Beranda Umum Pengertian Berita: Arti, Ciri-Ciri, Syarat, Struktur, dan Jenis Berita

Pengertian Berita: Arti, Ciri-Ciri, Syarat, Struktur, dan Jenis Berita

Pengertian Berita Adalah

Pengertian Berita Adalah

Apa yang dimaksud dengan berita (news)? Secara umum, pengertian berita adalah suatu informasi atau laporan tentang hal yang sedang/ telah terjadi dimana penyampaiannya dilakukan melalu media cetak, siaran TV, radio, media online, maupun dari mulut ke mulut kepada khalayak umum.

Pendapat lain mengatakan arti berita adalah suatu laporan informasi fakta terbaru dan penting mengenai peristiwa terkini yang disampaikan kepada masyarakat melalui berbagai media, seperti surat kabar, Televisi, radio, media online, dan berbagai media lainnya.

Pada umumnya isi berita yang disampaikan kepada masyarakat adalah informasi terbaru/ terkini, atau fakta-fakta terbaru mengenai sesuatu yang terjadi di masa lalu juga dapat dijadikan berita. Selain menyampaikan informasi, tujuan lain dari berita adalah untuk mempengaruhi masyarakat terkait isu yang diangkat di dalam berita tersebut.

Penyampaian berita harus terdapat unsur-unsur berikut ini:

  • What, apa yang terjadi dalam suatu peristiwa?
  • Who, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
  • Where, di mana peristiwa tersebut terjadi?
  • When, kapan peristiwa tersebut terjadi?
  • Why, mengapa peristiwa tersebut terjadi?
  • How, bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut?

Baca juga: Pengertian Informasi

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu berita, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, pengertian berita adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembacanya.

2. Mickhel V. Charniey

Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5), pengertian berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka.

3. Willard C. Bleyer

Menurut Willard C. Bleyer (Romli, 2009:35), berita adalah informasi terkini yang di pilih oleh wartawan untuk dimuat dalam suatu media sehingga menarik minat bagi pembaca.

4. William S Maulsby

Menurut William S Maulsby, pengertian berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.

5. J.B. Wahyudi

Menurut J.B. Wahyudi, arti berita adalah suatu laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru, dan dipublikasikan melalui media massa periodik.

6. Amak Syarifuddin

Menurut Amak Syarifuddin, berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.

Baca juga: Arti Literasi

Ciri-Ciri Berita yang Baik

Informasi dalam bentuk berita memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan bentuk informasi lainnya. Adapun ciri-ciri berita adalah sebagai berikut:

  1. Suatu berita berisi informasi aktual dan terkini yang dianggap bermanfaat bagi khalayak umum.
  2. Isi berita dapat menarik perhatian masyarakat sehingga dalam penyajiannya membutuhkan teknik penyampaian tersendiri.
  3. Informasi yang disampaikan dalam berita sesuai fakta sehingga publik dapat mempercayainya.
  4. Isi berita disampaikan dengan jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana atau mudah dimengerti.

Baca juga: Pengertian Data

Syarat-Syarat Suatu Berita

Berita yang dianggap bermanfaat dan sesuai dengan kode etik jurnalistik harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Adapun beberapa syarat berita adalah sebagai berikut:

  1. Sesuai Fakta, informasi yang disampaikan dalam berita harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya di lapangan.
  2. Berita Aktual,  informasi yang disampaikan merupakan fakta terkini dimana jarak waktu antara kejadian dan penyiaran berdekatan.
  3. Berimbang, informasi yang disampaikan harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya, tidak memihak atau memojokkan suatu pihak untuk mempengaruhi masyarakat.
  4. Lengkap, informasi di dalam berita yang disampaikan harus lengkap sehingga tidak membuat masyarakat bingung.
  5. Sistematis, penyampaian isi informasi berita disusun secara sistematis sehingga masyarakat lebih mudah memahaminya.
  6. Akurat, isi berita harus melalui proses konfirmasi dari pihak terkait sehingga akurat dan tidak dibuat-buat untuk kepentingan tertentu.
  7. Menarik, cara penyampaian berita harus dibuat semenarik mungkin tanpa mengesampingkan tujuan utama dari berita tersebut, yaitu manfaatnya bagi pembaca/ pendengar.
  8. Mudah Dimengerti, penggunaan dan penyampaian kata di dalam berita harus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Struktur Bagian Berita

Secara umum, di dalam berita terdapat beberapa bagian yang menyusunnya menjadi satu kesatuan. Adapun struktur bagian berita adalah sebagai berikut:

  1. Headline, lebih kita kenal dengan judul berita yang berguna sebagai informasi awal tentang peristiwa yang diberitakan.
  2. Deadline, biasanya terdiri dari nama media, tempat peristiwa, dan tanggal peristiwa. Tujuan adanya deadline adalah untuk menjelaskan nama media serta tempat dan tanggal peristiwa yang diberitakan.
  3. Lead, lebih kita kenal dengan teras berita yang merupakan intisari dari suatu berita.
  4. Body, lebih dikenal dengan badan berita yang isinya menjelaskan peristiwa dengan bahasa yang ringkas, padat, dan jelas.

Baca juga: Pengertian Opini

Jenis-Jenis Berita

Jenis-Jenis Berita

Dalam dunia jurnalistik, berita dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Mengacu pada pengertian berita di atas, adapun jenis-jenis berita adalah sebagai berikut:

1. Straight News

Pengertian berita langsung (straight news) adalah suatu berita yang ditulis secara singkat dan lugas. Pada umumnya halaman depan surat kabar menggunakan berita langsung.

Jenis berita langsung dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Hard News; berita yang berisi informasi mengenai peristiwa khusus yang terjadi secara tiba-tiba. Dengan kata lain, informasi yang disampaikan sangat penting untuk segera diketahui khalayak.
  • Soft News; berita yang berisi informasi pendukung dan nilainya di bawah hard news.

2. Depth News

Pengertian berita mendalam (dept news) adalah suatu berita yang mengalami pengembangan dengan mendalami berbagai hal yang terdapat di dalam informasi dasar.

3. Investigation News

Berita investigasi adalah berita yang mengalami pengembangan berdasarkan hasil penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber informasi.

4. Interpretative News

Interpretativ news adalah suatu berita yang dikembangkan dengan disertai penelitian dan pendapat dari penulis atau reporternya.

5. Opinion News

Berita opini adalah suatu berita yang menyampaikan informasi berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal. Pada umumnya, pendapat tersebut berasal dari seorang ahli, cendekiawan, atau pejabat.

Baca juga: Pengertian Artikel

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian berita, ciri-ciri, syarat, unsur, serta beberapa jenis berita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.