Beranda Sosial Pengertian ADAB: Arti, dan Faktor yang Mempengaruhi Adab Manusia

Pengertian ADAB: Arti, dan Faktor yang Mempengaruhi Adab Manusia

Pengertian ADAB adalah

Pengertian Adab Adalah

Anda pasti pernah mendengar istilah manusia beradab, sebenarnya apa pengertian adab? Manusia beradab identik dengan individu yang beretika dan bertanggung jawab. Sayangnya, meskipun sering digunakan masih banyak orang yang bingung tentang apa itu adab. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pengertian adab, pentingnya dan faktor yang memengaruhinya.

Secara bahasa, pengertian adab adalah sebuah akhlak mulia dalam bentuk tingkah laku, tabiat atau aturan yang didasarkan pada norma maupun agama. Adab berasal dari bahasa arab yang artinya pendidikan atau mendidik.

Sedangkan menurut bahasa Yunani, adab artinya kebiasaan atau etika. Pada intinya, adab adalah sebuah perilaku yang menunjukkan kehalusan dan kebaikan budi pekerti; kesopanan; akhlak untuk mendidik diri sendiri agar menjadi orang yang paham aturan dan bertanggungjawab.

Baca juga: Pengertian Etika

Pentingnya Adab

Adab merupakan bagian dari akhlak mulia yang menuntun manusia untuk menjadi manusia beradab. Manusia beradab yang dimaksud di sini adalah seorang manusia bertanggungjawab terhadap kewajiban maupun haknya.

Nantinya, manusia beradab akan menjadi pribadi yang adil sehingga patut dijadikan sebagai pemimpin. Tak hanya itu, manusia beradab akan terus belajar dan memperbaiki diri untuk menyempurnakan akhlaknya.

Adab merupakan salah satu hal yang penting dalam menumbuhkan kecintaan kepada sang Pencipta maupun kepada manusia. Tak hanya itu, adab ini juga penting dalam mencegah manusia untuk berbuat buruk.

Baca juga: Pengertian Moral

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Adab

Pemahaman terkait adab memang tidaklah instan dan semuanya butuh proses. Selain itu, adab manusia sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Ajaran Agama

Agama pada dasarnya adalah pondasi dalam kehidupan sehari-hari maupun bekal hidup kedepannya. Mereka yang mendapatkan pendidikan agama yang tepat akan tahu betapa pentingnya adab dalam kehidupan.

Mereka yang beriman akan patuh terhadap aturan agamanya dan cenderung takut melakukan perbuatan buruk sehingga lebih mudah menanamkan adab. Bahkan, manusia yang patuh terhadap hukum syara hidupnya akan lebih tenteram, damai dan bahagia.

2. Adat-Istiadat

Adat-istiadat merupakan salah satu hal yang memengaruhi sikap manusia dan nantinya bisa berpengaruh pada adab. Adat-istiadat identik dengan sikap yang turun-temurun dan sudah dipertahankan sejak lama. Oleh karena itu, hal ini memengaruhi kebiasaan manusia sehari-hari.

Sayangnya, pada beberapa kondisi adat ini tidak sesuai dengan hukum maupun ajaran agama. Mereka cenderung membenarkan apa yang menurut mereka benar, bukan kebenaran sesungguhnya. Oleh karena itu, perlu untuk memilah setiap adat-istiadat yang ada dalam belajar menjadi manusia beradab.

3. Nafsu

Nafsu merupakan salah satu faktor pendorong manusia untuk mendapatkan sesuatu seperti makan, ambisi, hubungan biologis hingga kemewahan. Nah, nafsu manusia adalah hal yang paling sering menjerumuskan mereka terutama jika tidak dikendalikan oleh nurani ataupun berpegang teguh pada agama.

Untuk memperbaiki adab, manusia harus senantiasa mempertahankan nafsu baik pada jiwanya. Anda juga harus rajin menjalankan perintah dalam agama dan menjauhi larangannya.

4. Undang-Undang

Undang-undang merupakan sebuah aturan dasar dalam kehidupan bernegara. Aturan ini dibuat sebaik mungkin demi kemakmuran rakyatnya. Tidak adanya aturan undang-undang yang bersifat negatif. Oleh karena itu, manusia beradab tentu akan berperilaku sesuai dengan aturan undang-undang.

Baca juga: Pengertian Akhlak

Demikian ulasan singkat terkait pengertian adab, pentingnya adab, dan faktor yang berpengaruh dalam pembentukan manusia yang beradab. Pada dasarnya menjadi manusia beradab berarti mengikuti segala aturan baik dalam kehidupan beragama maupun bermasyarakat.