Beranda Umum Arti Lambang Pramuka: Memahami Makna Tunas Kelapa Pada Lambang Pramuka

Arti Lambang Pramuka: Memahami Makna Tunas Kelapa Pada Lambang Pramuka

Arti Lambang Pramuka

Seperti kita ketahui bersama, gerakan Pramuka di Indonesia memiliki logo atau lambang berupa gambar siluet atau bayangan tunas kelapa. Sebenarnya, apa arti lambang Pramuka tersebut?

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui apa makna lambang tersebut, tapi mungkin masih banyak yang belum tahu arti tunas kelapa pada lambang Pramuka.

Nah, artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai arti lambang gerakan Pramuka, baik Pramuka di Indonesia maupun lambang Pramuka sedunia.

Arti Lambang Pramuka Indonesia

Arti Lambang Pramuka Indonesia

Sebelum membahas apa makna lambang Pramuka, ada baiknya kita mengetahui siapa tokoh yang menciptakan lambang tersebut.

Lambang Pramuka Indonesia diciptakan oleh Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian Indonesia.

Logo berbentuk bayangan tunas kelapa digunakan sebagai lambang Pramuka sejak 14 Agustus 1961. Lambang Kepramukaan ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

Lambang Gerakan Pramuka berbentuk tunas kelapa tersebut dapat digunakan pada bendera, panji, papan nama kwartir dan satuan, serta tanda pengenal administrasi Gerakan Pramuka.

Perhatikan gambar berikut;

Lambang Pramuka Indonesia

Berikut ini beberapa gambar yang terdapat pada lambang Pramuka Indonesia dan artinya:

  1. Gambar Padi, melambangkan pangan (makanan).
  2. Gambar Kapas, melambangkan sandang (pakaian).
  3. Sepuluh Roda, melambangkan Dasa Darma Pramuka, yaitu sepuluh hal yang harus dilakukan oleh anggota Pramuka.
  4. Tulisan “Gerakan Pramuka” melambangkan bahwa organisasi ini sebagai satu-satunya wadah pendidikan kepanduan di Indonesia.
  5. Tunas Kelapa (Kitri), lambang utama Gerakan Pramuka Indonesia. Gambar ini menunjuk ke arah bintang yang mengandung makna bahwa Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi.
  6. Bintang lima, melambangkan Pancasila, yaitu dasar negara Indonesia.

Arti warna pada simbol dan lambang Pramuka:

  • Warna hijau melambangkan kesegaran hidup sesuatu yang sedang tumbuh.
  • Warna merah melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.
  • Warna kuning dan kuning emas melambangkan kecerahan hidup yang menuju ke keagungan dan keluhuran budi.
  • Warna coklat melambangkan kematangan jasmani dan rohani, kedewasaan dan keteguhan.

Lalu, apa arti tunas kelapa pada lambang gerakan Pramuka Indonesia? Disadur dari situs resmi Kemenpora, berikut ini penjelasan makna lambang gerakan Pramuka yang berbentuk tunas kelapa.

1. Tunas Kelapa

Tunas kelapa atau nyiur dalam keadaan sedang tumbuh dinamakan cikal, dan kata cikal bakal di Indonesia mengandung makna penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru.

Dengan kata lain, tunas kelapa yang sedang tumbuh tersebut mengkiaskan bahwa setiap anggota Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.

2. Buah Kelapa Dapat Bertahan Lama

Seperti kita ketahui, buah kelapa atau nyiur dapat bertahan lama dalam kondisi apapun.

Ini mengkiaskan bahwa setiap anggota Pramuka adalah pribadi yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet, serta memiliki tekad besar dalam menghadapi tantangan dalam hidup dan menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.

3. Buah Kelapa Dapat Tumbuh Di Mana Saja

Ini mengkiaskan bahwa setiap anggota Pramuka memiliki daya upaya dan kemampuan dalam menyesuaikan diri di manapun dia berada, dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4. Kelapa Tumbuh Menjulang Ke Atas

Bila kita perhatikan, pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia dan tumbuhnya menjulang ke atas.

Ini melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni mulia dan jujur, serta tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar Kelap Tumbuh Kuat Di Dalam Tanah

Ini menggambarkan adanya tekad dan keyakinan di dalam diri setiap anggota Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata; yaitu tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri dalam mencapai cita-citanya.

6. Kelapa Merupakan Tumbuhan Serba Guna

Seperti kita ketahui, kelapa merupakan tumbuhan yang serba guna, mulai dari akarnya hingga ujungnya.

Ini merupakan kiasan bahwa setiap anggota Pramuka merupakan individu yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya bagi kepentingan bangsa, tanah air, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kepada umat manusia.

Baca juga: Pengertian Pramuka

Makna Lambang Pramuka Sedunia

Arti Lambang Pramuka Sedunia

Berbeda dengan Pramuka Indonesia, organisasi kepanduan sedunia, yaitu World Organization of the Scout Movement (WOSM) memiliki lambang berbentuk kompas dan bunga dengan tiga ujung.

WOSM berdiri pada tahun 1920 dan berpusat di Genewa, Swiss. Organisasi ini didirikan oleh Lord Baden Powell yang dikenal sebagai Bapak Pandun Sedunia.

Tujuan utama dari WOSM adalah untuk mendidik masyarakat muda dengan berasaskan pada Janji Pramuka dan Hukum Pramuka sebagai sarana untuk membantu membangun dunia.

Logo pramuka sedunia
Image via Haurgeulis.com

Berikut ini penjelasan arti lambang gerakan Pramuka sedunia:

1. Kompas

Seperti halnya kompas yang selalu menunjukkan arah mata angin dengan tepat, ini melambangkan bahwa para anggota Pramuka merupakan individu yang dapat dipercaya dalam melakukan kegiatannya.

2. Helai Bunga Lili

Helai bunga Lili (Tree foil) dengan tiga ujung melambangkan bahwa kepanduan memiliki tiga janji, di Indonesia dikenal dengan Trisatya.

3. Dua Bintang

Ini melambangkan ilmu pengetahuan, dan juga melambangkan anggota pandu atau pramuka yang selalu berusaha memberikan penerangan dalam menolong orang lain.

4. Tali Melingkar Dengan Ujung Membuat Simpul Mati

Ini melambangkan bawah setiap anggota pandu di seluruh dunia dapat menjalin tali persahabatan dan tali persaudaraan antar sesama serta bermasyarakat.

5. Warna Putih

Warna putih pada lambang pandu sedunia mengandung makna bahwa setiap anggota pandu memiliki hati yang bersih dan suci.

6. Warna Dasar Ungu

Warna ungu yang menjadi warna dasarpada lambang pandu sedunia memiliki makna bahwa setiap anggota pandu memiliki keterampilan, kepemimpinan, serta senang membantu orang lain.

Baca juga: Pendidikan Karakter

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa lambang Pramuka mengandung makna yang baik dan filosofis. Lambang tersebut merupakan gambaran dan harapan yang diinginkan dari setiap anggota Pramuka.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai arti lambang Pramuka, baik Pramuka Indonesia maupun Pramuka sedunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.