Beranda Umum Pengertian Deskripsi: Arti, Ciri-Ciri, Struktur, dan Jenis Teks Deskripsi

Pengertian Deskripsi: Arti, Ciri-Ciri, Struktur, dan Jenis Teks Deskripsi

Pengertian Deskripsi Adalah

Pengertian Deskripsi Adalah

Apa yang dimaksud dengan deskripsi (description)? Secara umum, pengertian deskripsi adalah suatu tulisan yang isinya menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu objek atau keadaan tertentu secara ringkas dan tepat.

Pendapat lain mengatakan arti deskripsi adalah suatu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat agar dapat dipahami oleh orang lain yang tidak mengalaminya sendiri.

Dalam hal ini teks deskripsi adalah suatu jenis teks di mana ide utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan objek, tempat, atau peristiwa tertentu secara terperinci sehingga pembaca dapat seolah-olah merasakan secara langsung apa yang dijelaskan di dalam teks tersebut.

Secara etimologis kata “deskripsi” diadaptasi dari bahasa latin “describere” yang artinya menggambarkan atau memberikan suatu hal. Sehingga pengertian deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang digambarkan penulis.

Baca juga: Pengertian Paragraf

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu deskripsi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Henry Guntur Tarigan

Menurut Henry Guntur Tarigan (1994), pengertian deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

2. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1982:93), arti deskripsi adalah suatu wacana yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek pembicaraan sehingga para pembaca seperti melihat sendiri objek tersebut secara langsung. Di dalam deskripsi penulis memindahkan kesan-kesannya, hasil pengambatan, perasaan, penyampaian sifat, dan rincian wujud yang ditemukan pada objek.

3. Felicia Nuradi Utorodewo

Menurut Felicia Nuradi Utorodewo, pengertian deskripsi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti deskripsi adalah suatu pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Baca juga: Pengertian Abstrak

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Umumnya isi teks deskripsi terdapat penjelasan atau rincian mengenai objek, tempat, atau suasana tertentu.
  2. Teks deskripsi melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan) dalam menjelaskan suatu objek atau peristiwa.
  3. Teks deskripsi berisi gambaran sebenarnya mengenai suatu objek atau peristiwa secara detail sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat dan merasakannya.
  4. Teks deskripsi umumnya mengungkapkan ciri-ciri fisik objek, misalnya ukuran, bentuk, warna, dan sifat.
  5. Kata-kata dalam teks deskripsi selalu bermakna kata sifat atau keadaan.

Baca juga: Pengertian Narasi

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki tiga struktur utama, yaitu; identifikasi, klasifikasi, dan bagian deskripsi. Berikut penjelasan mengenai ketiganya:

  1. Identifikasi, yaitu bagian yang menjelaskan mengenai penentuan identitas objek (benda, manusia, dan lain sebagainya).
  2. Klasifikasi, yaitu bagian yang menjelaskan mengenai susunan atau sistem dalam suatu kelompok berdasarkan standar atau kaidah yang telah ditetapkan.
  3. Bagian Deskripsi, yaitu bagian inti dari deskripsi yang berisi gambaran atau pemaparan mengenai objek atau topik yang dibahas.

Baca juga: Teks Eksplanasi

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Berdasarkan isi teksnya, deskripsi dapat dibedakan dalam beberapa jenis. Mengacu pada pengertian deskripsi di atas, adapun jenis-jenis deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Deskripsi Subjektif, yaitu teks deskripsi yang dibuat berdasarkan kesan yang dimiliki oleh seorang penulis terhadap objek atau topik yang dibahas.
  2. Deskripsi Spatial, yaitu teks deskripsi yang berisi penjelasan mengenai suatu objek berdasarkan data dengan referensi ruang kebumian (georeference). Misalnya benda, tempat, ruang, dan lainnya.
  3. Deskripsi Objektif, yaitu teks deskripsi yang menjelaskan tentang suatu objek dengan memberikan gambaran berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, tanpa adanya tambahan opini dari penulis.

Baca juga: Macam-Macam Majas

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian deskripsi, ciri-ciri, struktur, serta beberapa jenis teks deskripsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.