Pengertian Media: Memahami Apa Itu Media, Fungsi, dan Jenis-Jenis Media

Istilah media adalah bentuk jamak dari kata medium dan dapat berperan sebagai kata kerja jamak atau tunggal. Lalu sebenarnya apa pengertian media, dan apa saja jenis media di sekitar kita?

Pada artikel ini akan dibahas secara ringkas beberapa terkait kata “media”, di antaranya:

  • Penjelasan apa itu media, baik pengertiannya secara umum maupun menurut para ahli.
  • Fungsi media dalam kaitannya dengan informasi dan komunikasi.
  • Jenis-jenis media yang ada di sekitar kita.

Yuk baca artikelnya sampai selesai agar kamu lebih memahami apa yang dimaksud dengan media.

Pengertian Media Adalah

Secara etimologis kata “media” berasal dari bahasa Latin, yaitu “medius” yang artinya tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Indonesia kata medium mengandung arti antara (menyatakan posisi) atau sedang (menyatakan ukuran).

Istilah “media” pada umumnya merujuk pada sesuatu yang dijadikan sebagai wadah, alat, atau sarana untuk melakukan komunikasi.

Jadi secara umum, pengertian media adalah suatu alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan.

Pendapat lain mengatakan arti media adalah segala bentuk saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Dengan kata lain, media dapat didefinisikan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan.

Baca juga: Pengertian Berita

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu media, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Syaiful Bahri Djamarah

Menurut Syaiful Bahri Djamarah, pengertian media adalah suatu alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.

2. Arif S. Sadirman

Menurut Arif S Sadirman, pengertian media adalah segala alat fisik yang dapat penyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

3. Ahmad Rohani

Menurut Ahmad Rohani, media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera manusia dan berfungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk proses komunikasi.

4. Leslie J. Briggs

Menurut Leslie J. Briggs, arti media adalah suatu alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi. Media dapat berupa video, gambar, buku, televisi, dan lain sebagainya.

5. Santoso S. Hamijaya

Menurut Santoso S. Hamijaya, pengertian media adalah segala bentuk perantara yang digunakan seseorang untuk menyampaikan pesan sehingga sampai kepada penerimanya.

Baca juga: Pengertian Rubrik

Fungsi Media Secara Umum

Pengertian Media Adalah

Seperti yang disebutkan di paragraf awal, penggunaan istilah “media” dapat digunakan pada berbagai bidang, misalnya media informasi, media pembelajaran, dan lainnya. Secara umum, suatu media memiliki fungsi yang sama, beberapa diantaranya adalah:

  • Sebagai sarana informasi kepada masyarakat.
  • Membantu mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
  • Sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan kepada khalayak.
  • Sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial.
  • Sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat secara umum, dan bagi para siswa secara khusus.
  • Sebagai sarana untuk melakukan pengawasan atau kontrol sosial bagi masyarakat.

Baca juga: Pengertian Pers

Jenis-Jenis Media

Jenis-Jenis Media

Pada dasarnya jenis dan bentuk media ada banyak sekali. Menurut Rudi Bretz (Media Pembelajaran, 2008:52) beberapa jenis media adalah sebagai berikut:

1. Media Audio

Pengertian media audio adalah jenis media yang melibatkan indera pendengaran (telinga) yang memanipulasi kemampuan suara. Pesan yang dapat disampaikan dalam media audio adalah pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) dan pesan non-verbal (musik, vokalisasi, bunyi-bunyian lainnya).

2. Media Visual

Media visual adalah jenis media yang melibatkan indera penglihatan (mata). Beberapa media visual diantaranya:

  • Media visual verbal; media visual yang berisi pesan verbal atau pesan linguistik berbentuk tulisan. Misalnya buku, majalah, surat kabar, dan lainnya.
  • Media visual grafis; media visual yang berisi pesan non-verbal dimana pesan berupa simbol-simbol atau unsur-unsur grafis. Misalnya sketsa, foto, gambar, diagram, peta, dan lainnya.
  • Media visual non-cetak; media visual yang berisi pesan dalam bentuk tiga dimensi. Misalnya diorama, miniatur, model, mock up, dan specimen.

3. Media Audio Visual

Media audio visual adalah jenis media yang melibatkan indera pendengaran dan indera penghlihatan secara bersamaan dalam satu proses. Pesan yang disalurkan pada jenis media ini bersifat verbal dan non-verbal. Misalnya film drama, film dokumenter, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Artikel

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian media adalah suatu saluran komunikasi yang digunakan untuk menyebarkan informasi, berita, pendidikan, hiburan, data, atau pesan promosi.

Media mencakup banyak saluran penyiaran, seperti; internet, majalah, televisi, radio, billboard, fax, dan telepon.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai istilah media, mulai dari pengertiannya, fungsi, serta beberapa jenis media yang sering digunakan dalam proses penyampaian pesan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.