Beranda Umum Arti Pencitraan: Apa Itu Pencitraan, Tujuan, dan Jenis Pencitraan

Arti Pencitraan: Apa Itu Pencitraan, Tujuan, dan Jenis Pencitraan

Arti Pencitraan Adalah

Arti Pencitraan Adalah

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pencitraan? Secara umum, arti pencitraan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang menjadi lebih baik atau lebih buruk di mata publik.

Arti pencitraan dapat didefinisikan sebagai berikut:

  • Sebuah usaha untuk menonjolkan citra terbaik seseorang atau sesuatu di mata publik.
  • Usaha pembuktian eksistensi seseorang di hadapan publik.
  • Menunjukkan apa yang dirasakan secara sangat berlebihan hingga tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Istilah “pencitraan” sering dipakai dalam bidang politik dan seni. Namun, pada dasarnya istilah tersebut digunakan untuk menjelaskan bahwa ada usaha atau upaya yang dilakukan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang menjadi lebih baik di hadapan publik sehingga dapat mempengaruhi opini publik.

Baca juga: Arti Afirmasi

Arti Pencitraan Menurut Para Ahli

Kata pencitraan berasal dari kata dasar “citra” dimana kata tersebut bisa berbeda makna ketika digunakan untuk topik yang berbeda. Berikut ini penjelasan apa itu pencitraan menurut para ahli:

1. Huddleston

Menurut Huddleston (Buchari Alma, 2008:55), pengertian citra adalah serangkaian kepercayaan yang dihubungkan dengan sebuah gambaran yang dimiliki atau didapat dari pengalaman.

2. Bill Canton

Menurut Bill Canton (S.Soemirat dan Adrianto. E 2007:111), arti pencitraan adalah kesan, perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan; kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi.

3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler (2009:299), arti pencitraan adalah seperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu objek.

4. Frank Jefkins

Menurut Frank Jefkins (Soemirat dan Adrianto, 2007:114), pengertian citra adalah kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya.

5. Suharta Abdul Manjid

Menurut Suharta Abdul Manjid (2009:70), pengertian citra adalah gambaran yang terbentuk dimasyarakat (konsumen/pelanggan) tentang baik buruknya perusahaan.

Baca juga: Arti Dedikasi

Tujuan Pencitraan

Dari penjelasan di atas kita mengetahui bahwa pencitraan adalah segala usaha yang dilakukan untuk membentuk atau membangun opini yang baik terhadap sesuatu/ seseorang/ perusahaan agar mendapatkan perhatian dan respon sesuai dengan maksud dan tujuan. Dalam pengertian secara umum, adapun beberapa tujuan pencitraan adalah sebagai berikut:

1. Memprediksi Hasil

Pencitraan yang dilakukan akan membantu penalaran dan pemecahan masalah, yaitu dengan memberikan kesanggupan pada seseorang untuk memprediksi hasil suatu tindakan. Misalnya, seseorang yang melihat isi rumah berantakan, ia segera paham bagaimana cara merapihkannya.

2. Menalar Konsep Abstrak

Dengan pencitraan maka seseorang dapat menalar konsep-konsep abstrak dengan cara memvisualisasi simbol-simbil, misalnya diagram atau grafik tentang suatu hal.

3. Mendeskripsikan Situasi

Kemampuan pencitraan juga dapat membantu seseorang dalam memberikan deskripsi verbal mengenai sesuatu atau seseorang.

4. Mengingatkan Kembali

Pencitraan juga bisa digunakan untuk mengingat kembali informasi visual atau spasial. Misalnya, seseorang yang mencoba mengingat kembali makan malam yang dihidangkan kemarin malam.

5. Menghapal Informasi

Melalui pencitraan, seseorang dapat menghapal suatu informasi. Misalnya, ingatan seseorang akan meningkat tajam ketika ia memvisualisasikan berbagai objek yang diberinama seolah nama objek tersebut berinteraksi.

6. Meningkatkan Kemampuan

Pencitraan juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuannya dengan cara memvisualisasikan dirinya melakukan suatu tindakan sehingga mengarahkannya pada tindakan tersebut.

7. Memberikan Ide atau Wawasan

Setiap pencitraan yang dilakukan oleh seseorang akan mengingatkannya pada suatu wawasan penting, atau memberi suatu ide.

Baca juga: Konsep Diri

Jenis-Jenis Pencitraan

Pencitraan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun beberapa jenis pencitraan adalah sebagai berikut:

  • Citraan penglihatan; yaitu pencitraan yang timbul karena adanya sarana penglihatan.
  • Citraan pendengaran; yaitu pencitraan yang timbul melalui bayangan pendengaran untuk membangkitkan suasana tertentu.
  • Citraan penciuman; yaitu pencitraan yang dilakukan melalui indera penciuman dengan melukiskan ide abstrak menjadi konkrit.
  • Citraan rasaan; yaitu pencitraan yang timbul melalui rangsangan emosi untuk mengarahkan imajinasi seseorang seolah-olah indera pengecapnya merasakan sesuatu.
  • Citraan rabaan; yaitu pencitraan yang timbul melalui rabaan sehingga seseorang dapat merasa seolah-olah tersentuh atau apapun yang melibatkan efektivitas indera kulitnya.
  • Citraan gerak; yaitu pencitraan yang bertujuan untuk membuat suatu gambaran lebih hidup dengan melukiskan sesuatu yang diam seolah-olah bergerak.

Baca juga: Pengertian Bakat

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti pencitraan, tujuan, serta beberapa jenis pencitraan yang dilakukan oleh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...