Beranda Ekbis Pengertian Konsumsi: Ciri-Ciri, Tujuan, Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

Pengertian Konsumsi: Ciri-Ciri, Tujuan, Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

Pengertian Konsumsi

Pengertian Konsumsi Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan konsumsi? Pengertian Konsumsi adalah suatu kegiatan manusia yang menggunakan dan mengurangi daya guna suatu barang dan jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepuasan manusia, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus.

Konsumsi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia. Pelaku kegiatan konsumsi ini disebut dengan konsumen (individu maupun organisasi), sedangkan produk yang dikonsumsi adalah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen.

Tujuan utama kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga kepuasan. Pada masyarakat yang masih tradisional, umumnya kegiatan konsumsi adalah untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Sedangkan pada masyarakat modern, kegiatan konsumsi mereka bukan hanya untuk mempertahankan hidup, tapi juga untuk kesenangan dan harga diri.

Baca juga: Perilaku Konsumen

Pengertian Konsumsi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti konsumsi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. N. Gregory Mankiw

Menurut Gregory Mankiw (2007), pengertian konsumsi adalah pembelanjaan barang dan jasa oleh rumah tangga. Yang dimaksud dengan barang adalah barang rumah tangga yang sifatnya tahan lama meliputi, perlengkapan, kendaraan, dan barang yang tidak tahan lama, contohnya makanan dan pakaian. Pembelanjaan jasa yang dimaksud adalah barang yang tidak berwujud konkrit, contohnya pendidikan.

2. T. Gilarso

Menurut T. Gilarso (2003), pengertian Konsumsi adalah titik pangkal dan tujuan akhir dari seluruh kegiatan ekonomi masyarakat.

3. Kamus Besar Ekonomi (KBBI)

Menurut Kamus Besar Ekonomi (KBBI), arti kata konsumsi adalah tindakan manusia untuk menghabiskan atau mengurangi kegunaan (utility) suatu benda baik secara langsung atau tidak langsung – pada pemuasan terakhir dari kebutuhannya.

Baca juga: Pengertian Produksi

Ciri-Ciri Kegiatan Konsumsi

Kita dapat membedakan kegiatan ekonomi berdasarkan karakteristiknya. Adapun ciri-ciri kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan dilakukan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan hidup manusia.
  • Produk yang dikonsumsi memiliki nilai manfaat bagi manusia.
  • Produk (barang dan jasa) yang digunakan dapat berkurang atau habis.
  • Produk yang dikonsumsi merupakan barang ekonomi yang didapatkan dengan pengorbanan, misalnya membelinya.

Tujuan Kegiatan Konsumsi

tujuan konsumsi

Mengacu pada pengertian konsumsi di atas, semua kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Adapun beberapa tujuan kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

1. Pemenuhan Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Tujuan utama kegiatan konsumsi dilakukan manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya. Kebutuhan jasmani misalnya makan/ minum, olah raga, dan lainnya. Sedangkan kebutuhan rohani misalnya hiburan, beribadah, membaca buku, dan lain-lain.

2. Memakai Nilai Guna Suatu Barang Sekaligus

Artinya, barang yang nilai gunanya habis sekaligus ketika digunakan oleh manusia. Contohnya, makanan dan minuman yang tidak dapat bertahan lama dan harus dihabiskan sekaligus.

3. Memakai Nilai Guna Barang Secara Bertahap

Artinya, barang atau jasa yang nilai gunanya akan berkurang secara bertahap ketika digunakan oleh manusia. Dengan kata lain, barang dan jasa ini dapat bertahan lama, misalnya komputer, meja, mobil, motor, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

Kegiatan konsumsi dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam kehidupan manusia. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:

1. Penghasilan

Pengahasilan atau pendapatan seseorang berpengaruh besar terhadap tingkat konsumsi seseorang atau organisasi. Semakin besar penghasilan seseorang maka orang tersebut akan mengkonsumsi lebih banyak barang/ jasa, begitu juga sebaliknya.

2. Tingkat Pendidikan

Pendidikan sangat mempengaruhi pola pikir seseorang dalam melakukan kegiatan konsumsi. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, umumnya tingkat konsumsinya juga akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.

3. Harga Barang dan Jasa

Harga barang dan jasa dapat mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang. Semakin tinggi harga barang dan jasa, maka tingkat konsumsi akan semakin rendah, dan begitu juga sebaliknya.

4. Jumlah Keluarga

Keluarga yang jumlah anggotanya lebih besar akan membuat tingkat konsumsinya semakin besar, begitu juga sebaliknya.

5. Jenis Kelamin

Kebutuhan barang/ jasa antara pria dan wanita tentunya sangat berbeda. Hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi.

6. Selera dan Gaya

Sebagian orang memiliki selera dan gaya yang lebih baik, baik dalam hal berbusana maupun hal lainnya. Hal ini membuat tingkat konsumsi mereka menjadi lebih tinggi ketimbang mereka yang kurang memperhatikan gaya.

7. Adat Istiadat dan Kebiasaan

Kebiasaan dan adat istiadat di suatu daerah juga mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakatnya.

Baca juga: Pengertian Pelaku Ekonomi

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai pengertian konsumsi, tujuan, ciri-ciri, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.