Beranda Umum Pengertian Abstrak: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenis Abstrak

Pengertian Abstrak: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenis Abstrak

Pengertian Abstrak Adalah

Pengertian Abstrak Adalah

Apa yang dimaksud dengan abstrak (abstract)? Dalam bidang literatur, pengertian abstrak adalah suatu penjelasan ringkas tentang isi dari suatu karya tulis atau artikel yang umumnya terdapat pada bagian awal tulisan untuk menjelaskan secara singkat tentang isi dari karya tulis tersebut.

Ada juga yang menjelaskan bahwa arti abstrak adalah penyajian suatu dokumen secara ringkas, akurat, dan jelas, untuk mewakili isi atau inti dari dokumen tanpa menambahkan kritikan ataupun tafsiran di dalamnya.

Penggunaan istilah abstrak juga terdapat pada bidang lain, seperti seni dan hukum. Adapun arti abstrak pada bidang tersebut diantaranya:

  • Seni abstrak; jenis kesenian kontemporer yang tidak menggambarkan objek dalam dunia asli, namun memakai warna dan bentuk yang non-representasional.
  • Hukum; arti abstrak pada bidang hukum adalah pernyataan singkat yang merangkum poin-poin utama suatu dokumen legal.
  • Benda abstrak; yaitu benda yang tak kasa mata, atau tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik itu nama keadaan, pekerjaan, sifat, ukuran, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, pengertian abstrak yang dijelaskan di dalam artikel ini adalah kaitannya dengan literatur.

Baca juga: Pengertian Artikel

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti abstrak, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Frederick Wilfrid Lancaster

Menurut Frederick Wilfrid Lancaster, pengertian abstrak adalah representasi yang ringkas tetapi akurat dari isi suatu dokumen. Meskipun menggunakan berbagai kalimat yang ada dalam dokumen, abstrak merupakan sepenggal teks yang diciptakan oleh si pembuat abstrak, namin bukan kutipan langsung dari penulisnya.

2. Clarence W Rowley

Menurut Clarence W Rowley, pengertian abstrak adalah penyajian isi dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya.

3. International Standard Organisation (ISO)

Menurut ISO, arti abstrak adalah uraian singkat tetapi akurat yang mewakili isi suatu dokumen, tanpa tambahan interpretasi atau kritik dan tanpa melihat siapa si pembuat sari karangan tersebut.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian abstrak adalah sesuatu yang tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala. Sedangkan pengertian kedua, abstrak diartikan sebagai ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti.

Baca juga:

Fungsi Abstrak

Pada dasarnya fungsi abstrak dalam suatu karya tulis adalah untuk menjelaskan secara singkat tentang gambaran umum suatu penelitian. Secara rinci, adapun fungsi abstrak adalah sebagai berikut:

1. Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian

Abstrak merupakan salah satu komponen utama dalam suatu laporan hasil penelitian. Dengan adanya abstrak maka pembaca dapat mengetahui apa inti atau hasil dari suatu laporan penelitian.

2. Gambaran Umum Tentang Isi Laporan Penelitian

Di dalam abstrak suatu penelitian menjelaskan gambaran umum tentang isi laporan penelitian yang dibuat oleh penulisnya. Dengan begitu, maka laporan penelitian tersebut akan lebih mudah untuk dipelajari.

3. Bahan Pertimbangan Bagi Pembaca

Abstrak juga membantu pembaca untuk mempertimbangkan apakah akan membaca keseluruhan isi suatu laporan penelitian atau tidak. Dengan membaca abstrak maka pembaca mengerti bahwa isi tulisan tersebut sesuai atau tidak dengan apa yang dicarinya.

Baca juga: Teks Eksplanasi

Jenis-Jenis Abstrak

Pada dasarnya abstrak dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, berdasarkan fungsi dan orientasi pembaca. Adapun beberapa jenis abstrak adalah sebagai berikut:

1. Abstrak Informatif

Ini adalah jenis abstrak yang menyajikan informasi dan data secara lengkap sehingga pembacanya tidak harus membaca tulisan aslinya, kecuali bila ingin menggalinya lebih dalam. Di dalam abstrak informatif menyajikan hasil dan prinsip-prinsip dari hasil kerja (tujuan, metode), kesimpulan dari artikel asli secara jelas, untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen aslinya.

2. Abstrak Indikatif

Ini adalah jenis abstrak yang menguraikan secara ringkas dan padat tentang masalah yang terdapat pada suatu karya tulisan atau laporan lengkapnya. Tujuan dari abstrak indikatif ini adalah untuk menjelaskan isi informasi asli secara singkat, padat, dan hanya menyampaikan indikasi sasaran cakupan tulisan.

Baca juga: Pengertian Diksi

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian diksi, fungsi, serta beberapa jenis abstrak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...