Beranda Sosial Pengertian Imitasi: Definisi, Faktor, Dampak, dan Contohnya

Pengertian Imitasi: Definisi, Faktor, Dampak, dan Contohnya

Pengertian Imitasi Adalah

Pengertian Imitasi Adalah

Apa yang dimaksud dengan imitasi (imitation)? Secara umum, pengertian imitasi adalah suatu tindakan atau proses sosial dimana seseorang meniru orang lain, baik itu penampilan fisik, sikap, tingkah laku, gaya hidup, dan hal-hal lain yang dimiliki orang lain tersebut.

Pendapat lain mengatakan pengertian imitasi adalah perilaku lanjut di mana seorang individu mengamati dan mereplikasi perilaku orang lain. Imitasi merupakan bentuk pembelajaran sosial yang mengarah pada pengembangan tradisi dan budaya sehingga terjadi transfer informasi dalam bentuk perilaku, sikap, kebiasaan, dan lain-lain, tanpa harus melalui pewarisan genetik.

Kata “imitasi” dapat digunakan dalam banyak konteks, mulai dari kehidupan sosial, politik, bahkan pelatihan hewan. Namun secara umum, istilah ini merujuk pada sebuah sikap yang berusaha meniru seseorang atau sesuatu.

Baca juga: Pengertian Adaptasi

Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Imitasi

Imitasi tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang meniru orang lain. Mengacu pada pengertian imitasi, adapun beberapa faktor yang mempengaruhi proses imitasi adalah sebagai berikut:

  • Adanya interaksi sosial yang cukup baik di dalam masyarakat.
  • Adanya sesuatu atau seseorang yang memiliki dampak atau pengaruh besar di dalam masyarakat.
  • Adanya sikap terbuka, menerima, dan mengagumi di dalam diri setiap individu terhadap apa yang akan diimitasi atau ditiru.
  • Adanya minat atau perhatian yang cukup besar terhadap sesuatu atau seseorang yang akan diimitasi atau ditiru.

Baca juga: Mobilitas Sosial

Dampak Imitasi

Pada dasarnya proses imitasi akan menghasilkan dampak bagi individu, kelompok, dan masyarakat secara keseluruhan. Dampak tersebut bisa dalam hal positif, dan bisa juga dalam hal negatif, tergantung pada sesuatu atau seseorang yang diimitasi.

Adapun dampak positif dan negatif proses imitasi adalah sebagai berikut:

  1. Dampak Positif Imitasi: proses imitasi dapat mendorong seseorang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang baik sehingga tercipta kondisi masyarakat yang harmonis, selaras, stabil, dan teratur.
  2. Dampak Negatif Imitasi; proses imitasi dapat melemahkan atau bahkan menghilangkan daya kreasi seseorang sehingga tidak orisinil dalam berpikir, berkarya, dan berekspresi. Imitasi juga dapat membuat seseorang kurang percaya diri, inisiasi rendah, dan perasaan takut ditolak bila tidak mampu mengikuti seseorang atau sesuatu yang diimitasi.

Pengaruh positif dalam poses imitasi akan menghasilkan dampak positif. Misalnya seseorang yang meniru tokoh yangn memiliki karakter baik akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Sedangkan pengaruh negatif pada saat proses imitasi akan menghasilkan dampak negatif. Misalnya seseorang yang memiliki kebiasaan meniru karya orang lain akan membuat daya kreasi orang tersebut semakin lemah atau hilang.

Baca juga: Arti Dedikasi

Contoh Imitasi

Setelah mengetahui pengertian, faktor, dan dampak imitasi, maka kita juga mengetahui beberapa contoh imitasi. Berikut ini adalah contoh proses imitasi yang sering terjadi:

  1. Proses imitasi yang dilakukan manusia dimulai dari keluarga. Seorang anak umumnya akan meniru apapun yang dilakukan oleh orang tuanya, baik dalam hal cara berbicara, bersikap, emosi, dan lain-lain. Itulah mengapa ada ungkapan yang mengatakan “anak adalah cerminan dari orangtuanya”.
  2. Proses imitasi juga terjadi di sekolah, dimana para murid akan meniru atau mengimitasi guru yang ada di sekolahnya. Selain belajar tentang mata pelajaran, para murid juga belajar tentang perilaku gurunya dan meniru atau mencontohnya. Itulah mengapa ada ungkapan yang mengatakan “guru kencing berdiri, murid kencing berlari” yang artinya murid biasanya mencontoh gurunya.
  3. Dalam lingkungan masyarakat, proses imitasi paling mudah terjadi di kalangan anak muda karena pada umumnya mereka masih dalam proses mencari jati diri. Misalnya; seorang anak muda yang mengidolakan seorang artis terkenal. Anak muda tersebut melakukan imitasi dengan meniru tokoh idolanya tersebut, mulai gaya rambut, gaya berpakaian, cara berbicara, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Sosial

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian imitasi, faktor yang mempengaruhi, dampak, serta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.