Beranda Umum Pengertian Desain: Fungsi, Tujuan, Prinsip, dan Jenis Desain

Pengertian Desain: Fungsi, Tujuan, Prinsip, dan Jenis Desain

Pengertian Desain adalah

Pengertian Desain Adalah

Apa yang dimaksud dengan desain (design)? Secara umum, pengertian desain adalah suatu perencanaan atau perancangan yang dilakukan sebelum pembuatan suatu objek, sistem, komponen, atau struktur.

Pendapat lain mengatakan arti desain adalah proses perencanaan atau perancangan suatu objek yang bertujuan agar objek yang diciptakan memiliki fungsi, memiliki nilai keindahan, dan berguna bagi manusia.

Secara etimologis istilah desain berasal dari bahasa Inggris, yaitu “design” yang artinya reka rupa, rencana, atau rancangan. Di dalam proses desain akan memperhitungkan berbagai aspek, seperti; estetika, fungsi, dan berbagai aspek lainnya yang diperoleh dari riset dan pemikiran manusia.

Baca juga: Pengertian Estetika

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu desain, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Dudy Wiyancoko

Menurut Dudy Wiyancoko, pengertian desain adalah segala hal yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/ rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.

2. Soekarno dan Lanawati Basuki

Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki, pengertian desain adalah suatu pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, misalnya busana.

3. Coirul Amin

Menurut Coirul Amin, arti desain adalah suatu kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, dan corak, yang diimplementasikan terhadap suatu objek.

4. J. B. Reswick

Menurut J. B. Reswick, pengertian desain adalah aktivitas kreatif yang didalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya tidak ada.

5. Bruce Nussbaum

Menurut Bruce Nussbaum, definisi desain adalah wahana pembantu untuk melaksanakan inovasi pada berbagai kegiatan industri dan bisnis.

6. Oxford Dictionaries

MenurutOxford Dictionaries, desain adalah sebuah rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja suatu bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

Baca juga: Definisi Seni

Fungsi Desain

Desain adalah seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang melibatkan susunan garis, bentuk, ukuran, warna, dan value sebuah benda berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Adapun beberapa fungsi desain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai alat bantu dalam proses menciptakan suatu objek baru.
  • Sebagai sarana desainer untuk menyampaikan ide atau karya ciptanya kepada khalayak.
  • Sebagai wadah untuk memaparkan tampilan objek-objek tertentu kepada masyarakat dengan suatu gambaran atau keadaan sebenarnya.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan ilmu pengetahuan manusia sehingga lebih memahami bentuk gambar bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, value, dan sebagainya.

Baca juga: Seni Rupa

Tujuan Desain

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tujuan utama sebuah desain adalah untuk membantu manusia merancang suatu objek agar bermanfaat bagi manusia. Adapun beberapa tujuan desain adalah sebagai berikut:

  • Untuk menciptakan suatu objek, sistem, komponen, atau struktur yang bermanfaat bagi manusia.
  • Untuk menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia.
  • Desain yang dipadukan dengan unsur seni dan teknologi bertujuan untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan keindahan.
  • Agar manusia mengetahui apa saja kemampuan dan keterbatasan di dalam dirinya dan hal-hal di sekitarnya.

Baca juga: Pengertian Kreatif

Prinsip-Prinsip Desain

Pada proses desain terdapat beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan oleh sang desainer. Adapun prinsip-prinsip desain adalah sebagai berikut:

  1. Keseimbangan
  2. Kesatuan
  3. Perbandingan
  4. Urutan
  5. Irama
  6. Skala
  7. Fokus

Baca juga: Pengertian Apresiasi

Metode Desain

Pengertian metode desain adalah cara-cara yang dilakukan oleh seorang desainer dalam menciptakan suatu objek. Adapun beberapa metode desain yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Explosing, yaitu metode desain dengan cara mencari inspirasi melalui pemikiran yang kritis untuk menghasilkan suatu desain yang belum pernah diciptakan.
  2. Redefining, yaitu metode desain dengan cara mengolah kembali suatu desain agar menjadi sesuatu yang berbeda dan lebih baik.
  3. Managing, yaitu metode desain dengan cara menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus.
  4. Phototyping, yaitu metode desain dengan cara memperbaiki dan atau memodifikasi desain warisan nenek moyang.
  5. Trendspotting, yaitu metode desain dengan cara membuat suatu desain berdasarkan tren yang sedang berkembang.

Jenis-Jenis Desain

Secara garis besar, desain dapat dibedakan menjadi dua jenis. Mengacu pada pengertian desain di atas, berikut ini adalah jenis desain tersebut:

1. Desain Struktur

Desain struktur adalah suatu desain yang menggambarkan wujud suatu benda atau objek yang terdiri dari beberapa unsur desain. Beberapa unsur desain tersebut diantaranya;

  • Susunan dari garis
  • Bentuk
  • Ukuran
  • Warna
  • Tekstur
  • Value (nilai gelap terangnya)

2. Desain Hiasan

Desain hiasan adalah suatu desain yang dirancang khusus untuk memberikan hiasan terhadap desain struktur suatu objek. Adapun tujuan desain hiasan adalah untuk menambah keindahan dan mutu dari desain struktur objek tersebut.

Baca juga: Seni Kriya

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian desain, fungsi, tujuan, prinsip, dan jenis-jenis desain secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...