Beranda Umum Pengertian Iman: Memahami Apa Itu Iman Menurut Istilah

Pengertian Iman: Memahami Apa Itu Iman Menurut Istilah

Pengertian Iman Adalah

Iman adalah sebuah kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam kepercayaan atau keyakinan beragama. Tapi apakah kamu tahu apa pengertian iman itu?

Pada artikel ini saya akan mengulas beberapa hal yang berhubungan dengan iman, di antaranya:

  • Penjelasan tentang arti iman (faith), baik secara umum maupun menurut keyakinan agama tertentu.
  • Perbedaan iman, percaya, dan yakin.
  • Penjelasan mengenai iman yang harus disertai dengan perbuatan.

Yuk simak penjelasannya dalam artikel ini, supaya kamu paham apa yang dimaksud dengan iman.

Pengertian Iman

Kata “iman” sering kita dengar, misalnya; jagalah iman, berjalanlah dengan iman, milikilah iman, dan lain sebagainya.

Lalu sebenarnya iman artinya apa sih?

Iman memiliki beberapa definisi yang berbeda, tergantung penggunaannya. Menurut berbagai sumber yang saya temukan, berikut beberapa definisi iman;

  1. Secara sederhana, pengertian iman adalah suatu kepercayaan penuh atau keyakinan terhadap sesuatu atau seseorang.
  2. Dalam agama, pengertian iman adala keyakinan yang kuat kepada Tuhan atau doktrin agama, berdasarkan pemahaman spiritual ketimbang bukti kebenaran.
  3. Iman juga didefinisikan sebagai sistem kepercayaan agama.
  4. Keyakinan atau teori yang dipegang teguh.

Ada juga yang menyebutkan bahwa iman adalah mempercayai apa yang ingin kamu percayai, meskipun kamu tidak / belum dapat membuktikannya.

Jadi, dari beberapa definisi yang disebutkan di atas dapat kita pahami bahwa iman adalah keyakinan atau kepercayaan seseorang terhadap sesuatu, baik itu terhadap Tuhan, Agama, atau manusia.

Pengertian Iman Dalam Islam

Dikutip dari situs muslim.or.id, kata iman memiliki beberapa definisi yang berbeda, yaitu:

  • Menurut Imam Malik, Asy SyafiĆ­, Ahmad, Al AuzaĆ­, dan Ishaq bin Rahawaih, definisi iman adalah pembenaran dengan hati, pengakuan dengan lisan, dan amal dengan anggota badan. Para ulama salaf menganggap amal termasuk unsur keimanan.
  • Menurut Imam Abu Ja’far Ath Thahawi, pengertian iman adalah pengakuan dengan lisan dan pembenaran dengan hati. Para ulama madzhab Hanafi banyak yang mengikuti definisi tersebut.
  • Menurut sekte Al Karramiyah, iman itu hanya pengakuan dengan lisan saja.
  • Menurut Jahm bin Shafwan dan Abul Hasan Ash Shalihi, iman itu cukup dengan pengetahuan yang ada di dalam hati.

Pengertian Iman Dalam Kristen

Dalam Alkitab disebutkan bahwa iman adalah keyakinan akan apa yang kita harapkan dan percaya Tuhan berperan di dalamnya meskipun kita tidak dapat melihatnya.

Iman adalah substansi atau jaminan dari hal-hal yang kita harapkan, tetapi belum kita terima. Iman datang sebelum doa dijawab atau sebelum seseorang menerima apa yang dia minta dari Tuhan.

Jadi dalam kristen, iman artinya kepercayaan, keyakinan, ada jaminan, dan merupakan karunia Allah, yang dikerjakan di dalam hati manusia oleh Roh Kudus.

Baca juga: Pengertian Agama

Perbedaan Iman, Yakin, dan Percaya

Iman, kepercayaan, dan keyakinan sering digunakan dalam konteks yang sama, terkadang bergantian, tetapi ketigaanya tidak persis sama. Meskipun sering dianggap sama, sebenarnya ketiganya memiliki perbedaan.

Ketiga kata tersebut (percaya, yakin, dan iman) memiliki tingkatan yang berbeda di mana iman merupakan tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Berikut penjelasan singkatnya,

Kepercayaan berasal dari pengetahuan manusia yang telah terbukti, dilihat, dan dirasakan oleh panca indera dan pemikiran manusia. Kepercayaan juga bisa berasal dari pengetahuan dari orang lain yang kita percayai, misalnya guru.

Keyakinan adalah pendapat yang dipegang teguh tentang suatu ide atau pandangan dunia. Keyakinan berada pada tingkatan lebih tinggi dibandingkan kepercayaan, di mana manusia tidak hanya menggunakan pikirannya tapi juga hatinya.

Keyakinan juga merupakan opini yang kamu bentuk tentang apa yang kamu baca, dengar, atau lihat. Keyakinan dapat berubah seiring waktu, ketika kamu bertumbuh dan mempelajari hal-hal baru.

Iman berada pada tingkat yang paling tinggi, yaitu di atas keyakinan. Iman adalah keyakinan teguh seseorang terhadap sesuatu yang diyakini dan dianggap nilainya lebih tinggi dari orang yang meyakini.

Itulah sebabnya seseorang yang memiliki iman akan rela berkorban apapun (harta maupun nyawa) terhadap sesuatu yang diimani.

Baca juga: Norma Agama

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa iman adalah kepercayaan dan keyakinan manusia terhadap sesuatu, meskipun sesuatu itu tidak dapat dilihat atau dirasakan.

Kata “iman” biasanya digunakan dalam kegiatan beragama, yang menunjukkan tingkatan kepercayaan dan keyakinan seseorang terhadap Tuhan dan doktrin agama.

Tinggalkan Komentar Kamu