Beranda Karir Arti CEO: Kepanjangan CEO, Pengertian, dan Tugas Seorang CEO

Arti CEO: Kepanjangan CEO, Pengertian, dan Tugas Seorang CEO

Arti CEO adalah

Arti CEO Adalah

Sebenarnya, apa itu CEO? Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Officer atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pejabat Eksekutif Tertinggi atau Direktur Utama. Secara definisi, arti CEO adalah suatu jabatan eksekutif tertinggi dalam perusahaan yang bertanggungjawab penuh atas jalannya suatu perusahaan yang dipimpinnya.

Dalam istilah lain, CEO juga seringkali disamakan dengan jabatan seorang presiden direktur atau Direktur Utama. Namun tak jarang juga sebuah perusahaan memiliki posisi CEO sekaligus presiden direktur dengan orang yang berbeda. Biasanya dalam perusahaan yang menggunakan dua jabatan tersebut, presiden direktur bertindak sebagai pengiring valuasi atas jalannya perusahaan yang dikelola oleh CEO.

Secara umum, tugas dari seorang CEO meliputi seluruh kegiatan organisasi, mulai dari pembentukan visi dan misi, menentukan strategi, serta menentukan bagaimana manajemen perusahaan secara menyeluruh. Dari penjelasan arti CEO tersebut kita memahami bahwa peran dari jabatan CEO sangat penting dan memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

Baca juga: Pengertian Perusahaan

Peran CEO Dalam Perusahaan

Seorang CEO memiliki peran yang sangat penting bagi perjalanan sebuah perusahaan dan dapat menentukan apakah perusahaan tersebut menjadi sukses atau justru mengarah pada kehancuran. Mengacu pada arti CEO, adapun beberapa peran CEO adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan Tujuan Perusahaan

CEO memiliki peran penting dalam membuat perencanaan bisnis suatu perusahaan dan mengevaluasi profitabilitas dari rencana tersebut. Selain itu, CEO juga bertanggungjawab untuk mengawasi kinerja setiap departemen agar bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

2. Mewakili Perusahaan

Peran CEO menjadi sangat penting ketika berurusan dengan kualitas produk dan citra perusahaan yang diwakilinya. Boleh dibilang seorang CEO adalah wajah dari suatu perusahaan, sehingga keberadaan CEO di publik akan sangat berpengaruh pada opini publik terhadap suatu produk atau perusahaan.

3. Membangun Tim yang Solid

Sebuah tim yang solid tidak terjadi begitu saja, ada peran CEO yang mempengaruhinya. Dalam hal ini, seorang CEO harus dapat menjadi jembatan penghubung antara para pegawai dengan dewan direksi dalam perusahaan.

4. Alokasi Anggaran Belanja

Rencana investasi finansial suatu perusahaan harus melalui proses analisis dan evaluasi, sehingga distribusi anggran belanja suatu proyek menjadi tepat sasaran. Proses tersebut merupakan tanggung jawab seorang CEO, sehingga risiko dan keuntungan perusahaan di masa depan menjadi tanggung jawab seorang Chief Executive Officer.

5. Budaya Kerja yang Positif

Kondisi lingkungan kerja dalam suatu perusahaan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan seorang CEO. Setiap pesan yang disampaikan CEO kepada pegawainya akan sangat bermakna dan berpengaruh terhadap kinerja pegawainya. Selain itu, CEO juga harus mengetahui dan dan dapat meneliti apa yang sedang terjadi di perusahaan terkait masalah kepegawaian karena akan berpengaruh pada budaya kerja.

Baca juga: Arti HRD

Tugas dan Tanggung Jawab CEO

Setelah membahas arti CEO dan perannya dalam suatu perusahaan, berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab jabatan CEO:

1. Tugas CEO

  • Merencanakan serta mengelola sumber daya manusia yang ada di lingkungan perusahaan.
  • Melakukan analisis terhadap segala fungsional yang ada di perusahaan yang dipimpin.
  • Merencanakan budget atau keuangan serta pemasaran.
  • Mengelola dan memanajemen perusahaan sebaik mungkin demi mencapai target dan pengeluaran biaya yang seminim mungkin.
  • Membuat perencanaan strategi bisnis yang mengacu dari visi dan misi perusahaan.
  • Untuk menjaga keunggulan perusahaan.
  • Melakukan analisis kepada seluruh permasalahan yang ada di lingkungan perusahaan di berbagai divisi.

2. Tanggung Jawab CEO

  • Memimpin perusahaan sebaik mungkin serta mematuhi segala kebijakan yang sudah berlaku dalam perusahaan tersebut.
  • Melakukan monitoring terhadap pekerjaan dari seluruh karyawannya.
  • Menyetujui anggaran tahunan perusahaan yang telah disepakati.
  • Membuat dan melaporkan laporan kepada para pemegang saham.

Baca juga: Pengertian Profesi

Contoh CEO Perusahaan Ternama

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan yang dimotori oleh CEO yang kompeten. Sesuai dengan arti CEO, adapun beberapa nama Chief Executive Officer/ CEO adalah sebagai berikut:

No.Nama PerusahaanJenis BisnisNama CEO
1GojekJasa transportasi berbasis daringNadiem Anwar Makarim
2TokopediaMarketplaceWilliam Tanuwijaya
3AgateDeveloper gameArief Widhiyasa
4TravelokaJasa e-ticketingFerry Unardi
5Ruang GuruStartup pendidikanAdamas Belva Syah Devara
6SribuMarketplace jasaRyan Gondokusumo
7BilnaE-commerceFerry Tenka
8Tiket.comJasa e-ticketingGeorge Hendrata
9Bhineka
E-commerceHendrik Tio
10PawoonAplikasi kasirAhmad Gadi

Note: selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak sekali nama CEO di perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

Baca juga: Arti Barista

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti CEO, peran CEO, tugas dan tanggung jawab CEO, serta beberapa contoh CEO perusahaan ternama. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.