Beranda Umum Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contoh SDA

Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contoh SDA

Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam (natural resources)? Secara umum, pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup manusia.

Pendapat lain mengatakan definisi sumber daya alam (SDA) adalah semua bahan atau zat seperti mineral, hutan, air, serta tanah subur yang terdapat di alam dan dapat digunakan untuk keuntungan ekonomi bagi manusia.

Alam telah menyediakan berbagai sumber kehidupan bagi manusia, seperti; makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya. Dengan kata lain, SDA adalah kekayaan alam (biotik dan abiotik) yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia.

Baca juga: Pengertian Ekosistem

Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu SDA, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. J. A. Katili

Menurut J.A. Katili (1983), pengertian sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.

2. Soerianegara

Menurut Soerianegara (1977), pengertian sumber daya adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang dibutuhkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

3. Valentine Jackson Chapman

Menurut Valentine Jackson Chapman (1969), pengertian SDA adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya, yakni persediaan total (total stock), sumber daya (resources) dan cadangan (reserve).

4. Walter Isard

Menurut Walter Isard (1972), pengertian sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.

Baca juga: Pengertian Ekologi

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber, sifat, dan penggunaannya. Adapun jenis-jenis SDA adalah sebagai berikut:

A. SDA Berdasarkan Sumbernya

Sumber daya alam biotik dan abiotik
SDA biotik dan abiotik

Berdasarkan sumbernya, SDA dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu biotik dan abiotik. Berikut penjelasan ringkasnya:

1. SDA Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati (biotik) adalah SDA yang sumbernya berasal dari mahluk hidup yang adalah di alam. Contohnya; tumbuh-tumbuhan, hewan, dan mikro organisme.

SDA yang berasal dari hewan, misalnya menghasilkan; daging, ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan SDA nabati merupakan produsen utama rantai makanan, menghasilkan; oksigen, rumput, daun-daunan, sayuran, buah-buahan, kayu, rempah-rempah, dan lain sebagainya.

2. SDA Non Hayati (Abiotik)

Sumber daya alam non hayati (abiotik) adalah SDA yang sumbernya berasal dari benda mati atau unsur-unsur alam yang tidak memiliki nyawa. Contohnya; air, tanah, udara, sinar matahari, batuan, mineral, bahan tambang, dan lain sebagainya.

B. SDA Berdasarkan Sifatnya

SDA yang Dapat Diperbaharui
SDA yang dapat diperbaharui

1. SDA yang Dapat Diperbaharui (Renewable)

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah SDA yang dapat dipakai berulang-ulang dan tidak akan habis karena dapat diperbaharui oleh alam terus menerus. Meskipun begitu, penggunaan SDA ini harus dilakukan dengan bijaksana dan perlu pelestarian.

Contoh SDA yang dapat diperbaharui;

  • Tumbuhan, sebagian besar mahluk hidup membutuhkan berbagai jenis tumbuhan sebagai bahan makanan. Meskipun tumbuhan dikonsumsi setiap hari, SDA ini dapat diproduksi terus-menerus oleh alam atau melalui budidaya pertanian.
  • Hewan, ada banyak SDA dari produk hewan yang bermanfaat bagi manusia. Contohnya; daging, kulit, susu, bulu, bahkan kotorannya berguna sebagi pupuk. Berbagai jenis hewan dapat bereproduksi dengan cepat dengan cara peternakan sehingga tidak akan habis atau punah.
  • Air, setiap mahluk hidup di bumi membutuhkan air untuk hidup. Alam dapat menghasilkan air secara terus menerus sehingga mahluk hidup tidak kekurangan air.
  • Tanah, SDA ini dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan untuk hidup. Meskipun tanaman menyerap unsur hara dari tanah, kualitas dan kesuburan tanah dapat kembali seperti semula melalui proses alami ataupun melalui usaha manusia (pemupukan, pengairan, dan lainnya).
  • Energi matahari, tumbuh-tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis sehingga menghasilkan energi dan makanan. Demikian juga dengan mahluk hidup lainnya, khususnya manusia yang membutuhkan energi matahari untuk menghasilkan energi terbarukan. Energi matahari merupakan salah satu sumber daya yang tidak akan habis.

2. SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui (Non Renewable)

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas sehingga akan habis/ punah jika digunakan secara terus-menerus. Adapun yang termasuk dalam SDA jenis ini adalah produk tambang.

Contoh SDA yang tidak dapat diperbaharui:

  • Batu Bara, batu bara merupakan hasil tambang yang dapat digunakan manusia sebagai bahan bakar. Alam menghasilkan SDA ini dari timbunan dan pembusukan sisa tumbuhan dimana prosesnya membutuhkan waktu jutaan tahun.
  • Logam, sumber daya ini tidak dapat diperbaharui oleh alam dengan cepat. Beberapa jenis logan diantaranya emas, besi, aluminium, tembaga, timah, nikel, platina. Logam tersebut diperlukan untuk membuat berbagai jenis benda untuk kebutuhan manusia.
  • Minyak bumi, minyak bumi terbentuk dari jasad renik hewan yang tertimbun dalam waktu ribuan tahun. Dan untuk mendapatkannya harus melalaui pengeboran sehingga manusia mendapatkan minyak mentah untuk diolah menjadi bensin, minyak tanah, solar, parafin, dan lain sebagainya.

C. SDA Berdasarkan Kegunaannya

Jenis SDA
SDA penghasil energi

1. SDA Penghasil Energi

SDA penghasil energi adalah semua kekayaan alam yang dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh manusia. Beberapa contoh SDA yang memproduksi energi adalah:

  • Sinar matahari
  • Air sungai
  • Udara/ angin
  • Gas bumi
  • Ombak laut

2. SDA Penghasil Bahan Baku

SDA penghasil bahan baku adalah semua kekayaan alam yang dapat dipakai untuk menghasilkan suatu benda/ barang yang memiliki nilai jual/ guna. Beberapa yang termasuk SDA yang memproduksi bahan baku adalah:

  • Hasil pertanian
  • Hasil hutan
  • Barang tambang

Baca juga: Pengertian Geografi

Manfaat Sumber Daya Alam

Manfaat Sumber Daya Alam

Secara umum, SDA memberikan banyak manfaat bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia. Adapun beberapa manfaat SDA adalah sebagai berikut:

  • Sumber Bahan Makanan; Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air, hewan, dan tumbuh-tumbuhan merupakan bahan makanan/ minuman yang dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Misalnya daging, sayuran, tepung, dan bahan makanan lainnya yang berasal dari alam.
  • Sumber Bahan Bakar dan Energi; Manusia telah menemukan cara untuk mengubah SDA menjadi energi untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya energi matahari yang dapat diubah menjadi energi listrik.
  • Pengembangan Teknologi; Peradaban manusia di bumi selalu mengalami perubahan dengan disertai adanya teknologi dan inovasi di berbagai bidang. Dalam hal ini, proses inovasi tersebut tentu membutuhkan SDA alam secara terus menerus sehingga menghasilkan teknologi terbaru yang memudahkan manusia.
  • Menjaga Keseimbangan Alam; Selain untuk menunjang kehidupan umat manusia, SDA juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Ketika SDA dieksploitasi secara besar-besaran maka akan merusak keseimbangan alam itu sendiri.

Baca juga: Arah Mata Angin

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian sumber daya alam, jenis dan contohnya, serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...