Beranda Sosial Pengertian Aturan: Arti, Jenis, dan Contoh Aturan Dalam Hidup

Pengertian Aturan: Arti, Jenis, dan Contoh Aturan Dalam Hidup

Pengertian Aturan Adalah

Pengertian Aturan Adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan aturan (rules), dan mengapa dalam kehidupan manusia harus ada aturan? Secara umum pengertian aturan adalah serangkaian ketentuan, petunjuk, patokan, atau perintah yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk mengatur kehidupan manusia dalam sehari-harinya agar tidak melakukan sikap brutal, ingin menang sendiri, dan lainnya.

Secara bahasa, pengertian aturan adalah suatu pedoman agar manusia dapat hidup secara tertib dan teratur. Karena jika tidak ada peraturan, maka antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat bisa bertindak sewenang-wenang, tanpa kendali dan sulit untuk diatur.

Pada umumnya, aturan merupakan hasil keputusan bersama yang harus ditaati dan dilaksanakan dimana sikapnya mengikat. Aturan juga berkaitan dengan nilai norma dan adat yang berlaku di lingkungan bermasyarakat.

Aturan biasanya bersifat mengikat secara lokal dimana hanya manusia dalam lingkungan tersebut saja yang memiliki kewajiban untuk menaati peraturan. Namun dalam makna yang lebih luas, istilah aturan tidak dapat didefinisikan sesederhana itu karena menyangkut perbedaan tujuan dan kebutuhan.

Baca juga: Pengertian Adab

Jenis-Jenis Aturan

Mengacu pada pengertian aturan seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka aturan dalam kehidupan bermasyarakat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Aturan Tertulis

Seperangkat aturan atau tatanan yang berlaku di lingkungan bermasyarakat dan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari dimana sifatnya tertulis dan mengikat serta memiliki sanksi yang tegas.

2. Aturan Tidak Tertulis

Merupakan seperangkat aturan atau tatanan yang berlaku di lingkungan bermasyarakat dan merupakan pedoman dalam kehidupan sehari-hari namun tidak bersifat tertulis dan sanksinya juga tidak setegas dari aturan tertulis.

Pada intinya, aturan dimaksudkan untuk mendukung dan menopang nilai-nilai yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu, aturan memiliki fungsi sebagai pedoman hidup untuk seluruh manusia yang hidup dalam suatu lingkungan.

Umumnya jika ada warga masyarakat yang melanggar aturan tidak tertulis, maka akan diberikan sanksi tertentu sesuai dengan yang sudah disepakati. Sanksi tidak harus berupa pidana, melainkan juga sanksi sosial seperti cacian, hinaan atau diasingkan.

Selain itu, aturan juga dibedakan menurut berlakunya, yaitu aturan khusus dan aturan umum. Aturan khusus merupakan aturan yang berlaku di dalam kegiatan atau kehidupan secara khusus. Sedangkan untuk aturan umum merupakan jenis aturan yang bersifat universal atau umum.

Baca juga: Pengertian Amanat

Contoh Aturan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manusia marupakan makhluk sosial sehingga dalam kehidupannya selalu terjadi interaksi dengan sesamanya. Dalam berhubungan dengan sesama manusia dibutuhkan sesuatu yang sifatnya mengatur atau mengikat, baik antar manusia maupun manusia dengan lingkungannya, itulah yang disebut dengan aturan.

Ada beberapa contoh aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai berikut:

1. Contoh Aturan Tertulis

  1. Berlakunya jam malam atau jam kunjungan tamu tidak boleh melebihi pukul 22.00.
  2. Wajib lapor untuk tamu yang menginap 1×24 jam.
  3. Kewajiban untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan lingkungan.
  4. Warga dengan usia 17 tahun wajib memiliki KTP.
  5. Setiap kepala keluarga wajib memiliki Kartu Keluarga.
  6. Warga baru wajib melapor ketua RT.

2. Contoh Aturan Tidak Tertulis

  1. Menyapa tetangga ketika bertemu di jalan.
  2. Menjenguk tetangga yang sakit.
  3. Membantu tetangga yang butuh pertolongan.
  4. Melayat jika ada tetangga yang meninggal dunia.
  5. Aktif dalam kegiatan bermasyarakat.
  6. Menjaga kerukunan dengan tetangga.

Baca juga: Arti Attitude

Demikian pembahasan tentang pengertian aturan berserta jenis-jenis dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa wawasan bagi pembaca.