Pengertian Rehabilitasi: Memahami Apa Itu Rehabilitasi

Rehabilitasi adalah sebuah istilah yang sering digunakan pada bidang medis. Namun istilah ini juga banyak digunakan dalam bidang lainnya yang berhubungan dengan perbaikan atau pemulihan sesuatu.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas secara ringkas mengenai istilah ini, di antaranya:

  • Pengertian rehabilitasi (rehabilitation), baik secara umum maupun menurut beberapa ahli.
  • Jenis-Jenis Rehabilitasi.
  • Sasaran Rehabilitasi.
  • Fungsi dan Tujuan Rehabilitasi.

Sebagai catatan, artikel ini lebih membahas rehabilitasi dalam kaitannya dengan pemulihan individu (manusia). Yuk simak artikelnya sampai akhir, supaya kamu lebih mengerti apa yang dimaksud dengan rehabilitasi.

Pengertian Rehabilitasi

Menurut asal katanya, rehabilitasi (rehabilitation) berasal dari bahasa Latin rehabitare. Kata “re” berarti “lagi”, dan kata “habitare” berarti “cocok” atau “pas”.

Mengacu pada asal katanya tersebut, pengertian rehabilitasi adalah tindakan memulihkan/ mengembalikan sesuatu ke keadaan semula atau pemulihan menuju ke keadaan normal.

Dalam kaitannya dengan pemulihan individu, rehabilitasi adalah proses membantu seseorang mencapai tingkat fungsi, kemandirian, dan kualitas hidup setinggi mungkin.

Jadi, rehabilitasi tidak membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh penyakit atau trauma, tetapi membantu memulihkan individu ke kesehatan, fungsi, dan kesejahteraan yang optimal.

Kata rehabilitasi sering digunakan dalam banyak hal, misalnya;

  • Kesehatan; rehabilitasi kesehatan (misalnya fisioterapi).
  • Sosial; rehabilitasi sosial (misalnya mengembalikan nama baik seseorang).
  • dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, seseorang mengalami patah tulang karena kecelakaan dan melalui masa pengobatan atau penyembuhan. Setelah sembuh, orang tersebut masuk pada tahap pemulihan dengan fisioterapi agar kembali normal. Masa pemulihan itulah yang disebut dengan rehabilitasi.

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli

Supaya kamu lebih memahami apa arti rehabilitasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti rehabilitasi adalah pemulihan kepada kedudukan (keadaan, nama baik) yang dahulu (semula), perbaikan anggota tubuh yang cacat dan sebagainya atas individu (misalnya pasien rumah sakit, korban bencana) supaya menjadi manusia yang berguna dan memiliki tempat dalam masyarakat.

2. Ferius Soewito

Menurut Ferius Soewito, rehabilitasi adalah segala upaya, baik dalam bidang kesehatan, kejiwaan, sosial, pendidikan, ekonomi, maupun bidang lainnya yang di koordinir menjadi proses yang berkelanjutan, bertujuan untuk memulihkan tenaga penderita cacat baik jasmani maupun rohani, untuk menduduki kembali tempat di masyarakat sebagai anggota penuh yang swasembada, produktif dan berguna bagi masyarakat.

3. Victoria Renwick dan Steven Freifeld

Menurut Renwick dan Freifeld, arti rehabilitasi adalah suatu kegiatan multidisipliner yang memfungsikan kembali aspek-aspek fisik, emosi, kognisi, dan sosial sepanjang kehidupan individu sehingga mampu melakukan mobilitas, komunikasi, aktivitas harian, pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan di waktu luang.

4. Kim Burton and Gordon Waddell

Menurut Kim Burton and Gordon Waddell, rehabilitasi adalah proses identifikasi dan mengatasi masalah terkait masalah kesehatan, pekerjaan, hambatan personal psikologis ataupun sosial.

5. Howard A. Rusk

Menurut Rusk, pengertian rehabilitasi adalah suatu kegiatan memulihkan diri sendiri di mana keberhasilan dari rehabilitasi itu tergantung motivasi pasien dalam mengembangkan potensinya seoptimal mungkin, karena para ahli hanya dapat memberikan petunjuk, bimbingan, kemudahan fasilitas dan mendorong penderita untuk keberhasilan program rehabilitasi yang sedang dijalaninya.

Artikel lain: Kebugaran Jasmani

Jenis-Jenis Rehabilitasi

Istilah rehabilitasi banyak digunakan dalam kaitannya dengan upaya pemulihan individu (manusia), baik itu kesehatan, pendidikan, hingga hubungan sosial. Adapun beberapa jenis rehabilitasi adalah sebagai berikut:

1. Rehabilitasi Medis

Rehabilitasi medis diberikan kepada individu yang mengalami masalah pada koordinasi gerak, sensorik motor, komunikasi, dan penyesuaian sosial.

Beberapa contoh yang termasuk dalam rehabilitasi medis di antaranya:

  • Fisioterapi
  • Ortotik prostetik
  • Terapi okupasi
  • Terapi wicara

2. Rehabilitasi Pendidikan

Rehabilitasi pendidikan diberikan kepada individu yang membutuhkan layanan khusus di bidang pendidikan. Misalnya; membaca, menulis, berhitung.

3. Rehabilitasi Sosial

Rehabilitas sosial adalah suatu tindakan pemulihan atau pemberian pelayan baik secara mental, fisik, maupun sosial terhadap pengguna narkotika, penyandang cacat, lanjut usia terlantar.

4. Rehabilitasi Berbasis Masyarakat

Jenis rehabilitasi ini bertujuan untuk memulihkan fungsi individu yang mengalami hambatan, baik secara psikologis, mental, fisik, maupun sosial. Dengan adanya RBM, diharapkan individu tersebut dapat lebih mandiri dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya.

5. Rehabilitasi Vokasional

Rehabilitasi vokasional adalah serangkaian kegiatan berupa bimbingan vokasional (vocational guidance), latihan kerja (vocational training), dan penempatan selektif (selective placement), yang diadakan agar penyandang disabilitas memperoleh kepastian dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Proses rehabilitasi ini dilakukan secara berkesinambungan dan terkoordinasi.

6. Rehabilitasi Dalam Keluarga

Rehabilitasi atau proses pemulihan dalam keluarga dilakukan oleh anggota keluarga terhadap anggota keluarga lainnya yang mengalami masalah atau gangguan.

Dalam pelaksanaannya, anggota keluarga yang sehat diberikan pelatihan terlebih dahulu oleh tenaga profesional tertentu. Dan dalam melakukan proses rehabilitasi tersebut harus di bawah pengawasan dan bimbingan tenaga profesional.

Sasaran Rehabilitasi

Dalam hal ini, sasaran dalam rehabilitasi adalah manusia (insan) yang mengalami gangguan atau hambatan. Beberapa hal yang menjadi gangguan dalam diri objek rehabilitasi di antaranya:

1. Mental

Ini berkaitan dengan akal, pikiran, ingatan, dan proses berasosiasi dengan hal tersebut. Sebagai contoh, sulit berkonsentrasi, cepat lupa, malas berpikir, dan lain-lain.

2. Kerohanian

Kerohanian atau spiritualitas adalah hal-hal yang berkaitan dengan ruh, jiwa, religiusitas, keimanan, dan nilai-nilai transendental di dalam diri seseorang.

3. Moral

Dalam hal ini moral adalah sesuatu yang berhubungan dengan prinsip-prinsip tingkah laku; akhlak, budi pekerti, dan mental, yang membentuk karakter dalam diri seseorang sehingga dapat menilai dengan benar apa yang baik dan buruk.

4. Jasmaniah

Jasmaniah atau fisik adalah hal-hal yang berkaitan dengan tubuh atau badan dari objek rehabilitas. Kesehatan jasmani dan rohani sangat berkaitan, sehingga kesehatan jiwa/ mental seseorang sering dinilai dari fisiknya.

Tujuan dan Fungsi Rehabilitasi

Dari penjelasan pengertian rehabilitasi dapat kita pahami bahwa sebenarnya tujuan rehabilitasi adalah untuk memulihkan kondisi seseorang ke keadaan semula atau setidaknya yang paling optimal.

Rehabilitasi juga bertujuan agar pasien sembuh secara berkelanjutan dan holistik sehingga bisa kembali ke masyarakat dalam kondisi yang paling optimal, baik secara fisik maupun mental.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui beberapa fungsi dari rehabilitasi, yaitu:

1. Fungsi Pemahaman

Bertujuan untuk memberikan pengertian mengenai manusia dan masalah dalam hidupnya, serta cara mengatasi masalah hidup dengan lebih baik. Fungsi ini sangat penting bagi mereka yang mengalami gangguan mental atau yang berhubungan dengan batin.

2. Fungsi Pengendalian

Fungsi ini penting dalam proses rehabilitasi agar pasien bisa tetap pada jalur yang benar, baik, dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan adanya fungsi ini, individu dapat memahami eksistensi dan esensi dirinya sehingga dapat berpikir positif dan harmonis dalam bersosialisasi.

3. Fungsi Analisis

Dengan ilmu rehabilitasi, maka kita dapat melakukan analisis tentang berbagai hal, peristiwa, dan perkembangan yang ada di masyarakat.

4. Fungsi Pencegahan

Memahami dan mengaplikasikan ilmu rehabilitasi dapat memungkinkan seseorang melakukan pencegahan dan terhindar dari keadaan yang membahayakan dirinya, baik secara fisik, mental, maupun spiritualnya.

5. Fungsi Penyembuhan/ Perawatan

Rehabilitasi dapat membantu seseorang dalam proses penyembuhan, perawatan, dan pemulihan dari gangguan atau masalah kesehatan, baik itu fisik maupun mental.

Baca juga: Manajemen Stres

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa rehabilitasi adalah suatu tindakan memulihkan seseorang ke kesehatan atau kehidupan normal melalui pelatihan dan terapi khusus.

Umumnya orang membutuhkan rehabilitasi setelah mengalami kecelakaan, operasi, kecanduan, gangguan mental, dan masalah kesehatan lainnya untuk memulihkan kondisi mereka.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian rehabilitasi, jenis-jenis, sasarannya, serta fungsi dan tujuannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Tinggalkan Komentar Kamu