Beranda Umum Pengertian Bakat: Arti, Jenis-Jenis, dan Contoh Bakat

Pengertian Bakat: Arti, Jenis-Jenis, dan Contoh Bakat

Pengertian Bakat Adalah

Pengertian Bakat Adalah

Apa yang dimaksud dengan bakat (aptitude)? Secara singkat, pengertian bakat adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dimana kemampuan tersebut sudah melekat dalam dirinya dan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal tertentu dengan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan orang biasa.

Pendapat lain mengatakan pengertian bakat adalah kemampuan yang ada di dalam diri seseorang sejak lahir dimana kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan dengan hasil yang baik.

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda dan bentuknya sangat beragam. Misalnya seperti bakat musik, menari, melukis, dan lain sebagainya. Dalam hal ini bakat juga dipengaruhi beberapa faktor karena suatu bakat bisa cepat atau lambat berkembang apabila:

  • Tingkat pendidikan yang didapatkan seseorang.
  • Faktor lingkungan sekitar yang dapat mendukung bakat seseorang.
  • Struktur saraf motorik yang baik.
  • Motivasi dan minat seseorang untuk belajar serta mengasah bakatnya.

Baca juga: Pengertian Kreatif

Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu bakat, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. William B. Michael

Menurut William B. Michael, pengertian bakat adalah suatu kapasitas yang ada dalam diri seseorang yang mana dalam melakukan tugas serta melakukannya dipengaruhi oleh latihan yang sudah dijalaninya.

2. S.C Utami Munandar

Menurut S.C Utami Munandar, bakat adalah sebuah kemampuan bawaan dari seseorang yang mana sebagai potensi yang masih perlu untuk dikembangkan lebih lanjut dan dilatih agar dapat mencapai impian yang ingin diwujudkan.

3. Kartini Kartono

Menurut Kartini Kartono, pengertian bakat adalah hal yang mencakup segala faktor yang ada di dalam diri individu yang dimiliki sejak awal pertama kehidupannya dan kemudian menumbuhkan perkembangan keahlian, ketrampilan, dan kecakapan tertentu. Bakat ini sifatnya laten potensial, sehingga masi bisa tumbuh dan dikembangkan.

4. Suganda Pubakawatja

Menurut Suganda Pubakawatja, pengertian bakat adalah benih yang berasal dari suatu sifat yang mana baru akan tampak nyata jika seseorang tersebut mendapat sebuah kesempatan dan kemungkinan untuk dapat mengembangkannya.

5. M. Ngalim Purwanto

Menurut M. Ngalim Purwanto, bakat adalah kecakapan pembawaan, yang mana mengenai kesanggupan dan potensi tertentu yang dimiliki oleh seseorang.

Baca juga: Pengertian Logika

Jenis-Jenis Bakat

Secara umum, bakat dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bakat umum dan bakat khusus. Berikut penjelasan ringkas mengenai kedua jenis bakat tersebut:

  1. Bakat Umum; Apakah umum adalah kemampuan berupa potensi dasar di dalam diri seseorang yang sifatnya umum. Dengan kata lain, bakat umum ini dimiliki oleh setiap individu dan menjadi sesuatu yang lumrah.
  2. Bakat Khusus; Bakat khusus adalah suatu kemampuan atau potensi khusus yang dimiliki oleh seseorang. Dengan kata lain, tidak semua orang memiliki bakat khusus yang sama antara satu orang dengan orang lainnya.

Baca juga: Pengertian Motivasi

Contoh Bakat

Banyak yang beranggapan bahwa bakat dan minat adalah dua hal yang sama, padahal keduanya berbeda. Minat cenderung pada keadaan dimana individu memiliki perhatian khusus terhadap sesuatu dan ingin mempelajarinya lebih dalam, sedangkan bakat seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu sesuatu yang sudah melekat sejak lahir.

Berikut ini adalah beberapa contoh bakat:

1. Bakat Umum

Bakat umum merupakan kemampuan atau potensi dasar seseorang dan dimiliki setiap individu. Beberapa contoh bakat umum manusia diantaranya:

  • Mampu berbicara.
  • Mampu berpikir.
  • Mampu berjalan atau bergerak.
  • Mampu menulis dan membaca.
  • Dan lain-lain.

2. Bakat Khusus

Bakat khusus merupakan kemampuan atau potensi khusus yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Beberapa contoh bakat khusus yang ada di dalam diri orang-orang tertentu, misalnya:

  1. Bakat verbal, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam verbal yang ditunjukkan dengan konsep atau dalam bentuk kata kata.
  2. Bakat numerial, yaitu kemampuan khusus seseorang di bidang bentuk angka atau matematika.
  3. Bakat skolastik, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal-hal yang berhubungan dengan angka dan kata. Jenis bakat ini mencakup kemampuan berpikir, penalaran, mengurutkan, menciptakan hipotesis, pandangan hidup yang bersifat rasional dan lainnya. Biasanya pekat seperti ini ditemukan pada seorang ilmuwan, akuntan, pemograman atau sejenisnya.
  4. Bakat abstrak, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal membuat pola, rancangan, ukuran, bentuk atau posisi posisinya.
  5. Bakat mekanik, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam bentuk prinsip umum IPA, alat-alat, tata kerja atau lainnya.
  6. Bakat relasi ruang, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal mengamati atau menceritakan pola dua dimensi maupun berpikir dalam tiga dimensi. Bakat ini biasanya dimiliki oleh fotografer, artis, pilot, arsitek atau profesi lainnya.
  7. Bakat ketelitian klerikal, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal tulis-menulis, meramu dan di bidang laboratorium.
  8. Bakat bahasa, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam penalaran analisis bahasa. Bakat ini sangat dibutuhkan pada bidang penyiaran, hukum, editing, pramuniaga, jurnalistik atau profesi lainnya yang sejenis.

Baca juga: Arti Apatis

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian bakat, jenis-jenis, serta beberapa contoh bakat yang dimiliki oleh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...