Beranda Sosial Arti Attitude: Pengertian, Karakteristik, dan Perannya Dalam Pekerjaan

Arti Attitude: Pengertian, Karakteristik, dan Perannya Dalam Pekerjaan

Arti Attitude Adalah

Arti Attitude Adalah

Apa yang dimaksud dengan attitude (sikap)? Secara umum, arti attitude adalah sikap, perilaku atau tingkah laku seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap tersebut.

Pendapat lain mengatakan pengertian attitude adalah sikap pada aspek afektif yang menentukan seseorang dalam bertindak, karena adanya kemauan atau kerelaan bertindaklah yang menentukan seseorang berbuat sesuai karakter sikap yang dimilikinya.

Attitude sering dikaitkan dengan kesiapan mental individu yang mempengaruhi dan juga menentukan kegiatan individu yang bersangkutan dalam merespon obyek atau situasi yang mempunyai arti baginya. Attitude selalu berkenaan dengan suatu objek dan sikap terhadap objek yang disertai dengan perasaan positif maupun negatif.

Baca juga: Pengertian Akhlak

Karakteristik Attitude

Mengacu pada penjelasan arti attitude di atas, attitude yang dimiliki seseorang memiliki beberapa karakteristik. Adapun karakteristik attitude adalah sebagai berikut:

  • Attitude bukan merupakan sikap yang dibawa sejak seseorang dilahirkan, melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan individu tersebut dalam hubungan dengan orang lain.
  • Attitude bukan merupakan sikap yang tetap, melainkan dapat berubah-ubah. Perilaku atau tingkah laku dapat dipelajari seseorang atau sebaliknya sehingga membuat attitude dapat berubah-ubah bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat tertentu yang mempermudah berubahnya sikap pada individu tersebut.
  • Attitude tidak dapat berdiri sendiri, tetapi senantiasa mengandung relasi tertentu pada suatu objek.
  • Objek attitude adalah suatu hal tertentu, tapi juga bisa merupakan kumpulan dari hal-hal tersebut. Dengan kata lain attitude bisa berkaitan dengan satu objek namun juga bisa berkaitan dengan beberapa objek sekaligus.
  • Attitude memiliki segi-segi motivasi dan juga segi-segi perasaan.

Baca juga: Pengertian Moral

Peran Attitude Dalam Lingkungan Kerja

Attitude menjadi bagian penting dalam kehidupan seseorang, terutama berkaitan dengan kehidupan seseorang kepada lingkungan sekitarnya atau pekerjaannya. Penilaian dari attitude individu merupakan hasil dari sikap atau responnya terhadap lingkungannya.

Attitude berkaitan dengan sikap atau perilaku seseorang sehari-hari yang bekerja dengan hati nurani. Dalam lingkungan kerja, adapun beberapa peran attitude adalah sebagai berikut:

1. Attitude Mengalahkan Hard Skill

Skill mungkin adalah sesuatu yang bisa dipelajari, namun attitude sangat sulit untuk diubah. Meskipun bukan bawaan dari lahir, namun seeorang dengan sifat atau kepribadian tertentu cukup sulit untuk mengalami perubahan yang signifikan. Seseorang dengan attitude yang baik biasanya memiliki kemampuan beradapatasi yang baik terhadapĀ  lingkungannya.

Tentu saja dalam dunia kerja, perusahaan cenderung akan memilih calon karyawan yang memiliki kepribadian terbuka dan rendah hati karena mereka harus siap dan bisa untuk ditempatkan dimanapun.

2. Attitude Memungkinkan Pekerja Lebih Kompak

Secara tidak langsung, attitude merupakan bagian dari sikap untuk saling menjaga respect sehingga dalam hal ini produktivitas dari perusahaan bisa meningkat dengan optimal. Dimana menuntut sesama karyawan bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik misalnya dalam menyampaikan keluhan atau masukan terkait kesulitan yang dialami antar divisi dalam sebuah perusahaan.

3. Attitude Membantu Mengatasi Berbagai Masalah

Dalam lingkungan kerja, tentunya sikap untuk saling menghargai sangat penting. Dengan memiliki attitude yang baik, maka kita bisa menciptakan suasana di lingkungan kerja yang lebih nyaman. Bukan hanya untuk hubungan karyawan dengan atasan saja, melainkan ke sesama karyawan. Sehingga segala macam masalah dapat teratasi dengan baik.

Baca juga: Pengertian Toleransi

Itulah pembahasan ringkas mengenai arti attitude, ciri-ciri, dan peran attitude dalam lingkungan kerja. Bagaimanapun juga, attitude yang baik bisa menjadi salah satu faktor untuk melakukan penilaian pada seseorang.