Beranda Ekbis Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, dan Jenis Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, dan Jenis Kegiatan Ekonomi

Pengertian Kegiatan Ekonomi
Ilustrasi Kegiatan Ekonomi

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Pengertian Kegiatan Ekonomi adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Definisi kegiatan ekonomi dapat juga diartikan sebagai upaya yang dilakukan manusia untuk mencapai suatu tingkatan kesejahteraan atau kemakmuran dalam hidup.

Secara umum, kegiatan ekonomi tersebut terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Masing-masing kegiatan tersebut (produksi, distribusi, dan konsumsi) saling terkait dan tidak terpisahkan satu dengan lainnya.

Baca juga: Pengertian Ekonomi

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Secara umum tujuan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi segala kebutuhan manusia di dalam hidupnya, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Dalam upaya untuk memenuhi tujuan kegiatan ekonomi tersebut, manusia melakukan berbagai hal. Mulai dari memproduksi barang atau jasa, melakukan proses distribusi produk, hingga penggunaan (konsumsi) terhadap produk tersebut.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi. Mengacu pada pengertian kegiatan ekonomi berikut ini adalah beberapa jenis kegiatan ekonomi secara umum:

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi adalah suatu aktivitas atau pekerjaan yang dapat menghasilkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa. Dengan adanya kegiatan produksi maka diharapkan barang/ jasa yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Pelaku kegiatan produksi ini biasanya disebut dengan produsen dimana tujuan dari kegiatan produksi adalah untuk memperoleh keuntungan dari barang/ jasa yang dihasilkan. Contoh kegiatan produksi misalnya perusahaan pembuat roti yang menghasilkan berbagai produk roti untuk memenuhi permintaan pasar.

Beberapa jenis barang yang dihasilkan dari kegiatan produksi adalah:

  • Barang mentah
  • Barang setengah jadi
  • Barang jadi

Baca: Pengertian Produksi

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar luas ke masyarakat yang membutuhkan.

Tujuan dari kegiatan distribusi ini adalah untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan memastikan produk diterima oleh konsumen dengan baik.

Pihak yang melaksanakan kegiatan distribusi biasanya disebut dengan distributor atau penyalur, dimana umumnya merupakan pedagang besar. Contoh kegiatan distribusi misalnya distributor beras, agen surat kabar, agen penyalur bahan makanan mentah, dan lain-lain.

Adapun beberapa aktivitas dalah kegiatan distribusi adalah sebagai berikut:

  • Pembelian dari produsen
  • Pengangkutan barang
  • Pengepakan (pengemasan)
  • Penjualan ke pedagang pesar (grosir)
  • Penyimpanan di gudang
  • Standarisasi mutu barang
  • Klasifikasi barang
  • Promosi barang
  • Penyaluran barang

Baca juga: Pengertian Distribusi

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah aktivitas penggunaan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen. Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hidupnya.

Pelaku kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen dimana semua aktivitasnya adalah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Beberapa contoh kegiatan konsumsi misalnya membeli makanan dan minuman di restoran, membeli pakaian di toko, membeli gadget, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa pelaku utama kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

  • Rumah tangga keluarga
  • Pemerintah
  • Industri atau perusahaan

Baca juga: Pengertian Konsumsi

Contoh Kegiatan Ekonomi

Ada banyak sekali contoh kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kita. Semua kegiatan ekonomi tersebut memiliki dampak besar bagi kehidupan bermasayarakat. Artinya, satu kegiatan ekonomi akan mempengaruhi kegiatan ekonomi lainnya.

Untuk melengkapi artikel ini, berikut adalah beberapa contoh sederhana kegiatan ekonomi yang sering berlangsung sehari-hari:

No.KegiatanJenisPihak yang DiuntungkanKeuntungan yang Didapatkan
1Bertani/ Berkebun/ BerladangProduksiMasyarakat yang membutuhkan bahan makananKebutuhan primer (makan) dapat terpenuhi
2Menjual PakaianDistribusiMasyarakat yang membutuhkan pakaianKebutuhan sekunder (sandang) terpenuhi
3Makan nasi, sayur, dan buahKonsumsiPedagang bahan makanan dan masyarakat yang membutuhkan makananPedagang mendapatkan uang, dan pembeli mendapatkan bahan makanan
4Menjual semenDistribusiMasyarakat yang sedang membuat bangunanProses pembangunan menjadi lancar
5Menangkap ikan di lautProduksiMasyarakat yang membutuhkan laukKebutuhan akan lauk dan protein dapat terpenuhi

Baca juga: Pengertian Prinsip Ekonomi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian kegiatan ekonomi, tujuannya, serta beberapa jenis kegiatan ekonomi secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.