Beranda Ekbis Arti Ekspansi: Memahami Apa Itu Ekspansi dan Beberapa Jenisnya

Arti Ekspansi: Memahami Apa Itu Ekspansi dan Beberapa Jenisnya

Memahami Arti Ekspansi

Sebenarnya, apa arti ekspansi? Istilah ini sangat sering digunakan dalam berbagai bidang ilmu, seperti; ekonomi, politik, dan fisika. Namun, tentu saja kata “ekspansi” memiliki pengertian umum yang menjadi dasar dalam penggunaanya pada bidang-bidang ilmu tertentu.

Di artikel ini saya akan menjelaskan secara ringkas dan padat seputar eskpansi. Lalu, apa yang akan kamu dapat pelajari dari artikel ini?

  • Pertama, kamu akan mengerti apa itu ekspansi, baik pengertiannya secara umum maupun di bidang ilmu tertentu.
  • Kedua, kamu akan mengetahui beberapa jenis ekspansi di bidang ekonomi dan bisnis.
  • Ketiga, kamu akan mengetahui beberapa jenis ekspansi dalam bisnis.

Lalu, apa yang dimaksud dengan ekspansi?

Arti Ekspansi Adalah

Secara umum, arti ekspansi adalah suatu proses atau tindakan yang dilakukan agar sesuatu menjadi lebih besar atau lebih luas. Secara etimologi, kata “ekspansi” berasal dari bahasa latin ‘expandere’ yang diserap ke dalam bahasa Inggris, yaitu “expansion” (kata dasar “expand“) yang artinya menyebar.

Menurut kamus bahasa Cambridge Dictionary, kata ekpansi artinya suatu upaya untuk bertambah dalam segi ukuran, jumlah, maupun kepentingan. Dengan kata lain, istilah “ekspansi” merujuk pada suatu tindakan membuat suatu hal bertambah besar atau meningkat.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ekspansi memiliki beberapa definisi, tergantung pada bidang ilmu atau konteks yang dibahas. Berikut penjelasan arti ekspansi menurut KBBI;

  • Ekonomi: ekspansi adalah proses perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi.
  • Fisika: ekspansi adalah proses pemuaian (khususnya gas dan uap), pada gas terjadi ekspansi bila dipanaskan.
  • Politik: Ekspansi adalah proses perluasan wilayah suatu negara dengan menduduku (sebagian atau seluruhnya) wilayah negara lain; perluasan daerah.

Arti Ekspansi Dalam Ekonomi dan Bisnis

Sebelumnya telah dijelaskan apa itu ekspansi, baik pengertiannya secara umum maupun pada beberapa bidang ilmu. Nah, bagi para pebisnis pemula tentunya perlu memahami istilah ini, mulai dari pengertian dan jenis ekspansi dalam bidang ekonomi dan bisnis.

A. Ekspansi Ekonomi

Secara umum, arti ekspansi dalam bidang ekonomi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha.

Mengacu pada kamus Bank Indonesia, ekspansi ekonomi adalah perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur. Dalam hal ini, pola konjungtur merupakan proses naik-turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yang terjadi secara silih berganti.

Biasanya perkembangan ekonomi tersebut ditandai dengan adanya kenaikan harga-harga, peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat, peningkatan produksi, serta peningkatan konsumsi.

B. Ekspansi Bisnis

Secara umum, pengertian ekspansi dalam bisnis merujuk pada berbagai aktivitas untuk memperbesar atau memperluas jaringan usaha suatu perusahaan, baik dari sisi produksi maupun dari sisi distribusi.

Untuk melengkapi penjelasan mengenai ekspansi dalam bisnis, maka kita perlu merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Menurut OJK, pengertian ekspansi adalah suatu aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain. Ekspansi juga dapat didefinisikan sebagai peningkatan aktivitas ekonmi dan pertumbuhan dunia usaha.

2. Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto, ekspansi adalah proses perluasan modal, baik modal tetap ataupun modal kerja dalam suatu perusahaan.

3. Alex S. Nitisemito

Menurut Alex S. Nitisemito, pengertian ekspansi perusahaan adalah suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk memperbesar ukuran perusahaan (kapasitas produksi, cakupan pasar) karena adanya permintaan yang semakin bertambah terhadap produk yang dihasilkan.

4. Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti

Menurut Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti, ekspansi ekonomi adalah suatu proses perluasan usaha melalui cara peningkatan kapasitas pabrik, penambahan modal baru, penambahan unit produksi, maupun merger dan akuisisi.

C. Ekspansi Pasar

Ekspansi pasar adalah upaya untuk merambah pasar baru yang dilakukan suatu perusahaan dengan produk yang dimilikinya. Hal ini dilakukan dengan menjangkau pasar yang telah ada di titik geografis baru sehingga pengguna-pengguna baru mengenal dan menggunakan produknya.

D. Ekspansi Kredit

Ekspansi kredit adalah suatu upaya untuk menambah jumlah kredit pinjaman dari Bank.

Jenis Ekspansi Dalam Bisnis

Dalam bidang bisnis terdapat beberapa jenis ekspansi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan ringkas beberapa jenis ekspansi tersebut:

1. Merger

Merger adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan. Ini merupakan salah satu upaya ekspansi bisnis, dimana perusahaan yang dominan akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan perusahaan yang lemah akan semakin kabur identitasnya.

2. Akuisisi

Akuisisi adalah pengambilalihan (takeover) atas kepemilikan saham atau aset suatu perusahaan yang dilakukan oleh sekelompok investor. Jenis ekspansi ini biasanya dilakukan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar.

3. Hostile Take Over

Hostile Take Over adalah bentuk akuisisi terhadap suatu perusahaan yang dilakukan secara paksa. Upaya ekspansi ini dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar.

4. Leveraged Buy Out

Leveraged Buy Out adalah upaya menguasai suatu perusahaan dengan cara meminjam uang (utang) untuk membeli perusahaan lain.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan ringkas seputar ekspansi, sebuah istilah yang merujuk pada suatu proses untuk menjadi lebih besar atau lebih luas. Dari penjelasan di atas kita dapat memahami bahwa penggunaan kata “ekspansi” banyak digunakan pada beberapa bidang ilmu, terutama pada bidang ekonomi dan bisnis.

Bagaimana menurut kamu penjelasan tentang arti ekspansi di atas? Apakah sudah cukup jelas atau masih ada yang perlu ditambahkan?

Mohon berikan masukan kamu di kolom komentar sebagai bahan untuk menyempurnakan artikel ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.