Majas Metonimia: Pengertian, Ciri, Contoh Majas Metonimia

Majas metonimia cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun, ternyata banyak yang tidak menyadari bahwa kata-kata tersebut merupakan sebuah gaya bahasa dalam bahasa Indonesia.

Sebenarnya, apa itu metonimia dan apa seperti apa contoh majas metonimia dalam percakapan sehari-hari? Artikel ini akan menjelaskannya secara ringkas.

Pengertian Majas Metonimia

Secara singkat, pengertian majas metonimia adalah suatu gaya bahasa yang menggunakan sebagian atau seluruh kata yang merupakan merek, label, ciri khas, maupun atribut tertentu yang merupakan satu kesatuan dari sebuah kata untuk menggantikan nama suatu benda atau barang.

Kata “metonimia” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata “meto” yang artinya menunjukkan perubahan dan kata “anoma” yang artinya nama. Dengan begitu metonimia adalah gaya bahasa yang memakai suatu kata tertentu untuk menyatakan hal lain karena memiliki hubungan yang sangat dekat.

Jenis gaya bahasa ini memakai kata-kata yang berhubungan dengan merek dagang, nama barang, ciri-ciri, untuk menggambarkan sesuatu secara keseluruhan. Misalnya, menggunakan kata “DELL” untuk menyebutkan perangkat laptop atau komputer, dan orang lain akan paham bahwa yang dimaksudkan adalah laptop atau komputer.

Baca juga: Macam-Macam Majas

Ciri-Ciri Gaya Bahas Metonimia

Gaya bahasa metonimia memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis majas lainnya. Mengacu pada definisinya, adapun ciri-ciri metonimia adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan kata-kata tertentu (merek, ciri khusus, jenis, dan lainnya) untuk menggantikan nama benda atau barang.
  • Terdapat keterkaitan atau hubungan antara nama suatu benda dengan  kata-kata yang digunakan untuk menggantikan nama benda tersebut.
  • Dalam majas ini terdapat hubungan keterpautan (kontiguitas), yaitu spasial, temporal, dan kausal.

Baca juga: Majas Asosiasi

Contoh Majas Metonimia

Kita akan lebih mudah memahami tentang majas metonimia setelah membaca contohnya dalam kalimat. Berikut ini adalah beberapa contoh majas metonimia yang sering digunakan dalam kalimat atau percakapan sehari-hari:

  1. Pria itu bisa menghabiskan sebungkus Djarum Coklat dalam sehari (Djarum coklat = merek rokok).
  2. Wati membeli Dell di Mangga Dua untuk keperluan pekerjaannya (Dell = merek Laptop/ komputer).
  3. Pelatih sepak bola itu merekomendasikan Aqua untuk diminum anak didiknya setiap kali melakukan latihan (Aqua = merek air mineral).
  4. Wanda membeli Kijang berwarna putih sebagai kado hadiah ulang tahun kepada suaminya (Kijang = jenis mobil keluaran Toyota).
  5. Ale suka berbelanja di Indomaret karena cukup lengkap (Indomaret = toko swalayan).
  6. Ibu selalu menyuguhkan sariwangi setiap kali bapak pulang dari kantor (sariwangi = merek teh).
  7. Setelah diterima bekerja, Nadia langsung menghubungi keluarganya dengan Nokia miliknya untuk menyampaikan kabar gembira tersebut (Nokia = merek ponsel).
  8. Andi berangkat ke sekolah setiap hari dengan menggunakan Yamaha milik ayahnya (Yamaha = mereka sepeda motor).
  9. Justin baru saja membeli Avanza keluaran terbaru untuk kendaraan pribadinya (Avanza = jenis mobil keluaran Toyota).
  10. Henny dan keluarga selalu menggunakan Garuda setiap kali melakukan perjalanan pulang kampung (Garuda = merek maskapai penerbangan).
  11. Mba Ika selalu menggunakan Rinso setiap kali mencuci pakaian (Rinso = merek deterjen).
  12. Setiap menjelang Idul Fitri, keluarga Joni selalu membeli Marjan untuk disajikan ke tamu (Marjan = merek syrup).
  13. Wanita sosialita itu menghabiskan uang ratusan juta untuk membeli Gucci yang disukainya (Gucci = mereka produk fashion).
  14. Rio dan keluarga suka berbelanja di Matahari karena harganya terjangkau dan sering ada diskon (Matahari = merek pasaraya atau toko serba ada).
  15. Anak kecil itu tidak sengaja menumpahkan sebotol Pantene milik ibunya (Pantene = merek shampo).

Baca juga: Majas Eufemisme

Itulah penjelasan ringkas mengenai majas metonimia, mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, hingga contoh majas metonimia yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menambah wawasan kamu.

Satu pemikiran pada “Majas Metonimia: Pengertian, Ciri, Contoh Majas Metonimia”

  1. Selalu ngerti kalau buka web ini, terima kasih. 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: