Beranda Umum Arti Bijaksana: Pengertian, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang Bijaksana

Arti Bijaksana: Pengertian, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang Bijaksana

Arti Bijaksana Adalah

Arti Bijaksana Adalah

Apa yang dimaksud dengan bijaksana? Secara umum, arti bijaksana adalah sikap seseorang yang selalu bertindak berdasarkan akal sehat dan logis sehingga dapat bersikap tepat dalam menghadapi setiap keadaan dan peristiwa.

Pendapat lain mengatakan arti bijaksana adalah suatu sikap dimana seseorang dapat menyesuaikan atau menempatkan diri dan segala sesuatunya terhadap keadaan yang sedang terjadi. Pada umumnya, orang yang bijaksana dapat mengambil keputusan yang adil, baik untuk dirinya sendiri maupun terhadap orang lain.

Bijaksana bukanlah suatu bentuk kepandaian. Namun demikian, kepandaian seseorang turut membantu dalam bersikap bijaksana. Orang yang cerdas seringkali dianggap bijaksana karena kemampuannya dalam mengambil keputusan yang tepat dengan kepala dingin dan sesuai dengan keadaaan.

Baca juga: Pengertian Adab

Manfaat Bersikap Bijaksana

Dari penjelasan mengenai arti bijaksana, dapat disimpulkan bahwa bersikap bijaksana merupakan suatu hal yang baik. Adapun beberapa manfaat bijaksana adalah sebagai berikut:

  • Dengan bersikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari maka seseorang telah membuat hal yang baik bagi dirinya dan orang lain
  • Bersikap bijaksana akan membuat seseorang terlihat lebih berwibawa sehingga akan dihormati banyak orang.
  • Memiliki sikap yang bijaksana akan lebih dipercaya orang.
  • Dengan bersikap bijaksana maka lingkungan menjadi damai dan sejahtera karena tercapainya keseimbangan antara hak dan tanggung jawab.
  • Kebijaksanaan erat kaitannya dengan keadailan. Dengan bersikap bijaksana akan menciptakan keadilan di masyarakat.
  • Bersikap bijaksana berarti membantu mewujudkan terlaksannya nilia-nilai yang terkandung dalam pancasila. Seperti yang kita tahu bahwa pancasila merupakan sumber negara yang kaya dengan nilai-nilai.

Baca juga: Pengertian Moral

Ciri-Ciri Orang Bijaksana

Seseorang dapat dikatakan memiliki sikap bijaksana bila perkataan dan perbuatannya menghasilkan hal yang baik. Adapun beberapa ciri orang bijaksana adalah sebagai berikut:

  • Pada umumnya orang yang bijaksana mengenakan pakai yang rapih karena menghargai dirinya sendiri.
  • Sebelum berkata, orang yang bijaksana biasanya mau mendengarkan dan akan berpikir terlebih dahulu.
  • Kebiasaannya dalam berpikir membuat rasa ingin tahunya semakin tinggi.
  • Pandai membaca keadaan sehingga mengetahui waktu yang tepat kapan harus berbicara dan kapan harus diam.
  • Tidak sembarangan menilai orang lain meskipun tidak sesuai dengan pendapatnya.
  • Biasanya orang yang bijaksana lebih mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.
  • Tidak egois atau memperdulikan kepentingan orang lain dalam mengambil keputusan.
  • Rendah hati dan menghargai orang lain.
  • Tidak berlebihan dalam bersendau gurau.
  • Selalu berusaha menjaga perasaan orang lain.

Baca juga: Arti Integritas

Cara Menjadi Bijaksana

Menjadi bijaksana bisa dilakukan dengan cara mampu menggendalikan diri sehingga dapat bersikap sesuai dengan kondisi tempat dan waktu. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu seseorang menjadi pribadi yang bijaksana;

1. Berpikir Sebelum Berbicara

Orang bijak selalu memikirkan segala sesuatu yang akan dia lalukan terlebih sebelum berbicara. Kualitas seseorang bisa dilihat dari kata-kata yang  mereka ucapkan.

Orang bijak akan berbicara jika yang dibicarakan bermanfaat bagi orang lain. Dan sebaliknya, orang bijak memilih diam jika memang dirasa tidak perlu karena memang tidak ada korelasi antara banyak bicara dengan kepandaian seseorang.

2. Bersikap Adil dan Tidak Egois

Dalam bersosialisasi tentu melibatkan banyak orang sehingga harus mengedepankan kepentingan bersama. Orang bijak tidak egois mementingkan dirinya sendiri tetapi dapat menyeimbangkan kepentingan pribadi dan umum. Dengan keseimbangan tersebut akan menciptakan lingkungan yang harmonis.

3. Teguh Pada Pendirian

Hal yang biasa dilakukan oleh orang bijak adalah merenung dan berpikir. Ia banyak belajar dari pengalaman atau lingkungan sekitar sehingga meliliki pengetahuan dan pemikiran yang luas. Luasnya pengetahuan yang dimiliki membuatnya tidak mudah mengikuti kebanyakan orang.

4. Selalu Mencoba Memahami Orang Lain

Orang yang bijaksana tidak akan mudah menghakimi orang lain. Ia akan melihat segala sesuatu dari banyak sudut pandang yang berbeda. Hal tersebut tidaklah mudah dilakukan namun Anda bisa mulai membiasakan diri untuk berpikiran terbuka untuk menjadi pribadi yang bijaksana.

5. Menerima Orang Lain Apa Adanya

Setiap individu memiliki keunikannya masing-masing dan hal tersebut sangat disadari oleh orang-orang bijak. Orang bijak menghargai orang lain dengan menghormati perbedaan-perbedaann tersebut. Dengan saling mengormati akan mencintakan kerukunan dalam bermasyarakat.

6. Tidak Bertindak Impulsif dan Memiliki Tujuan

Bertindak gegabah dan sembarang bukanlah perilaku orang bijaksana. Orang bijaksana dapat menggontrol perasaan dan tindakan dengan baik sehingga dapat terhindar dari tindakan yang tidak pantas.

Baca juga: Pengertian Bakat

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti bijaksana, manfaat, ciri-ciri, serta cara menjadi seseorang yang bijaksana. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.