1Cak.com ~ Situs Komedi Visual Ala 9Gag Karya Anak Bangsa

1Cak.com Situs Ala 9Gag Karya Anak Bangsa 1Cak.com ~ Situs Komedi Visual Ala 9Gag Karya Anak Bangsa

Image dari 1cak.com

Kalangan anak muda pengguna internet pasti tak asing lagi dengan meme (dibaca mim). Dalam dunia internet, meme merupakan salah satu bentuk sindiran atau bisa jadi lawakan yang beredar di dunia maya dan biasanya mengambil topik dari kehidupan nyata sehari-hari. Meme di internet bukanlah suatu lelucon sembarangan karena memerlukan ide dan kreativitas tingkat tinggi untuk menghubungkan suatu fenomena sosial atau kejadian lainnya dengan bentuk meme yang akan dibuat.

Setiap tokoh yang digunakan dalam meme biasanya memiliki karakteristik tersendiri, ada yang menunjukkan orang yang selalu ditimpa kemalangan seperti Bad Luck Brian, dan ada pula tokoh lainnya yang merepresentasikan kalangan ABG yang lebai, orang yang polos dan lugu serta berbagai karakter lainnya. Salah satu situs online yang menampilkan meme dan komedia visual lainnya adalah 9Gag.

9Gag pertama kali diciptakan pada tahun 2008 di Hongkong dan merupakan hasil kerja sama dari beberapa anak muda yakni Ray Chan, Chris Chan, Marco Fung, Brian Yu dan Derek Chan. Hingga saat ini kesuksesan 9gag sebagai situs komedi visual yang mudah diakses dan digemari oleh para pengguna internet telah mengundang ketertarikan 26 investor untuk ikut mendukung dan memajukan 9Gag.

Namun ternyata bukan hanya 9gag saja yang sukses merebut hati para pengguna internet. Di Indonesia, jumlah pengguna internet yang terbilang banyak ternyata mendorong anak-anak bangsa untuk membuat situs komedi visual yang konsepnya menyerupai konsep 9Gag. Startup situs komedi visual asli Indonesia tersebut adalah 1Cak.com.

Artikel lain: Apa itu startup? Bgmn perkembangan dunia bisnis startup di Indonesia?

Sekilas Tentang 1Cak.com

1Cak.com lahir dari tangan kreatif seorang pria kelahiran Sragen, 27 Mei 1985 yang bernama R. Aji Kaloko. Aji mulai merancang dan resmi meluncurkan 1cak pada tanggal 17 Februari 2012. Saat itu 1cak masih menyandang nama 1cuk dengan domain www.1cuk.com. Namun seiring berjalannya waktu, Aji merasa nama ini kurang enak didengar, bahkan ada beberapa orang yang menganggap nama tersebut terkesan negatif, mungkin rekan-rekan yang berasal dari jawa timur atau jawa tengah sudah pasti tau sebabnya, hehe.

Oleh sebab itu Aji memutuskan untuk mengganti nama dan domain 1cuk menjadi 1cak terhitung sejak tanggal 30 September 2012. Tidak ada filosofi khusus mengenai nama 1cak yang akhirnya ditetapkan sebagai nama situs komedi visual asli Indonesia tersebut. Namun Aji Ramadhan mencoba mengartikan nama 1cak sebagai “one place for something kocak”.

1cak menerapkan sistem user generated content, yang berarti bahwa seluruh konten yang terdapat di 1cak merupakan hasil unggahan para pengguna 1cak. Para pengguna 1cak dapat melakukan login via #Facebook dan membuat posting mengenai gambar atau video komedi dengan tema humor khas Indonesia. Pengguna lain yang melihat posting tersebut dapat memberi vote atau nope sebagai bentuk apresiasi untuk konten yang dianggap menghibur atau kurang menghibur.

Sebagai sebuah startup komedi, popularitas fun site  seperti 1cak ternyata mendapat banyak sambutan positif dari para pengguna internet tanah air. Terbukti hingga awal Feburari 2014, 1Cak memiliki 9 juta page views per bulannya dengan sekitar 560 ribu pengunjung yang merupakan unique visitors. Situs online yang berbasis di Bandung ini masih berupaya melakukan banyak perbaikan dan evaluasi.

Aji Ramadhan selaku pendiri 1cak masih mengandalkan Google Adsense sumber pendapatan dan belum berencana mencari investor dalam waktu dekat. Hal yang sedang direncanakan adalah melakukan upgrade untuk aplikasi 1cak versi Android serta merencanakan pembuatan aplikasi 1cak untuk platform iOs. Bagi rekan-rekan yang tertarik mendownload aplikasi android 1Cak bisa langsung di unduh di SINI.

Sebagai salah satu situs humor kreatif ala Indonesia, 1cak tidak 100% mengadopsi gaya 9gag. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa tokoh meme khas Indonesia, seperti kehadiran Mad Dog yang berasal dari salah satu karakter di film The Raid. Selain 1cak, Indonesia juga memiliki beragam fun site lainnya seperti Nyunyu (nyunyu.com)  dan MalesBanget (malesbanget.com).

Baca juga: Berry Kitchen ~ Startup bisnis layanan catering online

Hal ini tentu merupakan suatu perkembangan positif bagi dunia internet di Indonesia, utamanya makin berkembangnya stratup-startup baru. Semoga generasi penerus yang tertarik dengan dunia internet tak hanya menjadi pengguna pasif saja, tetapi juga dapat menjadi kreator yang menciptakan produk-produk inovatif.


3 total comments on this postSubmit yours
  1. hehe…inspiratif sekali anak bangsa…

  2. baru tau kalau karya lokal ternyata..

  3. tadi saya liat situsnya, lucu-lucu loh mas ceritanya :D hahaha

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com