Beranda Marketing Pengertian Pameran: Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Pameran

Pengertian Pameran: Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Pameran

Pengertian Pameran Adalah

Pameran adalah salah satu cara untuk menampilkan suatu produk kepada masyarakat umum, baik untuk tujuan bertukar informasi maupun untuk negosiasi perdagangan. Lalu, sebenarnya apa pengertian pameran dan apa saja jenis-jenisnya?

Pada artikel ini akan dibahas secara ringkas beberapa hal seputar pameran, di antaranya:

  • Penjelasan apa yang dimaksud dengan pameran (exhibition), baik pengertiannya secara umum maupun menurut para ahli.
  • Tujuan dan manfaat pameran secara umum.
  • Jenis-jenis pameran.

Jika tertarik dengan topik ini, maka kamu harus membaca artikelnya sampai tuntas agar lebih paham apa itu pameran.

Pengertian Pameran Adalah

Secara etimologis, kata pameran atau eksibisi diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu exhibition. Secara sederhana, eksibisi adalah pertunjukan, peragaan, atau tontonan.

Secara umum, pengertian pameran adalah suatu kegiatan atau acara di mana satu atau lebih penjual memamerkan produknya (barang atau jasa) kepada sekelompok konsumen atau calon pembeli.

Pendapat lain mengatakan, pengertian pameran adalah suatu kegiatan yang menyajikan karya seni atau produk tertentu untuk dikomunikasikan pada khalayak sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Kegiatan pameran memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan acara lainnya, antara lain;

  • Pameran merupakan cara mengkomunikasikan suatu informasi secara kompleks, intuitif, visual, dan jelas.
  • Dalam pameran terjadi komunikasi langsung secara dua arah antara penyelenggara dengan publik.
  • Kegiatan pameran pada umumnya menarik bagi masyarakat umum sehingga sering digunakan perusahaan sebagai ajang pencitraan kepada publik.
  • Pameran merupakan kegiatan publik yang komprehensif berskala besar sehingga berpotensi menjadi berita.

Pameran merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan sebagai media untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat dalam bentuk karya seni, budaya, pendididkan, produk tertentu, dan lainnya.

Dengan kata lain, kegiatan pameran adalah suatu bentuk promosi yang dilakukan oleh produsen, organisasi, atau perkumpulan tertentu dengan menampilkan display produk kepada calon pembeli atau relasi.

Baca juga: Strategi Pemasaran

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu pameran, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Isabel Briggs Myers

Menurut Isabel Briggs Myers, pengertian pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri), dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

2. Evelina Lidia

Menurut Evelina Lidia, arti pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

3. Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Menurut Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun, pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

4. Frank William Jefkins

Menurut Frank William Jefkins, pengertian pameran adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua panca indera manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

5. Adi Irwanto

Menurut Adi Irwanto, pameran adalah salah satu cara untuk dapat menyajikan sebuah karya seni secara visual, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi.

Baca juga: Pengertian Poster

Tujuan Pameran

Pengertian Pameran Adalah

Pada dasarnya tujuan utama pameran adalah untuk menampilkan atau memamerkan suatu produk atau karya seni kepada khalayak serta mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan. Selain itu, adapun beberapa tujuan pameran adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Komersial

Kegiatan pameran untuk tujuan komersial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.

Mereka yang terlibat dalam pameran juga dapat menjual produk mereka ke konsumen yang tepat. Selain itu, perusahaan dapat mengakses konsumen secara individual dengan efektif dan efisien.

2. Mengumpulkan Informasi

Melalui kegiatan pameran, semua pihak dapat mengumpulkan dan memahami tren yang sedang berkembang di suatu industri. Dengan begitu, maka pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pameran dapat lebih memahami industri yang menjadi bidang bisnisnya.

3. Tujuan Kemanusiaan

Kegiatan pameran untuk kemanusiaan adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang ada di masyarakat.

Hasil penjualan karya dalam pameran tersebut disumbangkan untuk tujuan kemanusiaan, seperti korban bencana, panti asuhan, dan lainnya.

4. Tujuan Sosial

Kegiatan pameran untuk tujuan sosial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket maupun produk dalam pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.

Baca juga: Lembaga Sosial

Fungsi Pameran

Image via dailysocial.id

Dalam pelaksanaan pameran terdapat beberapa fungsi yang didapatkan oleh banyak pihak. Adapun beberapa fungsi pameran adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Edukasi

Fungsi pameran yang bermanfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat dalam memahami makna keahlian rohani manusia. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu menyeimbangkan ingatan dan pandangan manusia terhadap sekitarnya.

2. Fungsi Apresiasi

Fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi para seniman sehingga para pengunjung dapat memberikan apresiasi kepada seniman dan karyanya.

3. Fungsi Prestasi

Fungsi pameran yang membantu memacu para pencipta seni untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.

4. Fungsi Rekreasi

Fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media untuk relaksasi dan melepaskan diri dari tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras banyak energi dan pikiran.

Baca juga: Seni Rupa

Manfaat Pameran

Image via mandiricitra.com

Setelah memahami tujuan dan fungsi pameran, tentunya kita juga perlu mengetahui apa manfaat kegiatan pameran. Mengacu pada penjelasan fungsi dan tujuannya, berikut ini adalah beberapa manfaat pameran:

  • Sebaga sarana bagi para seniman dan pencipta karya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu produk atau karya seni yang berkualitas.
  • Sebagai sarana bagi masyarakat luas untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengapresiasi hasil karya orang lain.
  • Membantu masyarakat luas agar lebih mampu dalam menilai atau mengevaluasi suatu hasil karya secara objektif.
  • Memberikan lebih banyak pengalaman bagi para pencipta produk atau karya seni.
  • Sebagai sarana untuk melatih masyarakat dalam hal merencanakan dan menyelenggarakan suatu kegiatan.
  • Sebagai sarana untuk relaksasi dan penyegaran jiwa.

Baca juga: Pengertian Apresiasi

Jenis-Jenis Pameran

Secara umum, pameran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pameran dagang dan pameran berorientasi konsumen. Berikut ini penjelasan mengenai kedua jenis pameran tersebut:

A. Pameran Dagang

Pameran dagang adalah jenis pameran yang dirancang untuk industri tertentu, seperti manufaktur dan perdagangan. Tujuan utama kegiatan pameran ini adalah untuk saling bertukar informasi dan menegosiasikan perdagangan.

Biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang diundang untuk hadir dalam kegiatan pameran dagang. Sedangkan masyarakat umum biasanya jarang diterima.

Beberapa contoh pameran dagang yang pernah diselenggarakan:

  • East Food Indonesia, pameran makanan yang diselenggarakan di Surabaya pada Juni 2012.
  • IFFINA, pameran furnitur yang diselenggarakan di Jakarta pada Mare 2012.
  • Communic Asia, pameran IT dan Telekomunikasi yang diselenggarakan di Singapura pada Juni 2012.
  • Hongkong Fashion Week, pameran fashion dan asesoris yang diselenggarakan di Hongkong pada Juli 2012.

B. Pameran Berorientasi Konsumen

Pameran berorientasi konsumen adalah pameran yang melibatkan sejumlah industri berbeda yang memamerkan berbagai produknya kepada masyarakat umum.

Jenis pameran ini pada dasarnya menampilkan barang konsumsi untuk penjualan langsung. Pameran seperti ini juga dapat dirancang untuk menarik demografis tertentu, atau orang-orang dengan minat tertentu.

Beberapa contoh pameran berorientasi konsumen yang pernah diselenggarakan:

  • Big Bad Wolf Book Sale, pameran buku yang diselenggarakan di BSD Tangerang pada Maret 2020.
  • GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), pameran mobil yang diselenggarakan di BSD Tangerang pada Juli 2019.
  • Jakarta Smart Living Expo (JSMART), pameran teknologi yang diselenggarakan di Jakarta pada November 2019.

Selain itu, pameran juga dapat dibedakan berdasarkan lama waktu penyelenggaraannya, di antaranya:

1. Pameran Tetap

Pameran tetap adalah jenis pameran yang menyajikan berbagai karya koleksi Galeri Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara periodik berdasarkan konsep kuratorial dimana penyelenggaraannya dilaksakanan oleh Galeri Nasional Indonesia. Jenis pameran ini diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya 6 bulan sekali atau setahun sekali.

2. Pameran Temporer

Pameran temporer adalah jenis pameran yang dilakukan secara tunggal atau bersama dalam jangka waktu tertentu dengan menampilkan berbagai karya seni rupa yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerjasama dengan pihak lain. Jenis pemarena ini umumnya berlangsung minimal 10 hari dan maksimal 30 hari.

3. Pameran Keliling

Pameran keliling adalah jenis pameran yang menyajikan berbagai koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun dari luar yang diselenggarakan ke berbagai daerah di Indonesia atau luar negeri. Pameran ini diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerjasama dengan pihak lain dimana waktu penyelenggaraannya berlangsung minimal selama 10 hari.

Baca juga: Pengertian Seni Musik

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa pameran adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk memamerkan suatu produk, baik itu barang atau jasa yang dikonsumsi, karya seni, maupun hal lainnya kepada publik.

Secara konsep, kegiatan pameran bertujuan untuk menampilkan produk dari berbagai industri, baik itu hasil pertanian, karya seni, teknologi, buku, otomotif, properti, bisnis, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pameran, mulai dari pengertiannya, tujuan, fungsi, manfaat, serta beberapa jenis pameran. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.