5 Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Ada di Indonesia

5 Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Ada di Indonesia

Contoh Pasar Persaingan Sempurna
Pasar beras via beritadaerah.co.id

Apa saja contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia saat ini? Sebelum membahas topik ini, tidak ada salahnya kita mengingat kembali apa itu pasar dan apa saja jenis pasar.

Secara umum, pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan aktivitas transaksi jual beli produk, baik itu barang maupun jasa. Sedangkan jenis pasar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Ada beberapa ciri pasar persaingan tidak sempurna, yaitu:

  • Penjual dan pembeli jumlahnya banyak.
  • Penetapan harga ditentukan oleh penawaran dan permintan.
  • Jenis barang yang dijual adalah homogen atau sejenis.
  • Tidak terjadi intervensi harga, baik dari penjual, pembeli, atau pihak luar.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia, baik itu pasar komoditas kebutuhan pokok dan juga pasar modal:

1. Pasar Beras

Pasar Beras
Pasar beras via beritadaerah.co.id

Pasar yang fokus menjual beras merupakan salah satu contoh pasar persaingan sempurna. Seperti kita ketahui di dalam pasar beras terdapat beberapa penjual yang menawarkan produk yang serupa dan pembeli di pasar ini sangat banyak.

Penetapan harga di pasar beras tidak dapat ditentukan oleh penjual ataupun pembeli karena sudah ada mekanismenya. Walaupun jenis produknya sama, yaitu beras, semua produsen di pasar ini memiliki konsumen.

Adanya perbedaan kualitas produk pada masing-masing produsen akan mempengaruhi harga, sehingga sangat sesuai dengan ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Dan penentuan harga di pasar beras adalah melalui proses tawar-menawar terhadap beras.

2. Pasar Sayuran

Pasar Sayuran
Pasar Sayuran via gilangnews.com

Contoh pasar persaingan sempurna berikutnya adalah pasar sayuran, yaitu pasar yang di dalamnya hanya menjual produk sayuran dan sejenisnya (homogen).

Pasar sayuran ini ada banyak sekali dan mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Di pasar ini jumlah penjual dan pembelinya sama-sama banyak.

Pada pasar sayuran, penetapan harga ditentukan oleh jumlah permintaan dan penawaran di pasar. Artinya, semakin banyak permintaan maka harga dapat semakin tinggi. Sebaliknya, semakin besar penawaran maka harga akan semakin rendah.

3. Pasar Buah-Buahan

Pasar Buah-Buahan
Pasar buah via bello.id

Sama halnya seperti pasar sayuran, di pasar buah pada umumnya hanya menjual buah-buahan dan produk sejenis. Pasar ini merupakan salah satu bentuk pasar persaingan sempurna karena sesuai dengan ciri-cirinya.

Jenis buah-buahan di pasar ini biasanya sangat banyak, namun sebagian besar penjual menjual buah-buahan yang sama (homogen).

Penetapan harga di pasar buah-buahan ditentukan oleh mekanisme jumlah permintaan dan penawaran yang ada di pasar. Sehingga penjual dan pembeli hanya bisa mengikuti mekanisme tersebut.

4. Pasar Gandum

Pasar Gandum
Ilustrasi Gandum via Google

Gandum merupakan salah satu bahan makanan yang dipakai untuk membuat roti dan makanan lainnya. Meskipun gandum bukanlah makanan utama di Indonesia, ternyata pasar gandum termasuk komoditi yang banyak diperjual-belikan.

Pasar gandum termasuk salah satu contoh pasar persaingan sempurna. Di dalam pasar gandum terdapat banyak penjual dan pembeli, dan harga di pasar ini ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran.

5. Pasar Modal (Bursa Efek)

Contoh Pasar Persaingan Sempurna
Ilustrasi pasar modal via merdeka.com

Pasar Modal adalah pasar yang terdapat aktivitas perdagangan surat-surat berharga seperti saham, equitas, obligasi, dan surat berharga lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta.

Pasar modal termasuk salah satu contoh pasar persaingan sempurna karena dalam kegiatannya mengandung ciri-ciri pasar persaingan sempurna.

Dalam operasional bursa efek, harga-harga ditentukan oleh mekanisme harga, yaitu sesuai permintaan dan penawaran saham atau instrumen pasar modal lainnya. Pemerintah dan pelaku pasar modal tidak dapat melakukan intervensi terhadap harga.

Baca juga: Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Demikianlan ulasan singkat tentang beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia. Mungkin ada dari contoh di atas yang belum seutuhnya pasar persaingan sempurna, namun ciri-cirinya sudah sangat mendekati contoh pasar persaingan sempurna. Semoga bermanfaat.