Beranda Sosial Pengertian Pers Secara Umum, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Pers

Pengertian Pers Secara Umum, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Pers

Pengertian Pers
Ilustrasi Pers

Pengertian Pers Secara Umum

Apa itu pers? Pengertian pers adalah lembaga sosial/ media massa yang melakukan aktivitas jurnalistik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, maupun grafik dengan memanfaatkan media cetak ataupun media elektronik dalam penyebarannya.

Pengertian pers dalam arti sempit adalah semua media dalam bentuk media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan berbagai buletin kantor berita. Sedangkan pers dalam arti luas meliputi semua media massa yang ada seperti, media online, radio, televisi, media cetak, dan radio.

Secara etimologi kata pers berasal dari bahasa Inggris, yaitu Press, yang artinya tekanan, menekan, mesin pencetak. Dalam hal ini press didefinisikan sebagai mesin cetak sehingga menghasilkan karya tulis yang dicetak dalam lembaran kertas.

Pengertian Pers menurut UU No. 40/ 1999 adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memiliki, memperoleh, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, gambar dan suara, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media elektronik, media cetak dan segala jenis saluran yang tersedia.

Artikel terkait: Pengertian Manajemen Pers

Pengertian Pers Menurut Para Ahli dan Tokoh

Beberapa tokoh dan ahli pernah menjelaskan mengenai definisi pers secara luas, diantaranya adalah:

1. Kustadi Suhandang

Menurut Kustadi Suhandang pengertian Pers adalah seni atau keterampilan dalam mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita mengenai peristiwa yang terjadi sehari-hari, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya.

2. J.C.T Simorangkir

Menurut J.C.T Simorangkir pengertian pers adalah pengertian pers dalam arti sempit dan pengertian pers dalam arti luas. Dalam hal ini pengertian pers dalam arti sempit adalah hanya terbatas pada surat-surat kabar harian, mingguan, dan majalah.

Pengertian pers dalam arti luas tidak hanya sebatas surat kabar, majalah, tabloid mingguan, tapi mencakup juga radio, televisi dan film.

3. Marshall McLuhan

Menurut Marshall McLuhan pengertian pers adalah sesuatu yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya dan peristiwa satu dengan peristiwa lain dalam satu momen yang bersamaaan.

4. Raden Mas Djokomono

Menurut Raden Mas Djokomono arti Pers adalah sesuatu yang membentuk pendapat umum melalui tulisan dalam surat kabar.

5. Oemar Seno Adji

Menurut Oemar Seno Adji definisi pers adalah pers dalam arti yang sempit dan juga pers di dalam arti yang luas. Dimana definisi pers adalam arti sempit adalah penyiaran gagasan serta perasaan seseorang dengan cara yang tertulis.

Sedangkan pers dalam arti luas adalah penyampaian buah pikiran atau juga gagasan serta perasaan seseorang baik dengan menggunakan kata-kata yang tertulis ataupun lisan yang menggunakan semua alat media komunikasi yang ada.

6. Frederich S. Siebert

Menurut Frederich S. Siebert pengertian pers adalah semua media komunikasi massa yang memenuhi sebuah persyaratan publisistik ataupun tidak dan juga media komunikasi massa yang memenuhi persyaratan publisistik yang tertentu.

7. L. Taufik

Menurut L. Taufik pengertian pers adalah usaha-usaha dari alat komunikasi massa untuk memenuhi kebutuhan anggota-anggota masyarakat terhadap penerangan, hiburan, keinginan mengetahui peristiwa-peristiwa, atau berita-berita yang telah atau akan terjadi di sekitar mereka khususnya dan di dunia umumnya.

8. Weiner

Menurut Weiner definisi pers memiliki tiga arti. Pertama, wartawan media cetak. Kedua, publisitas atau peliputan. Ketiga, mesin cetak-naik cetak.

Baca juga: Pengertian Kampanye

Fungsi Pers Menurut Para Ahli

Fungsi Pers

Secara umum, fungsi dan peranan pers adalah sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, sebagai lembaga ekonomi, dan sebagai media kontrol sosial.

Namun, menurut Harold D. Lasswell dan Charles R. Wright (ahli komunikasi media massa), ada tiga fungsi pers, yaitu:

1. Sebagai Alat Pengamat Sosial (Social Surveillance)

Pers atau media massa merupakan lembaga yang mengumpulkan dan menyebarkan berbagai informasi dan pemahaman yang objektif terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

2. Sebagai Alat Sosialisasi (Sosialization)

Pers atau media massa dapat berfungsi sebagai alat sosialisasi mengenai nilai-nilai sosial dan mewariskannya dari satu generasi ke genarasi berikutnya.

3. Sebagai Alat Korelasi Sosial (Social Correlation)

Pers juga dapat berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai kelompok sosial yang ada di masyarakat. Hal ini bisa tercapai dengan cara menyebarkan berbagai pandangan yang ada sehingga tercapai suatu konsensus.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Ciri-Ciri Pers Pada Umumnya

Ciri-Ciri Pers

Mengacu pada definisi pers di atas, pers dapat dikenali melalui beberapa karakteristik tertentu. Berikut ini adalah ciri-ciri pers pada umumnya:

1. Periodisitas

Sebuah lembaga dapat disebut pers bila dapat menerbitkan informasi dan berita secara teratur dan periodik. Periodisitas mengedepankan jadwal terbit, irama terbit, dan konsistensi.

2. Publisitas

Pers harus bisa menyebarkan berita atau informasi kepada khalayak dengan sasaran yang heterogen, baik dari sisi psikografis maupun geografis.

3. Aktualitas

Semua berita dan informasi yang dipublikasi oleh pers harus mengandung unsur kebaruan, menunjukkan peristiwa yang baru dan sedang terjadi.

4. Universalitas

Artinya kita melihat pers dari sumber dan keanekaragaman materi yang ada di dalamnya. Pada umumnya pers menyuguhkan banyak informasi, namun selalu ada topik yang menjadi tajuk utama.

5. Objektivitas

Ini adalah nilai moral dan etikan yang harus dijunjung tinggi oleh semua media massa dalam menjalankan profesinya, baik itu media cetak maupun media online.

Baca juga: Pengertian Manajemen Komunikasi

Jenis-Jenis Pers/ Media Massa

Jenis-Jenis Pers

Secara umum jenis media massa dapat dibagi menjadi dua, yaitu media massa tradisional dan media massa modern. Berikut penjelasannya:

1. Media Massa Tradisional

Pers atau media massa tradisional adalah semua media massa dengan otoritas dan punya organisasi yang jelas sebagai media. Beberapa media massa tradisional adalah: surat kabar, majalah, radio, televisi, film, atau layar lebar.

Beberapa ciri media massa tradisional:

  • Adanya proses seleksi informasi, diterjemahkan dan didistribusikan
  • Pers atau media massa hanya sebagai perantara dan mengirim informasi melalaui saluran khusus
  • Penerima informasi merupakan bagian dari masyarakat dan dapat menyeleksi informasi yang diterima
  • Interaksi antara sumber berita dan penerima sangat sedikit.

2. Media Massa Modern

Media massa modern merupakan semua media yang memiliki otoritas dan merupakan organisasi media, dan juga media yang tidak punya otoritas. Sekarang ini ada banyak media massa modern, misalnya situs berita online, blog, media sosial, aplikasi chat, dan lain-lain.

Beberapa ciri media massa modern:

  • Sumber informasi dapat mentransmisikan pesannya kepada penerima, baik melalui internet maupun pesan SMS
  • Isi informasi atau pesan disediakan oleh banyak pihak, baik individu maupun organisasi (baca: pengertian organisasi)
  • Penyebaran informasi tidak melalui perantara, dan interaksi individu sering terjadi
  • Penerima informasi dapat menentukan waktu interaksi

Baca juga: Manajemen Pendidikan

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian pers, fungsi pers, ciri-ciri pers, dan jenis-jenis media massa. Semoga bermanfaat.

Loading...