Beranda Manajemen Pengertian Struktur: Apa Itu Struktur dan Penggunaan Istilah Struktur di Berbagai Bidang

Pengertian Struktur: Apa Itu Struktur dan Penggunaan Istilah Struktur di Berbagai Bidang

Pengertian Struktur Adalah

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara ringkas tentang pengertian struktur, baik secara umum maupun menurut para ahli, serta penggunaan istilah “struktur” pada beberapa bidang ilmu.

Pengertian Struktur Adalah

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan struktur (structure)? Secara umum, pengertian struktur adalah suatu pengaturan dan hubungan antara unsur-unsur atau elemen-elemen yang saling berhubungan dalam suatu objek atau sistem yang terorganisasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun; yang disusun dengan pola tertentu; pengaturan unsur atau bagian dari suatu objek atau sistem.

Secara bahasa, kata “struktur” merupakan serapan dari bahasa Latin, yaitu “structura” yang artinya tepat, dan membangun. Istilah ini banyak digunakan untuk menggambarkan bangunan, namun kata “struktur” juga banyak digunakan pada banyak hal lainnya, baik objek benda maupun sebuah sistem.

Baca juga: Pengertian Sistem

Pengertian Struktur Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu struktur, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Benny Hoedoro Hoed

Menurut pakar linguistik Indonesia, Prof. Dr. Benny Hoedoro Hoed, pengertian struktur adalah sebuah gambaran yang mendasar dan kadang tidak berwujud, yang mencakup pengenalan, observasi, sifat dasar, dan stabilitas dari pola-pola dan hubungan antara banyak satuan terkecil di dalamnya.

2. Daniel L. Schodek

Dalam konteks bangunan, menurut Daniel L. Schodek (2008), pengertian struktur adalah suatu sarana yang berfungsi untuk menyalurkan beban dan akibat penggunaannya dan/atau kehadiran bangunan tersebut ke dalam tanah.

3. Georg Simmel

Dalam konteks sosial, menurut Georg Simmel, pengertian struktur adalah suatu kumpulan individu serta pola perilakunya dalam masyarakat, namun masyarakat tidak independen dari individu yang membentuknya.

4. Wikipedia

Menurut Wikipedia, struktur adalah pengaturan dan pengorganisasian unsur-unsur yang saling terkait dalam suatu objek material atau sistem yang terorganisasi.

Baca juga: Pengertian Organisasi

Penggunaan Istilah Struktur

Penggunaan istilah “struktur” banyak digunakan pada berbagai bidang ilmu. Beberapa contoh penggunaan kata “struktur” adalah sebagai berikut:

  1. Struktur Penahan Beban, penggunaan kata struktur pada objek material, misalnya; bangunan, kerangka, bendungan, pesawat terbang, dan lain-lain, untuk menjelaskan fungsi struktur sebagai penahan beban. Kata struktur itu sendiri dapat bermakna sebagai sesuatu yang telah dibangun, misalnya struktur jembatan, struktur gedung, dan lain-lain.
  2. Struktur Biologis, dalam ilmu biologi, penggunaan istilah struktur biologis bertujuan untuk menjelaskan tingkatan kelompok organisme, mulai secara hierarkis dari atom dan molekul hingga seluler, jaringan, organisme, populasi, dan tingkat ekosistem.
  3. Struktur Kimia, dalam ilmu kimia, istilah struktur kimia mengacu pada geometri molekul dan struktur elektronik yang diwakili oleh berbagai diagram (rumus struktur).
  4. Struktur Sosial, dalam ilmu sosial, istilah struktur sosial merujuk pada pola-pola hubungan sosial individu yang terjadi dalam berbagai situasi kehidupan. Dalam hal ini, struktur sosial mengacu pada berbagai faktor, seperti; gender, etnis, kelas sosial, adat istiadat, agama, dan sebagainya yang dapat memengaruhi peluang individu.
  5. Struktur Data, istilah struktur data merujuk pada cara mengatur berbagai informasi yang ada di dalam komputer sehingga dapat digunakan secara efisien. Dalam hal ini, struktur data biasanya merupakan bagian integral dari algoritma dalam memecahkan masalah.

Selain yang disebutkan di atas, penggunaan istilah “struktur” juga sering digunakan pada banyak bidang ilmu lainnya, seperti musikal, ilmu filsafat, software, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Manajemen

Demikianlah penjelasan ringkas tentang pengertian struktur, baik secara umum maupun menurut beberapa ahli, serta penggunaan istilah “struktur” pada beberapa bidang ilmu. Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa definisi struktur pada beberapa bidang ilmu dapat mengandung arti yang berbeda, namun pada dasarnya istilah tersebut merujuk pada hubungan antara elemen-elemen suatu objek atau sistem. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.