Beranda Umum Pengertian Paragraf: Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Paragraf

Pengertian Paragraf: Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Paragraf

Pengertian Paragraf Adalah

Pengertian Paragraf Adalah

Apa yang dimaksud dengan paragraf (paragraph)? Secara umum, pengertian paragraf adalah bagian-bagian yang berbeda dari sebuah tulisan atau karangan, biasanya berhubungan dengan satu tema khusus dan ditandai dengan baris baru, lekukan, atau penomoran.

Pendapat lain mengatakan arti paragraf adalah sekumpulan kalimat di dalam suatu karangan yang di dalamnya terdapat satu ide pokok dimana cara penulisannya menggunakan garis baru atau agak menjorok ke bagian dalam.

Paragraf disebut juga dengan alinea di mana terdapat beberapa kalimat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Di dalam satu paragraf terdapat minimal 2 kalimat yang biasanya berhubungan sehingga menghasilkan suatu informasi.

Baca juga: Pengertian Abstrak

Pengertian Paragraf Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti paragraf, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Akhaidah dkk

Menurut Akhaidah dkk (1999:144), pengertian paragraf adalah inti penuangan buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.

2. Arifin dan S. Amran Tasai

Menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125), pengertian paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut.

3. Ramlan

Menurut Ramlan (2010: 23), pengertian paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.

4. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1979:62), alinea atau paragraf adalah suatu kesatuan pikiran, suatu kesatuan yang lebih tinggi atau luas dari kalimat dan merupakan himpunan dari kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

5. Lamuddin Finoza

Menurut Lamuddin Finoza (2004:149), pengertian paragraf atau alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.

Baca juga: Pengertian Majas

Fungsi Paragraf Secara Umum

Fungsi Paragraf

Paragraf memiliki beberapa fungsi di dalam suatu tulisan atau karangan. Adapun fungsi paragaf adalah sebagai berikut:

  1. Mengekspresikan Gagasan; maksudnya, paragraf dapat memberikan suatu gagasan atau perasaan melalui rangkaian kalimat yang disusun sehingga menjadi membentuk suatu kesatuan ide pokok.
  2. Menandai Peralihan Gagasan Baru; maksudnya, setiap tulisan atau karangan terdiri dari beberapa paragraf dan di dalam setiap paragraf tersebut terdapat gagasan yang berbeda namun masih berhubungan dengan ide pokok.
  3. Memudahkan Menulis dan Membaca: maksudnya, dengan adanya paragraf maka seorang penulis dapat lebih mudah dalam menuangkan gagasannya. Di samping itu, paragraf juga lebih mudah memahami ide pokok di dalam suatu tulisan bila penulisannya dibuat dalam paragraf yang baik.
  4. Membantu Pengembangan Topik; maksudnya, pengembangan topik tulisan dalam bentuk yang lebih kecil akan lebih mudah disampaikan melalui pembagian paragraf.
  5. Mengendalikan Variabel; paragraf juga memudahkan penulis untuk mengendalikan variabel di dalam karangannya sehingga lebih mudah dimengerti.

Baca juga: Pengertian Narasi

Ciri-Ciri Paragraf

Ciri-Ciri Paragraf

Suatu paragraf dapat dikenali dengan memperhatikan karakteristiknya. Adapun ciri-ciri paragraf adalah sebagai berikut:

  1. Di dalam suatu paragraf terdapat gagasan utama yang disampaikan melalui setiap kalimat yang ditulis oleh pengarang.
  2. Pada paragraf terdapat kalimat topik dan kalimat pengembang untuk menyampaikan gagasan utama penulis dalam karangannya.
  3. Di dalam paragraf juga terdapat kalimat penjelas yang berisi tentang rincian dari kalimat topik. Dengan kata lain, suatu karangan hanya terdapat satu kalimat topik namun terdiri dari beberapa kalimat penjelas.
  4. Pada jenis karangan biasa, penulisan setiap awal paragraf dibuat agak menjorok ke dalam beberapa ketukan spasi.
  5. Setiap paragraf dalam suatu tulisan terdiri dari minimal 2 baris kalimat.

Baca juga: Teks Eksposisi

Jenis-Jenis Paragraf

Jenis Paragraf

 

Secara umum, paragraf dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Mengacu pada pengertian paragraf di atas, adapun jenis-jenis paragraf adalah sebagai berikut:

1. Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi

  • Paragraf pembuka; yaitu paragraf awal di dalam suatu karangan yang berfungsi untuk mengundang rasa penasaran pembaca terhadap seluruh isi suatu tulisan.
  • Paragraf isi; yaitu paragraf di dalam suatu karangan yang berisi bagian-bagian utama dalam tulisan tersebut.
  • Paragraf penghubung; yaitu paragraf yang berfungsi untuk menghubungkan setiap paragraf di dalam suatu karangan sehingga menjadi satu kesatuan.
  • Paragraf penutup; yaitu paragraf yang berisi kesimpulan, ringkasan, harapan, saran, atau penegasan kembali tentang poin-poin penting di dalam suatu karangan.

2. Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama

  • Paragraf deduktif; yaitu paragraf yang gagasan utamanya berada pada bagian awal paragraf.
  • Paragraf induktif; yaitu paragraf yang gagasan utamanya berada pada bagian akhir paragraf.
  • Paragraf ineratif; yaitu paragraf yang gagasan utamanya terdapat pada bagian tengah paragraf.
  • Paragraf campuran; yaitu paragraf yang gagasan utamanya terdapat pada bagian awal dan akhir paragra.

3. Jenis Paragraf Berdasarkan Isi

  • Paragraf eksposisi; yaitu paragraf yang isinya bertujuan untuk menjelaskan suatu informasi secara singkat dan padat kepada pembacanya.
  • Paragraf deskripsi; yaitu paragraf yang memberikan pemaparan mengenai suatu peristiwa atau keadaan dimana tulisan tersebut membuat pembacanya seolah-olah dapat melihat, merasakan, dan mendengar peristiwa atau keadaan yang dipaparkan.
  • Paragraf narasi; yaitu paragraf yang isinya menceritakan suatu peristiwa dengan cara tertentu sehingga pembaca merasa terharu atau terhibur.
  • Paragraf persuasi; yaitu paragraf yang berisi kalimat bujukan atau rayuan untuk mempengaruhi pembacanya sehingga tertarik dengan gagasan yang disampaikan penulis.
  • Paragraf argumentasi; yaitu paragraf yang berisi argumentasi yang meyakinkan terhadap suatu masalah sehingga pembaca mau menerima gagasan yang disampaikan penulis.

Baca juga: Pengertian Bahasa

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian paragraf, fungsi, ciri-ciri, serta jenis-jenis paragraf yang digunakan dalam penulisan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...