Beranda Marketing Pengertian Baliho: Ciri-Ciri, Fungsi, Manfaat, dan Jenis Baliho

Pengertian Baliho: Ciri-Ciri, Fungsi, Manfaat, dan Jenis Baliho

Pengertian Baliho Adalah

Pengertian Baliho Adalah

Apa yang dimaksud dengan baliho? Secara umum, pengertian baliho adalah suatu media atau sarana promosi yang mengandung unsur memberitakan suatu kegiatan atau event yang berkaitan dengan khalayak umum.

Istilah “baliho” sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang berarti menyampaikan. Apa yang disampaikan melalui baliho adalah pesan yang tersirat, promosi, iklan atau pemberitahuan yang sifatnya agar diketahui khalayak umum. Baliho juga sangat berhubungan dengan media berpromosi suatu produk.

Baliho merupakan salah satu hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada kecanggihan mesin cetak digital. Media promosi ini dicetak menggunakan mesin print digital yang umumnya berbentuk vertikal maupun portrait.  Baliho sering digunakan karena baliho mudah dipindah-pindahkan posisinya, mudah digulung, awet, dan juga praktis.

Baca juga: Pengertian Poster

Ciri-Ciri Baliho

Mengacu pada pengertian baliho seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adapun berikut ini ciri-ciri baliho:

  • Baliho dibuat untuk mempromosikan suatu event atau produk tertentu kepada khalayak.
  • Memiliki ukuran yang besar sehingga mudah terlihat oleh khalayak luas.
  • Biasanya ditempatkan di pinggir jalan yang bisa dilihat oleh khalayak umum.
  • Proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung mudah dan cepat.

Fungsi dan Manfaat Baliho

Penggunaan baliho sebagai media informasi dan promosi bukan tanpa alasan. Dalam penggunaan baliho terdapat beberapa fungsi dan manfaat yang tidak dimiliki oleh media lainnya.

Adapun beberapa fungsi dan mantaat baliho adalah sebagai berikut:

  • Untuk menyampaikan materi iklan kepada masyarakat luas.
  • Baliho sebagai media promosi yang mudah dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu besar.
  • Sebagai promosi kontemporer dan dapat dilakukan secara instan.
  • Baliho untuk menaikkan penjualan atau market serta menaikkan pamor atau popularitas dari pengiklan.

Baca juga: Pengertian Iklan

Beberapa Jenis Baliho

Jenis-jenis baliho dapat dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan dan juga berdasarkan ukurannya. Adapun beberapa jenis baliho adalah sebagai berikut:

  • Flexi Korea/ Flexi Cina, kualitas bahan keduanya tidak jauh berbeda.
  • Flexi Jerman, baliho dengan kualitas bahan yang lebih bagus dan harganya lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.
  • Abadros, baliho dengan kualitas yang lebih bagus untuk baliho kategori indoor. Kelebihan dari bahan ini memiliki permukaan halus sehingga membuat hasil desainnya juga lebih fokus.
  • Baliho Vertikal, baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter. Biasanya dibuat dengan bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan dipasang pada tiang.
  • Baliho Horizontal, baliho yang berukuran 3×4 meter. Baliho ini umumnya dibuat dengan bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.

Baliho pada umumnya di didefinisikan sebagai suatu poster dengan ukuran yang lebih besar, yakni 2 hingga 4 kali lebih besar dari ukuran poster pada umumnya. Sehingga baliho dapat dikatakan sebagai poster yang berukuran besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa poster memiliki ukuran internasional antara A0, A1, A2 dan A3. Yang membedakan antara baliho dan poster lainnya yaitu terdapat display systemnya. Selain itu baliho biasanya mempunyai display dengan sistem kaki maupun dudukan dengan bentuk misalnya Y, X, Ring atau Donut.

Selain model-model kaki baliho tersebut masih banyak model lainnya untuk display system. Misalnya moving roll baliho atau baliho yang bisa diputar. Ada juga hanging baliho yaitu baliho yang dapat digantung.

Baca juga: Pengertian Promosi

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian baliho beserta ciri-ciri, fungsi, dan beberapa jenis baliho? Semoga bisa menjadi pengetahuan bagi pembaca tentang istilah baliho.