Beranda Internet Pengertian Media Online Secara Umum, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Media Online Secara Umum, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Media Online
Ilustrasi Media Online

Pengertian Media Online

Apa itu media online? Pengertian Media Online atau media siber secara umum adalah saluran komunikasi yang terjadi secara online melalui situs web di internet, baik itu berisi teks, foto, video, atau musik. Dengan kata lain, semua jenis saluran komunikasi yang ada di internet adalah media online. Sedangkan pengertian media online secara khusus adalah semua yang berhubungan dengan komunikasi massa.

Menurut situs Business Dictionary, pengertian media online adalah media digital yang mencakup teks, foto, video, dan musik, yang didistribusikan melalui jaringan internet.

Mengacu pada definisi media online tersebut maka yang termasuk di dalam media online tersebut adalah meliputi semua jenis website dan aplikasi, seperti:

Pengertian Media Online Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti media online, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli. Berikut ini adalah pengertian media online menurut para ahli:

1. Ashadi Siregar

Menurut Ashadi Siregar pengertian media online adalah penyebutan umum kepada media berbasi telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Media online ini termasuk website, radio-online, pers online, dan e-commerce.

2. Lorie Ackerman

Menurut Lorie Ackerman pengertian media online adalah bentuk penerbitan online yang digunakan untuk menyampaikan berbagai ide. Secara umum, media online menggunakan komputer dalam penulisan, pengeditan, pencetakan, atau proses pengiriman publikasi.

Baca juga:

Ciri-Ciri Media Online

Berdasarkan pengertian media online di atas, ada beberapa karakteristik yang membedakan media online dengan media lainnya, diantaranya adalah:

1. Kecepatan Informasi

Ini adalah karakteristik media online yang paling mencolok dibandingkan dengan media konvensional. Peristiwa atau kejadian di lapangan dapat langsung diupload dalam hitungan detik atau menit. Tidak seperti media cetak yang membutuhkan waktu lebih lama dalam hal publikasinya.

2. Informasi Dapat Di-Update

Penyampaian informasi di media online dapat dilakukan secara realtime dan terus menerus. Ketika ada pembaruan/ update informasi terkait informas lama, maka dapat dilakukan perubahan. Proses pembaruan/ update ini dapat dilakukan secara realtime.

3. Dapat Berinteraksi Dengan Audiens

Ini merupakan salah satu kelebihan dari media online, fungsi interaktif yang tidak dimiliki media konvensional. Media online memiliki fitur email, chat, survey, kolom komentar, dan lain-lain, yang berfungsi sebagai cara berinteraksi dengan audiens.

4. Personalisasi

Pengguna sebuah media online dapat menentukan atau memilih informasi seperti apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, maka pengguna hanya membaca informasi yang relevan dengan pilihannya.

5. Kapasitas Muatan Dapat Ditambah

Setiap media online didukung oleh media penyimpanan data di server komputer. Dengan menambah kapasitas media penyimpanan, maka tidak khawati informasi lama yang pernah dipublish hilang sementara informasi baru tetap dapat dipublish.

6. Terhubung Dengan Sumber Lain

Pada media online semua informasi yang disajikan dapat dikaitkan dengan sumber lain yang relevan, baik dari sumber yang sama atau pun dari sumber yang berbeda. Dengan penggunaan Hyperlink (baca: pengertian hyperlink), maka pengguna dapat membuka informasi lain dengan satu klik saja.

Fungsi dan Manfaat Media Online

Pada praktiknya, fungsi media online ini sama saja dengan media massa pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi media online:

  • Fungsi Informasi
  • Fungsi Sosialisasi
  • Fungsi Diskusi dan Perdebatan
  • Fungsi Pendidikan
  • Fungsi Memajukan Kebudayaan
  • Fungsi Hiburan
  • Fungsi Integrasi

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jenis-Jenis Media Online dan Contohnya

Seperti yang telah disebutkan pada pengertian media online, proses penyebaran informasi media online adalah menggunakan internet. Berdasarkan cara publikasinya, media online dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Berikut adalah jenis-jenis media online:

  • Situs Berita Online (Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, Liputan6.com)
  • Situs Pemerintah (BPK.go.id, Imigrasi.go.id, Kejaksaan.go.id)
  • Situs Perusahaan (Promonavigator.com)
  • Situs E-commerce (Bukalapak.com, Tokopedia.com, Lazada.com)
  • Situs Media Sosial (Twitter.com, Facebook.com, YouTube.com)
  • Situs Blog (Maxmanroe.com)
  • Situs Forum Komunitas (Kaskus.co.id)
  • Aplikasi Chatting (BlackBerry Messenger, Line, WhatsApp)

Kelebihan dan Kekurangan Media Online

Penggunaan media online memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus disikapi dengan bijak oleh para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan media online:

1. Kelebihan Media Online

  • Proses penyebaran informasi sangat cepat
  • Informasi atau data lama dapat dibuka kembali dengan mudah sewaktu-waktu
  • Bentuk konten yang disampaikan sangat beragam, yaitu teks, image, audio, video
  • Dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, serta penggunaannya praktis dan fleksibel
  • Para pengguna media online dapat saling berinteraksi

2. Kekurangan Media Online

  • Informasi yang dimuat tidak selalu akurat dan kurang lengkap karena lebih mengutamakan aktualisasi
  • Pengguna harus memiliki perangkat yang mendukung dan koneksi internet yang stabil
  • Penggunaan media online dalam jangka panjang bisa menyebabkan mata lelah dan gangguan kesehatan mata

Baca juga: Pengertian Komunikasi Secara Umum

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian media online, ciri-cirinya, fungsi media online, serta jenis dan contoh media online. Semoga bermanfaat.