selalu menyemangti pemuda Indonesia untuk meraih sukses di usia muda, Billy memutuskan untuk mengembangkannya menjadi satu brand di bawah bendera PT. YOT Nusantara.

Sebagai penutup, sedikit cuplikan mengenai tips meraih kesuksesan di usia muda oleh Billy Boen bisa anda saksikan pada video di bawah ini.


2 total comments on this postSubmit yours
  1. Pertamax mas, saya juga pengen baget jadi seperti mereka bisa menebarkan virus positif untuk semua orang.
    Terima kasih infonya mas

    • Keduax gan LOL. Ga semua orang bisa jadi motivator, tapi kalau ada bakat jadi motivator ya harus dikembangkan.

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com