Beranda Umum Arti Barista: Pengertian, Tugas, dan Pekerjaan Seorang Barista

Arti Barista: Pengertian, Tugas, dan Pekerjaan Seorang Barista

Arti Barista Adalah

Arti Barista Adalah

Sebenarnya, apa itu barista? Secara umum, arti barista adalah sebuah profesi yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Istilah “barista” diambil dari bahasa Italia, yang artinya orang yang menyajikan minuman (bartender).

Pendapat lain mengatakan, pengertian barista adalah sebutan kepada seseorang yang sudah terlatih secara profesional untuk membuat kopi espresso, serta ahli dalam meracik kopi dengan berbagai campuran, seperti kopi latte atau cappucino.

Para penggemar kopi sudah tidak asing dengan istilah barista. Di Indonesia, profesi barista menjadi salah satu pekerjaan yang bebas dari gender stereotyping, bahkan beberapa barista maupun Q-Grader banyak dilakoni para wanita, misalnya Evani Jesslyn.

Baca juga: Arti Freelance

Tugas dan Pekerjaan Barista

Menjadi seorang barista bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Barista bukan hanya sekedar orang yang “bertugas” untuk membuat dan menyajika kopi di kedai kopi. Lebih dari itu, mereka adalah seniman.

Pada umumnya seorang barista bekerja di kedai-kedai kopi dan coffee shop yang biasanya mengoperasikan mesin Espresso komersial yang cukup rumit. Tugas seorang barista adalah mengukur berapa besar suhu dan tekanan yang dibutuhkan dalam membuat espresso karena minuman Espresso dikenal sebagai minuman yang cukup sulit dalam pembuatannya.

Selain itu, Barista juga harus bisa membuat berbagai varian minuman kopi yang memakai campuran susu, seperti cappucino, latte atau variasi dari keduanya. Dalam menyajikan varian kopi yang dilakukan oleh seorang barista juga tidak hanya sekedar menambahkan susu kedalam Espresso lalu diaduk begitu saja, tapi juga membutuhkan keterampilan tambahan untuk meramu takaran yang tepat. Misalnya apakah susu harus di-froth, di-steam, atau di-foam, sebelum akhirnya menyempurnakan minuman itu dengan latte art.

Hal lain yang juga harus dimiliki oleh seorang barista adalah keterampilan dan pengetahuan yang baik tentang proses pembuatan kopi sehingga dapat menyajikan kopi yang nikmat dan tidak akan terlupakan oleh para pelanggannya. Belum lagi jika pelanggan banyak bertanya kepada barista tentang produk kopi terbaik di suatu kedai kopi.

Itu sebabnya proses menjadi seorang barista membutuhkan banyak latihan untuk mengasah skill dalam membuat kopi. Bahkan seringkali seseorang harus mengikuti kelas dan pelatihan barista selama bertahun-tahun sebelum akhirnya menjadi seorang ahli dalam bidang meracik kopi.

Baca juga: Pengertian Profesi

Hal-hal Lain yang Dilakukan Barista Selain Membuat Kopi

Selain menyiapkan kopi, seorang barista juga melakukan pekerjaan lain selama bertugas. Mengacu pada arti barista di atas, beberapa hal lain yang dilakukan barista adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan Coffee Bar

Bekerja sebagai barista tidak hanya bekerja di balik ke fiber saja melainkan juga bertanggungjawab penuh dengan apa yang ada di sana, termasuk menjaga kebersihan mesin Espresso dan segala perlengkapannya. Karena biasanya tidak ada cleaning service khusus yang bertugas untuk membersihkan meja coffee bar.

  • Membuat Minuman Selain Kopi

Menjadi seorang barista juga tidak hanya membuat kopi saja melainkan juga bertugas untuk meracik semua minuman yang ada di menu Kedai Kopi, sekalipun menu tersebut tidak mengandung kopi sama sekali. Misalnya beberapa minuman seperti jus aneka minuman coklat teh hingga signature drinks yang ada di sana.

  • Membersihkan Area Kedai Kopi

Seorang barista biasanya juga memiliki tugas secara bergantian atau membersihkan area coffee shop ketika kedai sudah tutup. Karena menjaga kebersihan juga menjadi salah satu tugas barista.

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

Ada yang mengatakan bahwa barista yang berhasil adalah barista yang dapat menularkan ke bagian dari secangkir kopi yang lahir dari tangannya. Sehingga seorang barista dituntut untuk memberikan pelayanan terbaiknya untuk membuat para pelanggannya.

Baca juga: Arti Loyalitas

Demikianlah penjelasan ringkas tentang arti barista serta beberapa tugas dan pekerjaan seorang barista. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...