Beranda Umum Arti Konsisten: Memahami Apa Itu Konsisten, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Arti Konsisten: Memahami Apa Itu Konsisten, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Arti Konsisten Adalah

Sebenarnya, apa arti konsisten? Istilah ini seringkali kita dengar dari para motivator atau artikel tentang pengembangan diri karena sikap konsisten dianggap berhubungan dengan kesuksesan seseorang dalam kehidupannya.

Nah, di artikel ini akan dibahas secara ringkas beberapa hal terkait istilah konsisten, di antaranya:

  • Penjelasan apa itu konsisten
  • Bagaimana ciri-ciri orang konsisten
  • Dan seperti apa contoh sikap orang yang konsisten

Yuk simak artikelnya sampai akhir supaya kamu lebih paham konsisten artinya apa.

Arti Konsisten Adalah

Kata “konsisten” diserap dari bahasa Inggris, yaitu “consistent” yang artinya berdiri dengan kokoh atau berdiri tegak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti konsisten adalah tetap (tidak berubah-ubah), taat asas atau ajek, selaras atau sesuai.

Berdasarkan asal katanya tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kata konsisten artinya sesuatu yang tidak berubah-ubah, selalu berperilaku atau terjadi dalam cara yang sama, terutama hal yang positif.

Sesuatu yang konsisten dapat ditandai dengan adanya keteraturan, harmoni, kontinuitas tetap, dan bebas dari kontradiksi atau variasi.

Kata konsisten seringkali dikait-kaitkan dengan sikap dan kebiasaan manusia, terutama yang berhubungan dengan sikap komitmen yang menjadi kunci kesuksesan hidup. Dengan kata lain, semua pengetahuan, bakat, dan keberuntungan seseorang tidak akan ada artinya tanpa adanya konsistensi.

Artikel terkait: Arti Persisten

Arti Konsisten Menurut Para Ahli

Kita dapat lebih memahami apa itu konsisten dengan merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Reza M. Syarif

Menurut Reza M. Syarif (2005), arti konsisten adalah sikap fokus pada suatu bidang dan tidak akan berpindah pada bidang lain sebelum pondasi bidang pertama benar-benar kuat.

2. Cambrige Dictionary

Menurut Cambrige Dictionary, arti konsisten adalah sesuatu yang tidak berubah, atau selalu berbuat atau terjadi dengan cara yang sama, tertutama dalam hal positif.

Baca juga: Arti Komitmen

Ciri-Ciri Orang Konsisten

Ciri-Ciri Orang Konsisten

Dalam kehidupan sehari-hari, konsisten sangat berhubungan dengan pengambilan keputusan yang dilakukan seseorang. Mereka yang sering bersikap plin-plan atau tidak pasti, bukanlah orang yang konsisten.

Memiliki sikap yang konsisten merupakan tanda bahwa seseorang dapat dipercaya, kompeten, dan mahir dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan bidangnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri seseorang yang konsisten:

  1. Tidak mudah mengubah keputusan; seseorang yang konsisten tidak akan mudah mengubah keputusan yang telah dibuatnya. Apalagi bila orang lain berusaha mengubah keputusan tersebut.
  2. Bekerja dengan hati-hati; orang yang konsisten umumnya berhati-hati dan berkomitmen dalam melakukan keputusannya. Meskipun sering dianggap lambat berkembang, mereka tetap melakukan keputusannya secara terus-menerus dan tidak berubah.
  3. Pantang berhenti; konsistensi seseorang terlihat ketika ia menghadapi masalah. Mereka akan tetap melakukan keputusannya meskipun banyak tantangan dalam pelaksanaannya.
  4. Memiliki pendirian teguh; orang lain akan sulit untuk mengubah pendirian seseorang yang dikenal konsisten dengan keputusannya. Hal tersebut karena pengambilan keputusan yang dilakukannya telah melalui berbagai pertimbangan.
  5. Tidak mengingkari ucapan; ini merupakan ciri umum orang yang konsisten. Bagi mereka, integritas merupakan sesuatu yang sangat berharga sehingga apa yang mereka ucapkan akan sesuai dengan apa yang lakukan.
  6. Dapat diandalkan dalam berbagai situasi; mereka punya integritas dan dapat dipercaya sehingga dapat diandalkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Baca juga: Pengertian Disiplin

Contoh Sikap Konsisten

Contoh Sikap Konsisten

Sikap konsisten seseorang dapat terlihat dari keputusan yang dibuat dan tindakan yang dilakukan sesuai dengan keputusan tersebut. Berikut ini adalah contoh sikap konsisten:

1. Konsisten Terhadap Keputusan

Setelah menjalankan diet, berolahraga,dan pola hidup yang sehat selama setahun, ternyata Natalia mengalami perubahan fisik dan psikis yang jauh lebih baik. Berat badannya kembali normal dan fisiknya terasa lebih bugar. Selain itu, ia merasa lebih bahagia dengan pola hidupnya selama setahun ini.

Meskipun berat badannya telah kembali normal, Natalia tetap konsisten menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat”

Kata konsisten pada contoh kasus di atas berarti memegang teguh pendirian atau keputusan. Artinya, tindakan yang dilakukan sesuai dengan keputusan yang telah diambil.

2. Konsisten Terhadap Ucapan

“Ketika berkampanye, seorang calon pejabat kepala daerah berjanji kepada masyarakat apabila dia terpilih maka ia akan membangun sekolah gratis kepada masyarakat setempat.

Beberapa bulan setelah ia terpilih menjadi kepala daerah, pejabat tersebut konsisten terhadap janjinya dan membangun sebuah sekolah dengan sarana dan prasarana yang lengkap.”

Kata konsisten pada contoh di atas berarti selaras, sesuai, tidak ada kontradiksi. Artinya, ucapan dan perbuatan selaras dan sesuai dengan tindakan yang dilakukan.

Baca juga: Arti Dedikasi

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa sikap konsisten akan memberikan dampak positif bagi semua orang, baik secara pribadi maupun bagi orang-orang di sekitarnya.

Pada umumnya mereka yang konsisten menyadari bahwa dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan keputusan yang telah dibuat, dan menyadari bahwa kegagalan bisa saja terjadi bila mereka tidak beradaptasi, kurang pengalaman, dan kurang pengetahuan. Inilah yang membuat orang-orang konsisten selalu bertindak hati-hati, terus belajar, dan beradaptasi dengan perubahan.

Itulah penjelasan ringkas mengenai arti konsisten, ciri-ciri orang yang konsisten, serta contoh sikap konsisten yang dilakukan oleh seseorang. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, kamu menjadi pribadi yang konsisten, baik dalam belajar, bekerja, dan kegiatan lainnya. Semoga bermanfaat.