Beranda Manajemen Manajemen Perubahan: Pengertian, Tujuan, Tingkatan, serta Komponennya

Manajemen Perubahan: Pengertian, Tujuan, Tingkatan, serta Komponennya

Change Management

Apa itu manajemen perubahan? Agar dapat memahami makna dari istilah tersebut maka kita harus mengetahui apa pengertian dari setiap kata di dalamnya, yaitu kata “manajemen” dan “perubahan”.

Secara sederhana, pengertian manajemen adalah proses mengelola atau pengelolaan sesuatu. Sedangkan pengertian perubahan adalah proses, tindakan, atau transformasi suatu hal menjadi hal lain yang berbeda.

Istilah manajemen perubahan sering digunakan dalam manajemen organisasi atau perusahaan dan menjadi salah satu faktor keberhasilan terpenting untuk bisnis apa pun.

Pengertian Manajemen Perubahan

Secara umum, pengertian manajemen perubahan adalah wujud pendekatan melalui suatu proses untuk mengubah individu, tim, dan organisasi/ perusahaan menuju kondisi masa depan yang lebih baik.

Pendapat lain menyebutkan manajemen perubahan adalah disiplin yang memandu bagaimana kita mempersiapkan, melengkapi, dan mendukung setiap individu agar berhasil beradaptasi dengan perubahan guna mendorong keberhasilan organisasi secara keseluruhan.

Manajemen perubahan (change management) sering dikaitkan dengan manajemen sumber daya manusia karena yang menjadi objek utama perubahan adalah sumber daya manusia. Change management dalam suatu perusahaan umumnya dilakukan dengan perubahan kebijakan yang sederhana hingga kebijakan yang kompleks dan berpengaruh terhadap perubahan perusahaan.

Ketika sebuah organisasi atau perusahaan melakukan perubahan, maka hal tersebut akan berdampak pada satu atau beberapa hal berikut:

  • Proses kerja.
  • Sistem.
  • Struktur organisasi.
  • Peran pekerjaan.

Sebagai makhluk yang dinamis,  manusia tidak bisa berdiam diri dengan kondisi lingkungan yang terus bergerak, sehingga perubahan diperlukan untuk mengarahkan pergerakan manusia ke arah yang diinginkan demi mencapai tujuan bisnis atau perusahaan.

Change management bisa diartikan secara lebih luas berdasarkan sudut pandang dan tujuannya. Namun, hampir semua manajemen perubahan bertujuan untuk mengelola bisnis atau perusahaan ke arah yang lebih baik demi mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Artikel terkait: Manajemen Kinerja

Manajemen Perubahan Menurut Para Ahli

Change management merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus untuk memperbaharui sebuah organisasi. Perubahan ini berhubungan dengan arah, struktur, dan kemampuan untuk melayani permintaan pasar, pelanggan, dan pekerja, yang selalu berubah.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai arti manajemen perubahan menurut para ahli:

1. J. Winardi

Menurut Winardi, pengertian manajemen perubahan adalah upaya yang ditempuh oleh manajer untuk mengatur perubahan secara efektif, dimana diperlukan pemahaman mengenai motivasi, kepemimpinan, konflik, kelompok, dan komunikasi.

2. Wibowo

Menurut Wibowo, pengertian manajemen perubahan adalah sebuah proses sistematis dalam penerapan pengetahuan, sarana, dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses perubahan tersebut.

3. Fred Nickols

Menurut Nickols, change management dapat dibagi menjadi tiga, diantaranya:

  • Change management merupakan tugas pengelolaan perubahan yang akan dilakukan, baik itu perubahan yang direncanakan maupun perubahan yang tidak direncanakan.
  • Change management merupakan praktek area profesional, dimana praktisi dalam bidang manajemen perubahan disebut dengan Agent of change.
  • Change management merupakan suatu ilmu yang di dalamnya terdiri dari model, metode, teknik, alat, dan keterampilan, yang kemudian digunakan sebagai dasar dalam praktek perubahan organisasional.

Baca juga: Pengertian KPI

Tujuan Manajemen Perubahan

Manajemen Perubahan

Setidaknya ada tiga tujuan manajemen perubahan yang menjadi dasar dari perubahan di dalam organisasi/ perusahaan, di antaranya adalah:

  1. Untuk mempertahankan kerberlangsungan hidup perusahaan, baik itu jangkan pendek maupun jangka panjang.
  2. Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal (sikap tenaga kerja, perubahan strategi korporasi, perubahan teknologi dan peralatan, dan lainnya), serta di lingkungan eksternal (perubahan pasar, peraturan, hukum, kebijakan pemerintah, teknologi, dan lainnya).
  3. Untuk memperbaiki efektivitas perusahaan agar dapat bersaing di pasar ekonomi modern. Upaya ini termasuk perbaikan efektivitas tenaga kerja, perbaikan sistem dan struktur organisasi, dan implementasi strategi perusahaan.

Komponen Manajemen Perubahan

Secara umum ada delapan komponen pada pengelolaan perubahan, antara lain:

  1. Tujuan perubahan
  2. Aspek strategis yang perlu diubah
  3. Strategi perubahan yang diterapkan
  4. Sumber daya
  5. Manajer perubahan
  6. Agent of change
  7. Organisasi
  8. Target audiens yang pasti

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen

Tingkatan Manajemen Perubahan Dalam Bisnis

Manajemen Perubahan Adalah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa secara umum change management merupakan upaya untuk menata dan mengelola perusahaan kearah yang diinginkan. Dalam sebuah perusahaan terdapat beberapa tingkatan manajemen perubahan, di antaranya :

1. Perubahan Individu

Tingkatan ini adalah yang paling dasar dari sebuah proses change management. Setiap individu memang selalu dan akan mengalami perubahan, namun perubahan tersebut tidak secara otomatis kearah yang diinginkan.

Di sinilah peran manajer perusahaan untuk mengatur arah perubahan individu agar sejalan dengan tujuan perusahaan Sehingga change management di sini bisa dikaitkan dengan ilmu psikologi dimana manajer akan berusaha memahami perilaku individu sehingga dapat menentukan perubahan seperti apa yang layak untuk dirinya.

Misalnya saja menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan keterampilan baru pada seseorang dan bagaimana perubahan tersebut dalam melekat pada diri individu.

2. Perubahan Organisasi

Manajemen perusahaan dalam organisasi ini berkaitan erat dengan manajemen proyek. Jika manajemen proyek berguna untuk memastikan solusi dari proyek yang dirancang, maka change management berperan untuk memastikan solusi tersebut dapat bekerja secara efektif.

Manajer harus memastikan sumber daya mana yang perlu berubah untuk kepentingan keberhasilan proyek dan upaya perubahan seperti apa yang harus dilakukan untuk tujuan tersebut.

3. Perubahan Kemampuan Perusahaan

Pada tingkatan ini change management berperan secara langsung untuk mengelola perusahaan agar secara efektif mampu beradaptasi dengan perubahan dunia atau pasar. Change management di sini bisa lebih kompleks mencakup segala aspek perusahaan.

Misalnya manajer memberikan perubahan terhadap metode pemasaran sebelumnya yang dinilai tidak memenuhi target perusahaan. Sehingga, inisiatif seorang manajer disini sangat dibutuhkan demi mencapai kemajuan perusahaan.

Perubahan dalam sebuah bisnis merupakan sesuatu yang penting jika ingin mempertahankan bisnis dan terus meningkatkan keuntungan. Karena perubahan berarti secra terus menerus melakukan sesuatu dengan cara dan metode yang berbeda dari sebelumnya yang dinilai kurang efektif.

Mengelola perubahan dirumuskan oleh seorang manajer, namun dalam praktiknya seringkali dilakukan oleh seorang pimpinan secara langsung. Sehingga kerjasama diantara keduanya bisa membentuk perubahan yang lebih optimal.

Baca juga: Manajemen Organisasi

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa manajemen perubahan adalah suatu proses, alat, dan teknik untuk mengelola dari sisi manusia untuk mencapai hasil yang dibutuhkan.

Change management sangat berperan penting dalam menjaga stabilitas perusahaan di tengah dunia bisnis yang terus bergerak/ berubah dan mencegah perusahaan dari posisi terancam.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai manajemen perubahan, mulai dari pengertiannya, tujuan, fungsi, dan komponennya.  Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.