Beranda Umum Pengertian Agraris: Arti, dan Keuntungan Negara Agraris

Pengertian Agraris: Arti, dan Keuntungan Negara Agraris

Pengertian Agraris Adalah

Pengertian Agraris Adalah

Apa yang dimaksud dengan agraris (agrarian)? Secara umum, pengertian agraris adalah suatu keadaan dimana profesi penduduk suatu negara sebagian besar adalah bertani.

Pendapat lain mengatakan arti agraris adalah sesuatu yang berkaitan dengan tanah yang ditanami atau budidaya tanah. Sedangkan pengertian negara agraris adalah negara yang perekonomiannya bergantung atau ditopang oleh sektor pertanian.

Suatu negara agraris lebih mengutamakan sektor pertanian sebagai sumber dayanya karena memberikan kontribusi yang sangat tinggi dan sangat penting bagi masyarakatnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara agraris di mana penduduknya mayoritas memiliki mata pencaharian di sektor pertanian. Dengan dukungan lahan dan tanah yang subur, sektor pertanian di Indonesia terhitung sangat menjanjikan.

Indonesia sebagai negara agraris memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam, baik untuk wilayah daratan maupun perairan yang cukup luas. Di sisi lain sektor pertanian di negara ini memang memiliki peranan penting untuk meningkatkan sektor perekonomian dan untuk memenuhi kebutuhan pokok pangan.

Indonesia bukanlah negara satu-satunya yang dijuluki sebagai negara agraris. Beberapa negara lain juga memanfaatkan sektor pertanian sebagai salah satu sumber daya utamanya, diantaranya;

  • Thailand
  • Filipina
  • India
  • Brazil
  • Tiongkok
  • Vietnam
  • Afrika, dan beberapa negara lainnya.

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki hasil tanah melimpah seperti padi, jagung, umbi-umbian, kacang-kacangan, biji-bijian dan lain sebagainya. Serta ada juga hasil perkebunan seperti tebu, kelapa sawit dan karet. Berbagai produk agraris tersebut bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal saja, melainkan juga di ekspor ke negara lain untuk membantu meningkatkan pendapatan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Pengertian Agrikultur

Keuntungan Negara Agraris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pertanian menjadi sektor utama yang diandalkan oleh negara agraris di mana sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Dengan begitu maka keberadaan para petani menjadi pekerjaan yang sangat penting untuk turut serta berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karenanya salah satu keuntungan menjadi negara agraris yaitu memiliki sumber daya manusia yang handal dalam bidang pertanian. Sehingga negara tersenut mampu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sendiri.

Mengingat betapa pentingnya sektor pertanian di negara agraris, sehingga pemerintah pun mulai melakukan pengembangan mulai dari pengolahan lahan yang benar, pemanfaatan bibit unggul, teknik penanaman hingga panen yang sudah menggunakan alat-alat berteknologi tinggi. Tentu saja tujuannya untuk memperoleh hasil pertanian yang baik serta berkualitas tinggi.

Mengacu pada pengertian agraris, adapun beberapa keuntungan menjadi negara agraris adalah sebagai berikut:

  • Sektor pertanian menjadi salah satu penumpang untuk meningkatkan perekonomian negara.
  • Dapat dengan mudah untuk memperoleh hasil pertanian demi memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri tanpa harus impor dari luar negeri.
  • Membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencintai hasil produk pertanian di negara sendiri.
  • Membantu mewujudkan terciptanya ketahanan pangan.
  • Berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan baru terutama dalam bidang perkebunan dan pertanian.
  • Berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar tidak berada di garis kemiskinan.
  • Menghindari dari krisis bahan pangan karena tidak perlu mengandalkan impor dari negara lain.

Baca juga: Sumber Daya Alam

Demikianlah penjelasan ringkas tentang pengertian agraris beserta keuntungan menjadi negara agraris. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca tentang istilah agraris.