Beranda Umum Seni Musik: Pengertian, Fungsi, Unsur, dan Jenis Seni Musik

Seni Musik: Pengertian, Fungsi, Unsur, dan Jenis Seni Musik

Seni Musik

Pengertian Seni Musik Adalah

Apa yang dimaksud dengan seni musik? Secara umum, pengertian seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan musik dan unsur-unsurnya sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan seorang seniman.

Pendapat lain mengatakan seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan suara sebagai sarana penyampaiannya dimana suara tersebut disusun sedemikin rupa sehingga memiliki irama, nada, lagu, dan keselarasan.

Melalui musik seorang seniman dapat mengekspresikan diri dan emosinya melalui suara yang dirangkai sedemikian rupa, baik dengan suara vokal maupun suara alat musik. Saat ini seni musik merupakan salah satu sarana hiburan yang sangat populer bagi masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: Pengertian Seni

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti seni musik, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian seni musik adalah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari gerakan rasa dalam satu deretan nada (melodi) yang memiliki irama.

2. David Ewen

Menurut David Ewen, seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni tentang pengkombinasian ritmik serta beberapa nada, baik vokal ataupun instrumen yang mencakup sebuah melodi serta harmoni sebagai ekspresi segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan lebih dalam dari sisi emosional.

3. Otti Jamalus

Menurut Otti Jamalus (1988 : 1), arti seni musik adalah sesuatu yang menghasilkan karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

4. Remy Sylado

Menurut Remy Sylado (1893 : 12), pengertian seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara/ nada yang berjiwa sehingga dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

5. Suhastjarja

Menurut Suhastjarja, seni musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.

Baca juga: Seni Rupa

Unsur-Unsur Seni Musik

Unsur Seni Musik

Musik terbentuk dari beberapa unsur penting di dalamnya sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Adapun unsur-unsur seni musik adalah sebagai berikut:

1. Melodi

Melodi adalah susunan rangkaian tiga nada atau lebih yang terdengar berurutan secara logis, memiliki irama, dan mengungkapkan gagasan.

2. Irama

Irama atau ritme adalah ukuran waktu atau tempo yang menentukan ketukan dalam keseluruhan musik. Irama terbentuk dari rangkaian bunyi dalam waktu yang berbeda sehingga membentuk pola irama.

3. Harmoni

Harmoni adalah perpaduan yang teratur antara melodi dan nada secara terus menerus sehingga menghasilkan keindahan komposisi musik.

4. Birama

Birama adalah unsur seni musik berupa ketukan atau ayunan secara berulang-ulang secara teratur dalam tempo yang sama. Biasanya ketuka birama ditulis dengan 2/4, 2/3, 3/4, dan seterusnya.

5. Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang dimana setiap nada terdapat jarak tertentu. Tangga nada terbagi dua, yaitu tangga nada diatonik (7 nada) dan pentatonik (5 nada).

6. Tempo

Tempo adalah tingkat kecepatan suatu musik yang ditentukan oleh banyaknya ketukan dalam satu menit (beat). Semakin cepat sebuah musik yang dimainkan maka nilai temponya akan semakin besar.

7. Dinamika

Dalam musik, dinamika adalah tingkatan lembut dan kerasnya suara musik ketika dimainkan sehingga tidak terdengar datar atau monoton.

8. Timbre

Timbre adalah kualitas atau warna suara dalam seni musik. Timbre sangat bergantung pada sumber suara dan cara bergetarnya suatu instrumen. Misalnya; dengan nada yang sama, timbre yang dihasilkan oleh piano akan berbeda dengan timbre gitar.

Baca juga: Pengertian Desain

Fungsi Seni Musik Secara Umum

Fungsi Musik

Semua jenis karya seni memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan manusia, demikian halnya dengan musik. Adapun fungsi seni musik adalah sebagai berikut:

  1. Sarana Mengekspresikan Diri; seorang seniman dapat mengekspresikan diri dan perasaannya melalui musik. Ekspresi dan perasaan seseorang dalam musik dapat diketahui melalui melodi dan tempo musik yang dimainkan.
  2. Sarana Komunikasi; suara yang dihasilkan dalam musik terdapat pola ritme yang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Misalnya dalam kegiatan upacara, suara dan pola ritme yang dibunyikan memiliki arti tertentu sehingga orang lain mengerti apa yang akan dilakukan.
  3. Sarana Kreativitas; setiap individu memiliki kreativitas di dalam dirinya dengan kadar tertentu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhannya. Bagi sebagian orang, musik adalah sarana untuk menyalurkan kreativitas mereka.
  4. Sarana Komersial; selain berfungsi sebagai sarana ekspresi diri, musik juga seringkali dijadikan sebagai sumber penghasilan/ komersial. Penghasilan tersebut bisa didapat dari penjualan CD musik atau dari kontrak tertentu yang didapat oleh seorang seniman.
  5. Sarana Pendidikan; Proses pendidikan sangat banyak melibatkan musik dalam proses pembelajaran. Misalnya dalam kegiatan upacara Bendera di sekolah, musik menjadi bagian penting dalam kegiatan tersebut.
  6. Sarana Terapi; Musik juga ternyata banyak digunakan sebagai sarana terapi bagi mereka yang mengalami gangguan mental atau masalah kesehatan lainnya. Hal tersebut dilakukan karena musik dapat memberikan efek relaksasi pada sistem otak manusia sehingga pikiran dan tubuh lebih tenang untuk memudahkan proses pemulihan.
  7. Sarana Tari; setiap tarian selalu diiringi oleh musik sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Tarian dan musik memiliki pola dan ritme yang sama sehingga keduanya saling melengkapi satu sama lainnya.
  8. Sarana Upacara; Dalam setiap upacara, musik selalu menjadi bagian penting dalam proses pelaksanaannya. Misalnya upacara pernikahan, keagamaan, kenegaraan, dan upacara lainnya.
  9. Sarana Hiburan; Musik tidak hanya dapat mengekspresikan perasaan para seniman, tapi juga menjadi sarana hiburan bagi orang yang mendengarkannya. Orang yang mendengarkan suatu jenis musik dapat merasakan emosi seorang seniman sehingga orang yang mendengarkannya merasa terhibur.

Baca juga: Pengertian Estetika

Jenis-Jenis Seni Musik

Jenis-Jenis Seni Musik

Musik mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan terdapat perbedaan jenis musik pada setiap masa. Adapun jenis-jenis musik adalah sebagai berikut:

1. Musik Tradisional

Musik tradisional adalah warisan nenek moyang setiap suku bangsa di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki instrumen musik yang berbeda-beda dan digunakan untuk keperluan yang berbeda pula.

Ciri-ciri musik tradisional:

  • Merupakan bagian dari budaya masyarakat.
  • Menggunakan instrumen musik khas daerah.
  • Menggunakan bahasa daerah dalam setiap syairnya.
  • Musik tradisional umumnya tidak memiliki notasi.
  • Dapat dipelajari secara lisan.

2. Musik Kontemporer

Musik kontemporer adalah jenis musik yang mulai memperkenalkan berbagai elemen musik baru yang belum digunakan pada periode sebelumnya. Jenis musik ini mulai muncul dan berkembang pada tahun 1990-an.

Ciri-ciri musik kontemporer:

  • Memiliki ritme yang lebih kompleks.
  • Terdapat harmoni yang tidak selaras (disonan).
  • Melodi liriknya cenderung lebih sedikit.
  • Adanya penggunaan suara elektronik dan sintetis.
  • Banyak menggunakan alat musik tiup dan perkusi.

3. Musik Modern

Musik modern adalah jenis musik kreasi baru yang bersifat dinamis dan sudah menggunakan teknologi tertentu, baik dari sisi instrumennya maupun dalam penyajiannya.

Ciri-ciri musik modern:

  • Melibatkan berbagai alat musik modern.
  • Mendapat sentuhan teknologi maju, baik instrumennya maupun penyajiannya.
  • Tempo musiknya cenderung lebih cepat.
  • Digunakan sebagai sarana aktualisasi diri dan komersial.
  • Menggunakan bahasa internasional atau nasional.

Baca juga: Pengertian Abstrak

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian seni musik, fungsi, unsur-unsur, serta jenis-jenis musik. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.