Beranda Umum Arti Persisten: Memahami Apa Itu Persisten dan Perbedaannya Dengan Konsisten

Arti Persisten: Memahami Apa Itu Persisten dan Perbedaannya Dengan Konsisten

Arti Persisten Adalah

Kamu pasti pernah membaca atau mendengar istilah “persisten”, dan banyak yang menganggapnya sebagai salah satu kunci sukses dalam hidup. Tapi sebenarnya apa arti persisten itu sendiri?

Artikel ini akan mengulas secara tuntas pertanyaan terkait istilah “persisten”, di antaranya:

  • Penjelasan arti persisten.
  • Arti persisten dalam ilmu kesehatan.
  • Perbedaan persisten dengan konsisten.
  • Beberapa contoh sikap persisten.

Jika kamu ingin tahu lebih jelas persisten artinya apa, maka kamu harus membaca artikel ini sampai akhir.

Arti Persisten Adalah

Kata “persisten” merupakan istilah yang diserap dari bahasa Inggris, yaitu “persistent” di mana secara singkat artinya gigih. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persisten artinya gigih, kukuh, bersinambung, dan terus-menerus.

Dalam bahasa Indonesia, istilah “persisten” dapat berubah maknanya, sesuai dengan kalimat yang dipergunakan.

Misalnya, jika kata “persisten” digunakan sebagai kata kerja, maka dapat diartikan sebagai tindakan berkesinambungan atau terus menerus. Jika kata “persisten” digunakan sebagai kata sifat, maka arti persisten adalah gigih atau kukuh.

Sehingga, menurut asal katanya tersebut maka pengertian persisten adalah kemampuan untuk gigih atau daya tahan yang kuat dalam melakukan suatu tindakan secara terus-menerus meskipun ada tantangan atau kesulitan.

Istilah persisten juga seringkali digunakan untuk menjelaskan kemampuan seseorang dalam meningkatkan kinerjanya. Artinya, orang tersebut tidak stagnan menghasilkan hal yang sama terus-menerus, tetapi ada peningkatan, baik kualitas maupun kuantitas kerjanya.

Artikel terkait: Arti Konsisten

Ciri-Ciri Orang yang Persisten

Ciri-Ciri Orang yang Persisten

Persisten adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh manusia agar bisa sukses dalam kehidupannya. Berikut ini merupakan ciri-ciri seseorang yang gigih dalam melakukan kegiatannya:

  • Memiliki tujuan; setiap tindakan yang akan dilakukan oleh orang gigih memiliki tujuan yang pasti.
  • Menghargai waktu; bagi orang yang gigih, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga sehingga mereka akan berusaha untuk tepat waktu dalam berbagai hal.
  • Tidak mudah menyerah; kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, ini prinsip yang selalu dipegang orang yang gigih. Itulah sebabnya mereka tidak mudah menyerah meskipun mengalami kegagalan berkali-kali.
  • Tidak suka menunda-nunda; masih berhubungan dengan waktu, orang gigih tidak mau menunda-nunda pekerjaan. Bagi mereka menunda-nunda pekerjaan merupakan awal dari sebagian besar kegagalan.

Baca juga: Arti Komitmen

Contoh Sikap Persisten

Pada dasarnya, inti dari persisten adalah kegigihan menjalani proses yang panjang dan penuh tantangan dalam mencapai tujuan. Mengacu pada arti persisten, berikut ini merupakan beberapa contoh sikap persisten yang mungkin pernah juga kamu lakukan:

  1. Thomas Alfa Edison melakukan percobaan berkali-kali dan mengalami kegagalan berulang kali, sampai akhirnya dapat menghasilkan penemuan besar, seperti; lampu pijar, mesin pemisah biji besi, kinetoskop, dan fonograf.
  2. Atlit lari marathon melatih dan meningkatkan kekuatan fisiknya dengan menambah porsi larinya sebanyak 1 kilometer setiap kali latihan.
  3. Seorang wanita melakukan diet sehat dan olah raga untuk menurunkan berat badannya, dan setelah berhasil mencapai target, ia tetap melakukan diet sehat dan berolahraga.

Sebenarnya masih banyak contoh sikap persisten yang bisa kita jadikan inspirasi agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Dan tentunya, pada akhirnya mereka yang tidak mau menyerahlah yang dapat bertahan dan sukses dalam hidupnya.

Baca juga: Pengertian Disiplin

Perbedaan Persisten Dengan Konsisten

Perbedaan Persisten Dengan Konsisten

Banyak orang yang beranggapan bahwa kata persisten memiliki makna yang sama dengan konsisten. Meskipun keduanya masih berhubungan, pada dasarnya kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda.

Seperti yang disebutkan di atas, arti persisten adalah kemampuan untuk gigih atau daya tahan yang kuat dalam melakukan suatu tindakan secara terus-menerus meskipun ada tantangan atau kesulitan.

Sedangkan arti konsisten adalah tidak berubah atau sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dari definisi kedua kata tersebut dapat kita pahami bahwa kata konsisten berarti sesuai dengan rencana atau ketetapan, sedangkan persisten adalah daya tahan atau gigih melakukan sesuatu meskipun ada tantangan.

Kedua istilah ini dapat diibaratkan sebagai sebuah mobil. Konsistensi adalah kemudi yang mengarahkan tujuan mobil, sementara persistensi adalah energi yang menggerakkan mobil tersebut.

Baca juga: Arti Dedikasi

Arti Persisten Dalam Kesehatan

Penggunaan suatu istilah pada konteksi yang berbeda maka akan beda artinya, demikian juga halnya dengan kata persisten.

Istilah “persisten” dalam bidang bisnis atau kalimat umum lainnya tentunya akan memiliki makna yang berbeda dengan istilah persisten dalam bidang kesehatan.

Dalam hal ini, arti persisten dalam kesehatan adalah suatu kondisi penyakit kronis yang diderita oleh pasien dalam rentang waktu yang relatif lama.

Misalnya, penyakit tumor sudah ada dalam waktu yang lama dan memberikan dampak pada sistem tubuh, maka akan disebut sebagai persisten.

Berikut ini beberapa istilah dalam bidang kesehatan yang menggunakan kata persisten;

  • Asmatikus persisten; penyakit asma dengan kondisi berat.
  • Diare persisten, yaitu diare akut dengan atau tanpa disertai darah dan berlanjut selama 14 hari atau lebih.
  • Gigi persistensi, yaitu kondisi gigi sulung (gigi susu) yang masih berada di gusi dan belum tanggal tetapi gigi dewasa sudah tumbuh untuk menggantikannya sehingga gigi menjadi menumpuk.

Baca juga: Pengertian Aturan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan kata persisten dalam kehidupan sehari-hari mengandung arti melakukan sesuatu dengan gigih secara berkesinambungan.

Selain itu, sikap persisten juga dapat terlihat dari ketangguhan dalam menghadapi tantangan. Dengan kata lain, seseorang yang persisten akan dapat melakukan suatu tindakan dengan gigih secara berkesinambungan, meskipun menghadapi situasi yang sulit.

Itulah penjelasan lengkap mengenai arti persisten, baik pengertiannya dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam ilmu kesehatan, serta perbedaan persisten dengan konsisten. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.