Arti Komitmen Secara Umum, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Komitmen

Arti Komitmen Secara Umum, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Komitmen

Arti Komitmen adalah
Ilustrasi Komitmen

Arti Komitmen Adalah

Apa yang dimaksud dengan komitmen? Arti komitmen adalah suatu keadaan dimana seseorang membuat perjanjian (keterikatan), baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain yang tercermin dalam tindakan/ perilaku tertentu yang dilakukan secara sukarela maupun terpaksa.

Ada juga yang mengatakan bahwa pengertian komitmen adalah suatu bentuk kewajiban yang mengikat seseorang dengan sesuatu, baik itu diri sendiri maupun orang lain, tindakan tertentu, atau hal tertentu.

Secara terminologi, kata “komitmen” berasal dari bahasa Latin, yaitu “commiter” yang berarti menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai. Sehingga menurut asal katanya, arti komitmen adalah suatu sikap setia dan tanggungjawab seseorang terhadap sesuatu, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, maupun hal tertentu.

Dari penjelasan pengertian komitmen di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa secara umum tujuan dari komitmen adalah untuk memberikan jaminan sehingga sesuatu tidak berubah di masa depan dan tetap sesuai dengan isi komitmen.

Baca juga: Arti Integritas

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Istilah komitmen banyak digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bidang organisasi, dunia kerja, hubungan manusia, dan lain-lain. Agar lebih memahami apa pengertian komitmen, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Steers dan Porter

Menurut Steers dan Porter (1983), arti komitmen adalah suatu keadaan dimana individu menjadi terikat oleh tindakannya sehingga akan menimbulkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.

2. Welsch dan La Van

Menurut Welsch dan La Van (2001), pengertian komitmen adalah adalah sebuah dimensi perilaku yang penting dan dapat digunakan untuk menilai keterikatan karyawan pada perusahaan.

3. Greenberg

Menurut Greenberg (2005), arti komitmen adalah kesediaan seorang karyawan untuk memihak pada suatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuannya serta berniat untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi tersebut.

4. Sri Kuntjoro

Menurut Sri Kuntjoro, arti komitmen organisasi adalah rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

5. Griffin

Menurut Griffin, pengertian komitmen organisasi adalah suatu sikap yang menunjukkan sampai sejauh mana seseorang mengenal dan mau terikat dengan organisasinya. Jika seorang anggota memiliki komitmen yang tinggi, maka ia akan melihat dirinya sebagai anggota organisasi yang sejati.

Baca juga: Pengertian Etika

Ciri-Ciri Komitmen

Pengertian Komitmen

Komitmen di dalam diri seseorang timbul karena adanya rasa tanggungjawab terhadap sesuatu. Sebagian orang berkomitmen karena menyukai yang dilakukannya, sedangkan sebagian orang lainnya berkomitmen karena adanya perasaan takut kehilangan sesuatu jika tidak menjalankan komitmennya.

Adapun ciri-ciri komitmen adalah sebagai berikut:

  1. Adanya perjanjian yang disepakati, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain.
  2. Terdapat tujuan atau goal tertentu yang ingin dicapai setelah melaksanakan komitmen.
  3. Semua pihak yang terlibat dalam suatu komitmen harus bertanggungjawab dengan isi perjanjian.
  4. Adanya kesetiaan (loyalitas) dari semua pihak terhadap tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga: Konsep Diri

Contoh Komitmen

Contoh Komitmen

Seperti yang disebutkan dalam arti komitmen di atas, istilah “komitmen” sering dipakai dalam berbagai bidang kehidupan. Mulai dari bidang organisasi, dunia kerja, hubungan sosial, dan lain-lain.

Adapun beberapa contoh bentuk komitmen adalah sebagai berikut:

1. Komitmen Terhadap Diri Sendiri

Ini adalah bentuk komitmen yang berlandaskan adanya keinginan dari diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Misalnya, seseorang berkomitmen untuk melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolah raga. Hasil akhir yang ingin dicapai dari komitmen ini adalah tubuh yang lebih sehat dan berat badan yang ideal.

2. Komitmen Terhadap Keluarga

Ini adalah bentuk komitmen yang berasal dari diri seseorang terhadap keluarganya. Artinya, seseorang tidak hanya mementingkan dirinya tapi juga bertanggungjawab terhadap keluarganya. Misalnya seseorang suami yang berkomitmen pada keluarganya untuk memberikan nafkah lahir dan batin.

3. Komitmen dalam Bekerja

Menurut John Meyer dan Natalie Allen dalam buku berjudul “Human Resource Management Review”, ada tiga model komitmen kerja seseorang terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

  • Cinta terhadap pekerjaan (Affective Commitment)
  • Takut kehilangan pekerjaan (Continuance Commitment)
  • Adanya rasa kewajiban (Normative Commitment)

4. Komitmen Dalam Hubungan

Semua hubungan manusia membutuhkan komitmen guna mempertahankan hubungan tersebut. Misalnya hubungan pacaran, hubungan pernikahan, hubungan persahabatan, dan lain-lain.

5. Komitmen Terhadap Lingkungan

Hubungan manusia dengan alam dan lingkungannya juga membutuhkan suatu komitmen agar kondisi alam tetap baik seperti adanya. Misalnya komitmen para pendaki gunung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan bertanggungjawab untuk menjaga lingkungan alam tetap asri.

Baca juga: Pengendalian Sosial

Itulah uraian ringkas mengenai arti komitmen, tujuan, ciri-ciri, serta contoh komitmen secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.